Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive dengan Cepat dan Mudah

Cara mengatasi minta akses google drive yang seringkali menjadi problematik saat menggunakan google drive ini sangatlah mudah dan simpel. Saat ingin membagikan file melalui google drive, seseorang yang ingin membagikan tersebut tentu harus mengatur akses sedemikian rupa agar file tetap dapat diakses oleh orang yang dibagikan.

Karena keamanan fitur google yang satu ini memang sangat ketat dan memberikan kenyamanan untuk penggunanya. Maka dari itu, akses untuk mengoperasikan file dalam google drive tersebut sangatlah bagus dan ketat.

Padahal, untuk mengakses file tersebut sangatlah mudah jika file tersebut memang sudah dibagikan dan diberikan akses. Lalu bagaimana cara mengatasi persoalan yang dibahas pada paragraf pertama tadi? Simak pembahasan berikut ini.

1. Meminta Akses ke Pemilik Google Drive

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk berhasil mengakses file google drive ini adalah meminta akses secara langsung ke pemilik google drive. Saat mengakses link google drive yang diberikan, jika memang belum diberikan akses maka akan terdapat tampilan halaman yang menampilkan notifikasi untuk meminta akses.

Untuk mengatasi hal ini, caranya sangat mudah. Klik saja button bertuliskan “minta akses” pada halaman tersebut. Jika terdapat pesan untuk sang pemilik google drive, ketik dulu pesan tersebut baru klik button biru dengan teks minta akses.

Setelah mengirimkan permintaan akses tersebut, akan muncul notifikasi mengatakan bahwa permintaan dikirim. Tunggu sampai pemilikĀ  google drive tersebut menerima notifikasi dan menerima persetujuan untuk membagikan akses tersebut.

Setelah pemilik google drive memberikan akses, maka file di dalam google drive tersebut sudah pasti bisa diakses oleh pengguna. begitulah cara mengatasi minta akses google drive yang pertama.

2. Menggunakan Akun yang Sudah Diberikan Akses

Ada beberapa ketentuan yang bisa digunakan untuk membagikan aksess file google drive ini. Yang pertama, file google drive bisa dibagikan kepada orang orang tertentu. Maksudnya, file tersebut bisa diakses oleh orang yang akun googlenya sudah diizinkan untuk mengakses file tersebut.

Sedangkan jenis akses lainnya adalah file google drive tersebut dapat diakses oleh semua orang yang memiliki link google drive tersebut. Jenis akses ini saja masih bisa dibatasi, yaitu pemilik link hanya dapat melihat tanpa bisa mengedit file. Selain itu, pemilik link dapat mengomentari file tersebut dan pemilik link dapat mengedit dengan bebas file google drive tersebut.

Nah, jika pengguna hanya diberikan akses dengan akun tertentu saja, maka pastikan untuk mengakses file google drive tersebut dengan akun yang sudah diberikan akses. Karena jika menggunakan akun lain, tentu harus meminta lagi perizinan akses yang mungkin membutuhkan waktu yang agak lama.

3. Pastikan Pemilik File Sudah Membagikan File

Sebelum membagikan file tersebut untuk keperluan penting yang akan diakses oleh kolega, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah file google drive tersebut memang sudah diberikan akses atau belum

Akan sangat menyulitkan kolega apabila pemilik file sedang tidak bisa mengakses file tersebut, sedangkan koleha baru saja membuka file yang dibagikan tadi namun ternyata file google drive tersebut ternyata belum diberikan akses.

Pada akhirnya kolega tidak bisa membuka file dan harus menunggu kabar untuk diberikannya akses google drive tadi. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu untuk membagikan file tersebut dengan benar.

Cara mengatasi minta akses google drive ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, karena hanya dengan membagikan akses file google drive tersebut file sudah dapat diakses dengan baik.

Leave a Comment