Ternyata Begini Cara Melacak SN Pulsa bagi Pembeli dan Penjual, Penting!

Cara melacak sn pulsa ternyata bisa dilakukan secara mandiri oleh pembeli maupun penjual pulsa. Serial number atau yang biasa disingkat dengan SN ini merupakan sebuah kode unik yang dapat memberikan tanda bahwa transaksi pembelian pulsa sudah berhasil.

Kode unik ini menjadi salah satu hal penting untuk diketahui agar semakin yakin bahwa pengisian pulsa maupun paket data telah benar benar berhasil. Serial number ini digunakan sebagai cara untuk melacak transaksi, dimana dalam kode tersebut terdapat informasi mengenai waktu dan juga tanggal pembelian.

Cara untuk mengecek serial number baik oleh penjual maupun pembeli memiliki cara yang sama. Umumnya, serial number ini akan dikirimkan melalui SMS setelah pengisian pulsa ataupun paket data telah berhasil dilakukan. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah berikut ini!

Cara Melacak SN Pulsa bagi Pembeli

Bagi pembeli, SN menandakan pulsa sudah masuk ke nomor pembeli tersebut dan siap digunakan untuk membeli paket data, hanya sekedar melakukan panggilan, atau membayar layanan Google Play. SN ini biasanya dikirim bersama informasi lain seperti jumlah pulsa yang dibeli dan juga waktu saat melakukan transaksi.

Serial number biasanya terdiri dari 12 sampai 16 digit atau bahkan lebih dan langsung dikirimkan oleh operator. Setelah pengisian pulsa selesai, simak langkah-langkah untuk mengecek SN pulsa berikut ini.

  • Saat pengisian pulsa selesai dan transaksi sudah dinyatakan berhasil oleh penjual, coba untuk mengecek pesan yang masuk ke perangkat dimana kartu terpasang.
  • Jika pengisian pulsa telah berhasil dan pulsa tersebut telah masuk ke nomor terkait, makaka biasanya akan terdapat pesan yang masuk dari operator.
  • Agar langsung menemukan pesan tersebut, coba langsung saja ke mesin pencari dan masukkan kata kunci “SN” maka pesan akan segera muncul. Cari pesan sesuai tanggal dan waktu yang dilakukan untuk transaksi pulsa tersebut.
  • Namun, pesan ini tidak pasti langsung masuk setelah transaksi selesai.  Terkadang pesan akan masuk setelah beberapa saat proses transaksi pengisian pulsa. Biasanya adalah 10 sampai 15 menit lamanya.

Selain menggunakan serial number ini, pembeli bisa langsung memeriksa jumlah pulsa sesuai operator masing-masing. Jika selama 10 menit lebih pulsa masih belum masuk, maka bisa langsung mengkonfirmasi ke pihak penjual agar segera diproses kelanjutannya.

Cara Mengecek SN Pulsa untuk Penjual

Penjual juga dapat memeriksa serial number dengan cara yang hampir sama dengan yang dilakukan pembeli . Coba periksa notifikasi atau pesan yang masuk setelah melakukan transaksi pengiriman pulsa. Sebelumnya, pastikan untuk memeriksa waktu dan tanggal saat melakukan transaksi. Untuk mengetahui langkahnya coba simak penjelasan berikut ini.

  • Coba periksa aplikasi pesan apakah ada pesan yang masuk setelah transaksi pengiriman pulsa dilakukan. Bisa juga memeriksa layar notifikasi apakah ada pesan masuk berisi kode SN.
  • Apabila transaksi berhasil dilakukan, maka akan masuk pesan yang memberikan informasi mengenai berapa jumlah saldo yang tersisa. Selain itu juga akan terdapat informasi mengenai serial number setelah transaksi pembelian pulsa berhasil.

Serial number ini merupakan salah satu bukti yang dapat disimpan dan dapat dipakai oleh penjual ketika suatu saat terjadi masalah dengan pelanggan. Masalah yang dimaksud tersebut seperti pulsa belum masuk setelah transaksi dan pelanggan mendatangi untuk menuntut pulsa yang belum masuk tersebut.

Itulah cara melacak SN pulsa yang bisa dilakukan oleh penjual pulsa maupun seorang yang melakukan transaksi pembelian pulsa. Semoga dengan adanya informasi di atas, baik penjual maupun pembeli dapat memanfaatkan informasi tersebut dengan baik.

Leave a Comment