Syarat dan Cara Monetisasi Youtube Agar Segera Menghasilkan Cuan

Siapa yang belum tahu cara monetisasi youtube? Rugi banget kalo belum tahu gimana cara monetisasi di aplikasi penghasil uang yang satu ini. Walaupun sekarang ini sudah banyak orang yang terjun di dunia digital sebagai influencer dan youtuber, namun masih banyak juga orang yang bahkan tidak mengetahui dunia dibalik layar.

Youtube merupakan aplikasi yang dapat memberikan konten berupa video menarik dimana di dalamnya ada peran dari banyak youtuber sebagai pengisi kontennya. Namun, dibalik konten yang banyak dan usaha dari youtuber untuk memberikan hiburan menarik tersebut ternyata bisa menghasilkan cuan yang mengalir ngebut loh.

Ada cara yang perlu diketahui oleh para youtuber untuk menarik penghasilan dari video yang di upload ke youtube tersebut beserta syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan.

Syarat Monetisasi Youtube

Sebelum lanjut untuk melakukan monetisasi youtube, ada baiknya untuk mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum memproses hal tersebut. Nah, berikut ini syarat-syarat untuk melakukan monetisasi youtube.

1. Memiliki Minimal 1000 Subscriber

Subscriber merupakan sebutan untuk orang-orang yang mengikuti sebuah channel youtube. Jika ingin monetisasi youtube, seorang youtuber harus memiliki pengikut dengan jumlah minimal 1000 orang. Maka dari itu banyak dari youtuber ingin membuat konten yang semenarik mungkin sehingga konten yang mereka buat dapat menarik seseorang untuk mengikuti chanel mereka.

2. Jam Tayang Harus Mencapai 4000

Selain harus memenuhi syarat minimal memiliki 1000 subscriber, video yang ditayangkan oleh youtuber ini harus mendapatkan tayangan minimal 4000 jam selama satu tahun lamanya. Maka dari itu, seorang youtuber harus konsisten untuk mengunggah video sebanyak-banyaknya di chanel mereka. Karena semakin banyak video yang diunggah, maka semakin banyak juga jam tayang yang akan dicapai.

3. Menghindari Spam Komentar

Agar akun youtube bebas dan terhindar dari spam, maka sebaiknya seorang youtuber juga harus menghindari komentar spam. Alasannya adalah spam ini dapat menjadikan akun youtube tersebut tidak akan lolos saat mendaftar youtube adsense. Dengan spam komentar, channel youtube akan mendapatkan rating yang kurang baik dan mempengaruhi penilaian youtube adsense.

Cara Monetisasi Youtube

Ini dia informasi yang ditunggu-tunggu yaitu cara menarik uang dari akun youtube. Caranya tidak sulit namun juga bisa dikatakan tidak mudah juga. Untuk melakukan monetisasi ini caranya mudah apabila sudah memenuhi syarat yang ditentukan, namun untuk memenuhi persyaratan tersebut yang mungkin bisa dikatakan tidak mudah dicapai semua orang. Berikut ini cara untuk monetisasi youtube menggunakan Youtube Studio.

  • Sebelumnya, periksa akun youtube yang ingin dimonetisasi. Periksa apakah akun tersebut menerima teguran dari Youtube atau tidak.
  • Aktifkan verifikasi 2 faktor pada akun google. Mengaktifkan fitur ini akan memberikan keamanan yang dapat melindungi akun dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan untuk mengaktifkan fitur ini, karena jika tidak maka proses pengajuan monetisasi akan ditolak.
  • Pastikan untuk memenuhi syarat yang sudah disebutkan di atas, yaitu memiliki minimal 1000 subscribers dan video sudah mencapai 4000 jam tayang.
  • Masuk ke halaman youtube creator lalu klik monetisasi. Setelah itu klik Mulai pada bagian tinjau persyaratan program partner.
  • Apabila sebelumnya belum terdaftar di google ads, maka akan lebih dulu diarahkan ke halaman Ads.
  • Lanjut untuk meminta peninjauan dengan klik Minta Peninjauan.
  • Tunggu sampai proses pengaktifan monetisasi selesai, biasanya akan menunggu selama beberapa hari.

Itulah cara monetisasi youtube yang bisa diberikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan memberikan kemudahan untuk memproses monetisasi akun youtube.

Leave a Comment