5 Cara Reset PIN Linkaja Tanpa Email Untuk Melindungi Privasi

LinkAja, sebuah platform keuangan digital yang populer di Indonesia, telah menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan transaksi keuangan. Sehingga menjaga keamanan akun LinkAja menjadi sangat penting mengingat jumlah transaksi yang terus meningkat. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan adalah dengan mereset PIN LinkAja tanpa email.

Terkadang, akses ke email yang terhubung dengan akun tidak tersedia, namun Anda masih perlu mereset PIN. Prioritas utama adalah menjaga keamanan informasi pribadi. Dengan mengikuti panduan yang disajikan dalam artikel ini, Anda akan diberikan pengetahuan yang jelas tentang cara melakukan proses reset PIN dengan metode alternatif yang aman dan efektif.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mereset PIN dari LinkAja ini? Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mereset PIN tersebut:

1. Melalui UMB

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan UMB. Namun cara ini khusus untuk seorang pelanggan yang telah terdaftar untuk linkAja secara FullService.

Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu menggunakan menu panggilan telepon saja. Kemudian hanya perlu memasukkan nomornya saja.

Langkah yang harus dilakukan bagaimana? Untuk lebih jelasnya, berikut ini tahapan yang harus dilakukan ketika ingin melakukan reset PIN Link Aja melalui UMB:

  • Lakukan panggilan ke *800#.
  • Gunakan fitur direct kode dengan menekan kombinasi 80099# pada layar dial ponsel.
  • Alternatif lainnya adalah menghubungi layanan call center yang disediakan oleh LinkAja. Petugas akan memberikan arahan tentang langkah-langkah untuk mereset PIN pada perangkat pengguna.

2. Menggunakan Dial USSD

Cara reset pin linkaja tanpa email yang selanjutnya ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan sebuah dial USSD. Seperti yang telah diketahui bahwa, pengguna LinkAja ini merupakan seseorang yang telah berlangganan Telkomsel.

Langkah yang harus dilakukan sebenarnya cukup mudah. Adapun tahapan yang harus dilakukan diantaranya:

  • Masukkan nomor 80099# pada kolom nomor telepon dan aktifkan kode USSD.
  • Isi semua informasi yang diperlukan untuk mengatur ulang PIN pada jendela baru yang muncul.

3. Mendatangi Grapari Telkomsel

Anda dapat mereset PIN LinkAja tanpa menggunakan email dengan mengunjungi grapari secara langsung. Ini berlaku tidak hanya untuk pelanggan non-Telkomsel, tetapi juga untuk pelanggan setia Telkomsel. Petugas grapari akan memberikan arahan langsung, sehingga tidak diperlukan penggunaan email.

Saat mengunjungi grapari, pastikan untuk membawa berbagai dokumen yang diperlukan untuk validasi data. Misalnya, KTP atau dokumen identitas lainnya. Petugas akan melakukan pengecekan melalui dasbor LinkAja untuk memvalidasi jenis pengguna.

4. Bagi Pelanggan Non-Telkomsel

Pelanggan non-Telkomsel yang ingin mereset PIN Linkaja tanpa email pertama memiliki dua opsi, tergantung apakah mereka telah melakukan validasi dengan email sebelumnya atau belum. Bagi yang belum validasi, mereka dapat mengunjungi grapari untuk proses selanjutnya. Alternatif lainnya adalah menggunakan aplikasi MFS yang ada di dashboard Linkaja.

Namun, untuk pelanggan yang sudah melakukan validasi email, perlu dilakukan verifikasi melalui alamat email tersebut. Proses ini tidak dapat dilanjutkan jika validasi email sudah dilakukan sebelumnya.

5. Menggunakan Nomor Telepon

Jika sebuah akun belum terhubung dengan alamat email pengguna, verifikasi dapat dilakukan melalui nomor telepon. Mulai dari langkah pertama masuk ke akun, gunakan nomor telepon sebagai alamat masuk, bukan email. Saat menghadapi kolom PIN, pilih opsi “Lupa PIN” dan ikuti panduan aplikasi untuk mereset PIN. Pastikan untuk mengirimkan kode OTP ke nomor telepon yang masih aktif dan telah digunakan untuk masuk ke akun sebelumnya.

Itulah uraian terkait dengan cara reset pin linkaja tanpa email yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya pengguna bisa memilih salah satu cara yang dirasa mudah untuk dilakukan.

Leave a Comment