7 Aplikasi untuk Membuat Mind Map yang Wajib Dicoba

Berbagai aplikasi untuk membuat Mind Map saat ini bisa digunakan secara gratis. Mind Map atau Mind Mapping sendiri merupakan sebuah teknik pencatatan sebuah informasi yang banyak namun dapat diserap otak dengan maksimal.

Penggunaan Mind Map juga memudahkan seseorang untuk memahami akan suatu informasi. Teknik pencatatan ini sangat membantu bagi berbagai kalangan, terutama ketika sedang mengikuti seminar atau pelatihan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat peta pikiran tersebut:

1. XMind

Rekomendasi aplikasi untuk membuat Mind Map yang pertama bernama XMind. Aplikasi yang menyediakan berbagai fitur pemetaan dan brainstorming ini dapat membantu seseorang untuk menuliskan ide, informasi penting, dan pengasahan kreativitas.

Berbagai desain chart Mind Map bisa dibuat menggunakan aplikasi ini, mulai dari Matrix, Fishbone Chart, Organizational, hingga Timeline. Pengguna bisa menyesuaikan desain apa yang disukai dan membuat informasi lebih mudah dipahami.

2. MindMeister

Jika mencari pembuat Mind Map yang bisa digunakan secara online, MindMeister merupakan salah satunya. Aplikasi ini membantu para pengguna untuk melakukan pencarian serta pengembangan ide yang bisa dilakukan secara visual.

Selain pencatatan, Mind Meister juga bisa dimanfaatkan untuk penyusunan suatu rencana masa depan di berbagai kesempatan. Adanya fitur obrolan dapat membantu anggota di dalamnya untuk menuangkan ide dalam mapping tersebut.

3. Mindly

Aplikasi dengan tampilan sederhana ini begitu mudah dipahami cara penggunaannya oleh para pengguna. Mindly menjadi rekomendasi aplikasi ketiga untuk membuat sebuah Mind Map yang dapat dimanfaatkan secara gratis dan bisa dipasang pada perangkat Handphone.

Pembuatan Mind Map melalui aplikasi ini dapat ditambahkan gambar dari setiap map-nya sehingga membuat pencatatan tidak membosankan. Warna-warna yang dimiliki Mindly begitu beragam sehingga membuat tampilan mapping menjadi lebih menarik.

4. Mural

Selanjutnya, terdapat Mural sebagai aplikasi untuk membuat Mind Map yang bisa digunakan secara online dan cocok untuk berkolaborasi secara tim. Ruang digital yang dimiliki aplikasi ini dapat membantu pengambilan keputusan dan problem solving dalam perusahaan secara visual.

Mural dapat digunakan ketika melakukan rapat online karena berfungsi juga sebagai Whiteboarding Online yang bisa dimunculkan dalam aplikasi rapat daring. Selain itu, penyediaan alat pembuat Mind Map yang selalu diperbarui memudahkan seseorang membuat pemetaan tersebut.

5. Scapple

Ingin desain Mind Map yang unik dan tidak membosankan? Scapple jawabannya. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk membuat Mind Map secara fleksibel dan bebas sesuai dengan keinginan dari masing-masing pembuatnya.

Fleksibilitas dan kebebasan yang diberikan Scapple dapat membantu pengguna untuk membuat bentuk Mind Map seperti catatan tangan. Hal tersebut membuat pencatatan informasi lebih mudah dipahami. Tidak hanya itu, fitur yang disediakan pun memudahkan proses pembuatan mapping.

6. GitMind

Rekomendasi keenam, terdapat GitMind yang bisa digunakan secara gratis untuk pembuatan Mind Map. Aplikasi ini mendukung seseorang untuk membuat Mind Map secara profesional karena memiliki berbagai fitur kompleks yang mampu menghasilkan map dengan bagus.

Berbagai fitur dimiliki aplikasi ini, salah satunya adalah History Mind Map. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa melihat map sebelumnya yang pernah dibuat. Bila kesulitan untuk mendesain, jangan khawatir karena GitMind menyediakan berbagai template yang bisa digunakan.

7. Ayoa

Kemudian terdapat Ayoa yang mampu menghasilkan Mind Map dengan kualitas bagus. Untuk membuat Mind Map di aplikasi ini, pengguna bisa melakukan metode tarik dan letakan gambar atau bagan yang ingin dibuat sehingga memudahkan dalam prosesnya.

Berbagai template juga disediakan aplikasi ini. Para pemula tidak perlu takut hasil Mind Map-nya buruk karena adanya fitur yang mudah dipahami dan digunakan. Tidak hanya itu, hasil yang sudah dibuat dapat disimpan ke berbagai lokasi penyimpanan.

Itulah 7 aplikasi untuk membuat Mind Map yang wajib untuk dicoba. Hadirnya aplikasi-aplikasi tersebut semakin memudahkan pembuatan Mind Map secara digital,  bahkan beberapa aplikasi bahkan memiliki fitur kolaborasi sehingga anggota tim bisa langsung menuangkan idenya.

Leave a Comment