Aplikasi Mind Map Online Bantu Ide Kreatif Jadi Kenyataan!

Saat mendapatkan ide bukan hal mudah untuk menuangkannya dalam bentuk Mind Map. Dengan bantuan aplikasi mind map online dapat memudahkan memetakan pikiran dalam bentuk informasi secara visual. Mind map memiliki banyak manfaat seperti brainstorming ide.

Selain itu, mind map dapat menyempurnakan rencana aktivitas maupun bisnis. Dahulu pembuatan mind map menggunakan kertas dan pensil warna, namun kini beragam aplikasi dapat membantu mengkreasikan mind map dengan mudahnya. Berikut rekomendasi aplikasi mind map:

1. Coogle

Aplikasi mind map online yang bisa menyalurkan ide kreatif pertama yaitu Coogle. Bagi yang ingin membuat mind map dapat mengaksesnya melalui browser. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula karena pengoperasiannya relatif cukup mudah.

Pengguna dapat membuat mind map sesuai ide kreatif yang dimiliki dan dapat membuat gambar menarik milik mereka sendiri. Terdapat fitur real time collaboration yang memudahkan pengguna untuk dapat berkolaborasi dengan teman mereka.

2. MindMup

Aplikasi mind map online selanjutnya yaitu MindMup yang sangat praktis. Untuk menjadi member tidak harus daftar terlebih dahulu untuk membuat mind map pada aplikasi ini. Apalagi aplikasi ini tidak membatasi dalam membuat jumlah konten di dalamnya.

Pengguna dapat membuat konten mind map berapapun jumlahnya. Batasan hanya pada penyimpanan dan dokumen akan hilang ketika sudah 6 bulan lamanya. Pengguna dapat menyimpan dokumen dengan ukuran lebih dari 100 KB pada Google Drive.

3. MindMeister

Bagi yang ingin menuangkan ide menjadi mind map wajib banget kunjungi aplikasi ini. MindMeister dapat menjadi solusi karena banyak grafis dan template yang dapat digunakan. Pengguna dapat membuat mind map dengan menarik lewat aplikasi ini.

Aplikasi ini juga punya fitur kolaborasi, pengguna bisa memantau setiap perubahan yang dibuat oleh pengguna melalui diagram dari waktu ke waktu. Walaupun begitu, MindMeister memberikan versi gratis yang cukup terbatas.

4. XMind

Aplikasi Mind Map online yang kaya dengan banyak fitur adalah Xmind. Salah satu fiturĀ  aplikasi ini yaitu berbagai jenis grafik dan template dengan strukturĀ  yang khas. Pengguna dapat mengkombinasikan bentuk struktur sesuai ide pengguna.

XMind juga dapat menampilkan mind map dalam bentuk slide show yang membuat tampilkan makin menarik. Namun sayangnya aplikasi ini memiliki akses gratis yang terbatas. Untuk dapat menikmati fitur lengkap dengan berlangganan per bulannya.

5. Ayoa

Ayoa adalah aplikasi mind map yang sudah memiliki pengalaman 12 tahun lebih dan banyak dikenal masyarakat. Pengguna dapat menuliskan ide-ide kreatif dengan pengelolaan mind map dari awal sampai selesai.

6. SimpleMind

SimpleMind ini cukup populer dan telah banyak diunduh. Menawarkan berbagai keunggulan aplikasi ini memiliki desain menarik yang dapat dijadikan pilihan. Pengguna tinggal mengusulkan ide dan di desain sendiri.

Aplikasi ini mengalami perkembangan dari segi fitur yang semakin lengkap. Fitur menarik pada aplikasi ini yaitu pengguna dapat menambahkan video, gambar maupun voice note. Jadi, mind map nampak menarik dan tidak monoton.

7. ClickUp

Aplikasi selanjutnya yaitu ClickUp, ClickUp sendiri adalah aplikasi mind map yang digunakan untuk mengatur, merencanakan, dan mengelola projek dengan mudahnya. Fitur yang ada pada aplikasi ini memiliki kelebihan agar penggunanya membuat gambar korelasi antar tugasnya.

Pengguna bisa menggunakan ClickUp untuk memvisualkan dari projek kerja yang telah dibuat melalui mind mapnya. ClickUp dapat menawarkan integrasi native seperti G suite, Slack, dan Dopbox untuk keperluan kolaborasi.

Nah, itu tadi beberapa aplikasi map online untuk membantu dalam menuangkan ide kreatif dan proyek management. Aplikasi ini sangat membantu pengguna dalam menyalurkan ide-idenya dalam bentuk mind map agar lebih mudah.

Leave a Comment