Kuota Boros? Coba 5 Aplikasi Menghemat Kuota Ini Untuk Mengontrolnya

Aplikasi Menghemat kuota, saat ini banyak dibutuhkan karena semakin mahalnya harga paket data. Apalagi, internet sendiri sangat dibutuhkan dimasa sekarang untuk bekerja atau belajar.

Penggunaan yang dilakukan secara boros membuatnya akan memakan lebih banyak biaya. Untuk itu perlu dicari solusinya seperti dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Ada beberapa software yang bisa diunduh dan bisa berguna untuk mengontrol penggunaan kuota. Diantaranya yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:

1. My Data Manager

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mendeteksi penggunaan internet yang bisa digunakan untuk menghemat kuota. Dengan menggunakan fitur ini, pemantauan data bisa dilakukan secara rutin.

Statistik aplikasi yang menggunakan internet bisa dilihat sehingga bisa diketahui mana yang membuatnya cepat habis. Selain kuota pribadi, wifi juga bisa dipantau melalui aplikasi ini selama masih terkoneksi dengan perangkat.

Dilengkapi juga dengan fitur seperti alarm yang bisa digunakan sebagai peringatan berapa data yang terpakai. Dengan cara itu, kuota akan lebih hemat dan tidak akan habis secara tiba-tiba.

2. Internet Guard Data Saver Farewell

Untuk software yang satu ini, memiliki beberapa manfaat seperti menjaga daya tahan baterai serta memperkuat perlindungan privasi. Pastinya juga disini bisa mengatur kuota internet yang membuatnya lebih hemat dan tidak terbuang sia-sia.

Aplikasi memang tersedia versi gratis, tapi untuk fitur yang lebih lengkap ada versi berbayar. Karena manfaat yang banyak, tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk membantu mengontrol smartphone yang dimiliki.

Pengaturan yang bisa dilakukan seperti memblokir koneksi untuk aplikasi yang jarang digunakan. Selain itu, berbagai aktivitas lain juga bisa dilakukan.

3. Opera Mini

Jika membutuhkan browser yang ramah kuota, Opera Mini bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. Terkenal dengan beban yang tidak berat, aplikasi ini bisa menjadi opsi karena tahan akan koneksi yang tidak stabil.

Cara kerjanya adalah dengan mengatur kualitas gambar, protokol, dan lainnya sesuai dengan mode yang dipilih. Mode yang disediakan ada dua yaitu high dan yang lebih tinggi lagi adalah xtreme.

Dengan kata lain, internetan disini bisa lebih mudah dikontrol dan juga lebih hemat kuota dibanding lainnya. Enaknya lagi, browser ini bisa diunduh secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

4. Data Usage Manager & Monitor

Seperti namanya, aplikasi menghemat kuota ini berfungsi untuk mengatur data yang digunakan dalam sebuah perangkat. Bisa dimanfaatkan untuk melihat batas dari penggunaan internet merupakan salah satu kelebihannya.

Kecepatan koneksi juga bisa dilihat disini sehingga tidak perlu repot untuk mencari cara lain. Selain itu, aplikasi yang terhubung dengan internet juga bisa dikontrol dan diatur melalui fitur yang ada didalamnya.

Jika memerlukan riwayat penggunaan data, bisa juga dilihat disini untuk mengetahui kemana saja kuota tersebut terpakai. Melalui cara itu, bisa dilakukan analisis aplikasi mana yang menghabiskan banyak paket data.

5. Neo Data

Aplikasi yang terakhir adalah Neo Data yang telah digunakan banyak orang karena memiliki banyak fitur. Bahkan,memeriksa penggunaan kuota internet secara real time bisa dilakukan dengan mudah disini.

Selain itu, bisa juga mengatur hotspot dan berapa perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan tersebut. Tak sampai disitu, pengguna yang tersambung akan terdeteksi dan terlihat melalui aplikasi ini.

Bisa digunakan untuk mengontrol 2 kartu sim sekaligus membuatnya lebih ringkas dan tidak ribet. Itulah mengapa lebih dari 100 ribu orang menggunakannya.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi menghemat kuota yang bisa digunakan untuk membantu mengontrol penggunaannya. Berbagai fitur sudah disediakan dan bisa dimanfaatkan agar kuota tidak cepat habis.

Leave a Comment