Deretan Aplikasi Mengembalikan File yang Terhapus Sebagai Solusi Terbaik

Pengguna pastinya sering menyimpan file-file penting dalam HP seperti video, rekaman suara, dan foto. Lalu apa yang bisa menyelamatkan file terhapus tersebut? Tidak perlu khawatir lagi karena ada aplikasi mengembalikan file yang terhapus.

Saat ini ada solusi untuk pengembalian file-file yang memang tidak sengaja terhapus. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan smartphone milik pengguna dan dapat digunakan untuk mengembalikan file pengguna. Berikut aplikasi yang dapat mengembalikan file terhapus:

1. EaseUs MobiSaver

Aplikasi mengembalikan file yang terhapus adalah EaseUs MobiSaver. Aplikasi ini mampu mencadangkan data lalu memulihkannya. Pengguna bisa mencadangkan file-file berbentuk video, gambar, hingga kontak dengan pesan singkat. Jelas pengguna akan sangat terbantu dengan aplikasi ini.

2. Dumpster

Aplikasi ini berguna memulihkan file-file data yang terhapus. Mulai dari video, lagu, gambar, file-file seperti dokumen atau teks pdf. Fungsi aplikasi ini hampir mirip dengan Recycle Bin.

Walaupun begitu, pengguna android Samsung yang memiliki sistem operasi android 10, nantinya tidak perlu aplikasi pihak ketiga. Hal ini karena smartphone tersebut sudah memiliki fitur yang dapat mengembalikan data tersebut.

3. DiskDigger

Aplikasi mengembalikan file yang terhapus selanjutnya adalah DiskDigger. Pada aplikasi ini selain bisa mengembalikan berbagai file, pengguna dapat mengelompokkan file tersebut. Pengelompokkan mulai dari ukuran sampai tanggal penyimpanan file tersebut.

4. DigDeep Image Recovery

DigDeep memang aplikasi yang dirancang untuk mengembalikan file terhapus seperti foto dan video baik memori eksternal atau internal. Pengguna tinggal memasang aplikasi DigDeep, lalu pindai folder agar bisa menemukan foto yang tidak sengaja terhapus.

5. Cx File Explorer

Aplikasi mengembalikan file yang terhapus berikutnya CX File Explorer. Aplikasi ini dilengkapi fitur recycle bin bawaan. Jadi, fitur ini bawaan dari aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan file yang dihilangkan secara sengaja.

Sampai file yang dihapus secara permanen bisa dikembalikan. Pengguna dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mengembalikan berbagai jenis file. Pengguna tidak perlu repot mengaktifkannya sebab aplikasi Cx File Explorer otomatis dapat digunakan setelah aplikasi sudah terinstal.

6. Data Recovery

Aplikasi ini jadi pilihan untuk bisa mengembalikan file yang telah terhapus dengan gratis. Data Recovery juga banyak diunduh oleh pengguna untuk memulihkan file dan data yang telah terhapus dengan satu klik.

Setelah selesai mengunduh, aplikasi ini bakal secara otomatis membuat cadangan data yang telah dihapus mulai dari video, foto, dan file dokumen. Namun, pengguna yang telah menghapus file sebelum install, maka tidak dapat mengembalikan file tersebut.

7. File Commander

File Commander sebenarnya tidak dirancang untuk memulihkan file yang terhapus. Namun, pada aplikasi ini terdapat fitur recycle bin jadi pengguna dapat mengembalikan file-file yang sudah terhapus atau yang tidak sengaja terhapus.

Apalagi aplikasi File Commander ini menawarkan beragam fitur yang menarik yaitu pengonversi file, analisis penyimpanan sampai pemutar video. Pengguna tidak lagi khawatir mengenai file yang hilang karena otomatis kembali.

8. Recycle Master

Aplikasi terakhir adalah Recycle Master, aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk bisa membuat cadangan data dan folder file yang telah dihapus untuk dapat dipulihkan. Apabila pengguna tidak menemukan file, pengguna dapat memilih opsi deep recovery.

Deep recovery ini berguna memungkinkan perangkat yang dipindai dapat ditemukan file yang hilang tersebut. Aplikasi ini memberikan layanan seperti program recycle bin yang berada di komputer. Supaya hasil kerja maksimal, pengguna sebaiknya memberi izin aplikasi.

Nah, itu tadi beberapa aplikasi mengembalikan file yang terhapus bagi pengguna yang ingin mengembalikan file data mereka yang sudah hilang. Pengguna wajib berhati-hati dalam menyimpan file-file penting yang ada di smartphone milik pengguna.

Leave a Comment