Cara Menghalangi Dimasukkan Grup WhatsApp Tanpa Persetujuan

Paling tidak enak kalau kita dimasukkan Grup di WA (WhatsApp) tanpa sepengetahuan, ingin diblokir atau keluar terkadang merasa sungkan karena banyak kontak yang kenal sama kita. Lalu bagaimana solusinya memblokir seseorang memasukkan kita ke grup yang tidak kita sukai ?

blokir undangan grup Whatsapp

Obrolan di grup WA memang mengasikkan, banyak informasi yang kita dapat secara bersamaan bersama kontak yang menjadi anggotanya. Namun di satu sisi, terkadang isinya tidak sesuai dengan tujuan utamanya, seperti banyak ngerumpi, posting pesan yang tidak banyak manfaat dan obrolan lain yang tidak kita kehendaki.

Meskipun pada pengaturan WhatsApp kita bisa membisukan suara ketika ada pesan masuk dari grup, namun permasalhannya bukan sampai disitu. Ada yang ingin saat ada seorang admin yang ingin memasukkan kita ke grup maka bisa diblokir supaya kita tidak repot untuk keluar setelahnya.

BACA JUGA: Cara menyimpan File Foto dan Video Status WhatsApp ke Memori HP, atau bagi anda yang berganti smartphone Bisa membaca Cara memindah akun WA tanpa kehilangan isi pesan didalamnya.

Kerugian masuk ke Grup WA

Banyak yang mengeluhkan kapasitas memori di smartphone miliknya scepat penuh ketika banyak grup yang ada di WhatsApp selalu aktif mengirim gambar atau video.

Memang benar, seluruh image foto maupun video yang dikirimkan anggota grup WhatsApp akan tersimpan di internal memori ponsel, dan bagi pemilik smartphone dengan memori kecil tentunya akan kehabisan space dan akhirnya membuat lemot sistem.

Tidak hanya itu, kerugian mengikuti obrolan grup tentunya akan membuat aktifitas kita terganggu, sebentar-sebentar ada notifikasi masuk, pastinya kita ingin segera membuka apa yang dibicarakan.

Bahkan obrolan grup yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, Pelajaran atau rutinitas penting lainnya, seperti grup alumni sekolah, grup RT, wali murid dan sebagainya bisa membuat obrolan meluas dengan topik yang menyita waktu kita.

Cara Blok Dimasukkan Grup WhatsApp

Pihak Developer WhatsApp telah melakukan uji coba dengan mengeluarkan versi beta dan sedang diuji coba pada android versi terbaru serta iOS, dimana fitur terbarunya nanti bisa memblokir atau membatasi invite grup WA yang tidak kita inginkan.

Jadi nantinya, saat adda admin grup yang ingin memasukkan nomor WA kita ke anggotanya, maka tidak langsung kita terima. Ada Pemberitahuan Link undangan secara Private Message (Pesan pribadi), dimana tautan ini berlaku 72 jam. Sehingga saat waktu sudah habis, maka link yang dikirimkan oleh admin grup tidak berlaku lagi.

Langsung saja kita simak bagaimana cara blokir atau menolak invite grup di aplikasi WhatsApp berikut ini:

  1. Update dahulu WhatsApp ke versi terbaru dari play store
  2. Buka Aplikasi WhatsApp, Lalu Tap menu di pojok kanan atas
  3. Pilih Opsi Setelan (Settings)
  4. Masuk Menu Akun > Privasi > Grup atau Account >> Privacy >> Groups
  5. Ada Tiga pilihan untuk settingan ini, yakni Semua orang, Kontak Saya dan Kontak saya kecuali…. Pilihlah “Kontak saya kecuali..”
  6. Pilih orang yang anda kecualikan sehingga tidak dapat memasukkan anda ke grup WA
  7. Tutup kembali menu Setelan di WhatsApp

blokir undangan grup WA

Keterangan:

  • NoBody: Kita menolak undangan Grup oleh siapapun
  • My Contact: Orang tertentu yang ada di kontak kita
  • Everyone: Semua orang termasuk diluar kontak bisa mengirim undangan grup

Sebagai catatan, Fitur baru WA untuk memblokir undangan grup ini (Sampai tulisan ini diposting) masih dalam tahap Beta dan diuji pada perangkat tertentu android dan iOS. Jadi bila nanti sudah release, maka lakukan pembaruan aplikasi WA dari play store. BACA: Cara Hemat Kuota Internet saat Buka Aplikasi Whatsapp.

Itulah pembahasan tentang cara Blok Grup atau menghalangi seseorang memasukkan ke grup WhatsApp supaya kita tidak dimasukkan tanpa persetujuan terlebih dahulu, dan pastinya kita tidak akan terganggu dengan obrolan serta grup yang tidak kita inginkan,semoga bermanfaat.

Leave a Comment