Sunday

Cara Menyimpan File Foto dan Video Status WhatsApp ke Memori HP

Bagaimana caranya mengunduh atau menyimpan foto atau Video dari status WhatsApp (WA) teman yang sudah kita lihat?. Nah, pastinya sobat pembaca Dunia Android sudah tidak sabar ingin mengetahui tipsnya bukan ?

download video status teman

Semisal kita melihat status WA teman berisi video yang bagus, dan saat itu kita ingin menyimpan atau mengunduhnya agar bisa dilihat di galeri kita untuk selanjutnya bisa dishare ulang ke teman lain.

Seperti diketahui, pada opsi status pada aplikasi WhatsApp tidak disertakan menu khusus untuk men-download atau menyimpan file foto dan video dari status teman.

Namun, Tanpa anda ketahui file video dan foto yang sudah kita lihat pada status WhatsApp tersebut sejatinya masih tersimpan di memori HP kita. Lho Kok bisa?

Di aplikasi WA ada beberapa folder yang fungsinya persis seperti cache, dimana untuk mempercepat akses ke file, maka file video atau gambar yang sudha kita lihat sebelumnya ternyata tersimpan di memori ponsel dalam kondisi di-hidden (tersembunyi).
Baca Tips Android berikut:

File cache status WhatsApp tersebut juga berfungsi saat kita membuka aplikasi WA tanpa terhubung ke internet dan ternyata status seperti Video yang sudah kita lihat sebelumnya masih bisa dijalankan. Intinya untuk meminimalkan penggunaan data dan agar WA ringan dijalankan.

Cara Simpan Video / Foto Status WA


Nah, bagi sobat semua yang ingin tahu bagaimana caranya menyimpan file gambar atau movie yang ada pada status whatsApp silahkan simak tutorialnya berikut ini:

1. Buka terlebih dahulu aplikasi file manager / Pengelola File ( Setiap tipe ponsel berlainan namanya, semisal pada Android samsung namanya 'File Saya')

2. Pada halaman utama file manager, kita atur dahulu agar file tersembunyi (hidden) bisa terlihat.

setting hidden file di android

3. Klik pada opsi menu > Pengaturan > Tampilkan File tersembunyi (Show hidden files)

4. Setelah itu, lanjutkan masuk ke memori perangkat atau Perangkat Saya (Internal memori)

5. Kemudian masuk ke Folder WhatsApp > Media > Statuses

menyalin status video dan foto WhatsApp

6. Pada folder 'statuses' itulah seluruh file yang sudah kita lihat sebelumnya tersimpan

7. Sekarang saatnya menyalin file tersebut ke memori Ponsel atau bisa ke microSD

8. Pilih file foto atau video yang ingin anda salin, kemudian pindah ke penyimpanan perangkat atau microSD, terserah anda.

Untuk memastikan apakah file sudah bisa dilihat atau belum bisa anda buka menu Galeri di smartphone, disana akan terihat video atau gambar yang sudah disalin sebelumnya.

Anda bisa berbagi atau share ulang status WA teman semisal ke Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lain setelah melalui tahap diatas.


Emoticon Emoticon