Cara Memotret Gambar di Layar HP Samsung A20 A30 dan A50

Sebagai HP Samsung keluaran terbaru yakni Galaxy Seri A10 A20 A30 dan A50 serta menawarkan spesifikasi menarik seperti Kamera Wide angle dan tampilan layar penuh dengan poni diatasnya, Semakin menambah persaingan smartphone di Indonesia makin ketat.

screenshot HP samsung A10 A20 A30 A50

Admin yakin, Salah satu fitur yang seringkali digunakan pengguna smartphone Samsung A10 A20 A30 serta A50 salah satunya yaitu Screenshot. Dimana tidak semua pengguna ponsel seri A ini bisa melakukannya.

Menangkap atau memotret gambar yang tampil di layar HP Samsung Galaxy seri A sebenarnya sama dengan varian lainnya kalau menggunakan fitur standar berupa kombinasi tombol.

Namun fitur HP Samsung yang semakin tinggi versi Android-nya bisa digunakan untuk screenshot atau menangkap gambar yang sedang tampil di layar dengan usapan saja tanpa menyentuh tombol sedikitpun.

Simak juga tutorial Cara Screenshot di HP Samsung J8 dan J6, atau Cara Tangkapan layar di Galaxy S6 dengan 2 metode.

Langsung saja kita simak 2 cara mudah memotret gambar di HP Samsung A50 A30 A20 dan juga tipe Galaxy A10 sebagai berikut.

Cara Screenshot Galaxy A20 dan tipe A lainnya

Tips pertama yakni cara manual mengambil gambar yang tampil di layar HP Samsung seri A, yakni menggunakan Kombinasi Tombol.

  1. Pastikan dulu area atau tampilan di layar yang ingin kita foto
  2. Setelah itu tekan bersamaan tombol Volume bawah + power, tekan sekitar 2 detik
  3. Bila terlihat kedipan atau terdengar suara jepretan kamera, maka screenshot berhasil
  4. Untuk melihat foto hasil tangkapan layar, bisa dibuka di halaman galeri dan berada di folder tangkapan layar (Screenshot)

Screenshot dengan Fitur Palm Swipe Gesture

Bila anda tidak ingin repot menekan kombinasi tombol, bisa menggunakan fitur usapan layar untuk screenshot di Samsung galaxy, caranya sebagai berikut.

  1. Untuk memanfaatkan fitur ini, pertama kali harus diaktifkan dulu tool-nya
  2. Buka menu Settings (pengaturan di HP samsung)
  3. Selanjutnya pilih menu Advanced Feature (pengaturan tambahan)
  4. Kemudian pilih menu Motion and Gesture
  5. Aktifkan fitur Palm Swipe to Capture, dimana akan terlihat juga gambar cara penggunaan di bawahnya.
  6. Tutup kembali menu pengaturan dan saatnya kita coba

Palm Swipe capture Samsung A20 A30 A50 A10

Untuk mencoba Screenshot menggunakan fitur usapan ini, silahkan tentukan dulu area yang ingin dipotret. Kemudian rapatkan telapak tangan dan miringkan, Lalu usap layar dari pinggir kanan ke kiri.

Setelah satu kali usapan, secara otomatis file gambar akan tersimpan di galery pada folder khusus screenshot. Dan baca pula cara menghemat ruang memori sampai 50 persen dengan Mengaktifkan HEVC Format video di HP Galaxy A30 & A50.

Kesimpulannya, Kedua cara diatas menurut pendapat saya paling cepat dan mudah Screenshot di HP Samsung A10 A20 A30 dan A50 serta tipe A lainnya adalah menggunakan usapan telapak tangan. Namun semua terserah anda sebaga pengguna, semoga tips diatas bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment