Cara Setting Jangkauan Sinyal WiFi router Netis dari HP Android

Jangkauan dan kekuatan sinyal Hotspot WiFi pada umumnya transmit powernya dibuat 100 persen alias berkekuatan penuh. Sehingga jarak terjauh koneksi wifi dapat dicapai oleh klien yang ingin terhubung. Namun pada beberapa pemilik hotspot ingin membuat jangkauan sinyal pemancarnya sedikit lebih lemah agar sinyal tidak sampai jauh keluar dari area yang dikehendaki.

setting kekuatan sinyal pemancar WiFi netis

Mengurangi kekuatan sinyal hotspot dari Router Netis dapat dilakukan dengan mudah karena sudah disediakan pengaturan khusus transmit power didalamnya. Sehingga kita bisa memilih apakah kekuatan sinyal paling lemah yakni hanya 50 Persen dari kekuatan aslinya, atau ingin lebih pendek transmitnya dari itu.

Semisal anda punya hotspot WiFi dari pemancar Router Netis di Rumah dan tidak ingin sinyalnya sampai tembus ke tetangga terjauh, maka kekuatan sinyal wifinya bisa dirubah lebih pendek dari sebelumnya.

Namun Resiko membuat transmit power sinyal separo atau lebih pendek dari bawaan router akan berdampak pada jangkauan dan daya tembus WiFi yang ada di ruangan anda juga, semisal ada beberapa sekat tembok kamar yang harus ditembus sehingga makin lemah. Logikanya, semakin kita mengurangi kekuatan pemancar WiFi maka semakin lemah pula daya tembus ke penghalang seperti banyaknya tembok rumah, pohon dan penghalang sinyal lainnya.

Anda juga dapat membaca tips bagaimana Membatasi jumlah pengunjung hotspot di Router Netis, atau juga bisa melihat berapa banyak Client yang terhubung ke router supaya bisa memanajemen client agar tidak membebani bandwidth hotspot anda.

Jadi bila memang ingin mengurangi daya jangkau sinyal wifi dari router merek Netis milik anda kerena khawatir Hotspot WiFi sampai ke tetangga dan banyak penggunanya, maka bisa diatur kekuatannya seperti tips di bawah ini.

1. Admin contohkan menggunakan router Netis WF2419E dan mengaturnya dari HP Android, pakai komputer juga bisa, terserah anda.

2. Sambungkan dulu smartphone ke Hotspot di rumah anda

3. Kemudian buka browser di ponsel, lalu ketik alamat IP Netis 192.168.1.1 atau bisa diketik netis.cc

pengaturan transmit power netis hotspot

4. Login menggunakan Nama pengguna: admin, kata sandi: password.

5. Untuk beberapa tipe Netis tertentu usernya: admin, sandinya: admin

6. Setelah berhasil masuk di antarmuka halaman Router Netis, silahkan klik pada opsi ‘ADVANCED

7. Lalu klik pada opsi Wireless >> Wireless advanced

8. Pada halaman Wireless advanced settings, pada bagian Transmit power ganti kekuatan sinyalnya, antara yang terlemah 15, 35, 50, 70 atau sinyal tetap full 100 persen.

9. Setelah itu jangan lupa simpan pengaturan dengan klik tombol Save, lalu tutup kembali browser.

Dengan mengatur kekuatan jangkauan sinyal hotspot semakin melemah, maka jarak jangkauannya juga semakin pendek. Jadi harap mencoba-coba berapa persen transmit power sinya yang pas sesuai kebutuhan anda.

Di artikel yang lampau admin juga sudah mengulas bagaimana cara setting router Netis menjadi Repeater sekaligus Hotspot. Jadi selain bisa menangkap sinyal WiFi juga bisa memancarkan kembali ke pengguna lain, dan istilahnya adalah repeater atau penguat sinyal.

Dan yang perlu diingat, semakin lama pemakaian router sebagai hotspot dan banyaknya klien yang terhubung secara terus menerus juga semakin mengurangi kekuatan tangkapan sinyal WiFi. Dimana pastinya kualitas komponen akan menurun seiring waktu, apalagi digunakan penuh full 24 jam sampai hitungan bulan atau tahun.

Demikianlah pembahasan cara mengatur kekuatan sinyal hotspot di Router Netis menggunakan Smartphone android, semoga bisa bermanfaat dan dipraktekkan dirumah, terima kasih.

Leave a Comment