Sunday

Cara Setting Netis Router Sebagai Repeater dan Hotspot

Punya Router Merek Netis dan ingin menjadikan sebagai repeater dengan mengambil koneksi sinyal WiFi dari router atau Hotspot lain tapi bingung bagaimana cara mengaturnya ?, kali ini admin Dunia Android akan membahasnya untuk sobat pembaca semua.

Pengaturan Netis menjadi repeater Hotspot

Salah satu Router yang akan admin bahas kali ini yakni merek Netis, dimana selain murah harganya juga bandel untuk hotspot-an dirumah. Dan kerena tipe produknya banyak maka akan admin ambil contoh saja Netis WF2419E. Anda yang punya tipe WF2411E, WF2409E dan selainnya caranya sama saja untuk pengaturan Hotspot maupun repeater.

Untuk membuat Hotspot dari Router Netis sangatlah mudah, Ada dua cara untuk bisa terhubung ke jaringan internet penyedia (sumber) dari koneksi yang nanti kita pakai untuk sharing data, yakni melalui port WAN ataupun via Wirelless atau biasa disebut Repeater.

Untuk anda yang ingin mengaitkan router Netis dengan sumber hotspot lain untuk nantinya dibagi lagi ke klient melalui router yang kita punya, maka solusi menggunakan mode repeater sangatlah cocok. Jadi tidak menggunakan kabel LAN yang kita colokkan ke port WAN di routernya, namun kita mengambil sumber koneksi internet via jaringan WiFi yang sudah tersedia di sekitar kita.

Baca Juga Apa Perbedaan antara Router WiFi dan MiFi

Cara setting Netis sebagai Repeater untuk Hotspot


Untuk anda yang tidak ingin repot menggunakan kabel LAN yang panjang hanya untuk memperoleh koneksi internet dari router lainnya, anda bisa memakai metode repeater di Netis, tanpa kabel dan mudah untuk kita pindah-pindah letaknya. Caranya sebagai berikut:

1. Pertama kali pastikan dahulu di area kita sudah ada jaringan Hotspot atau WiFi yang kita tahu akses masuknya, berupa password dan Nama SSID-nya. dan saya asumsikan anda sudah membuat nama WiFi (SSID) di router Netis untuk bisa diakses.

2. Silahkan Login ke router Netis sobat, Kalau tidak tahu alamat aksesnya silahkan ketik saja di browser HP atau Laptop dengan alamat http://netis.cc atau menggunakan akses IP 192.168.1.1

3. Login menggunakan akun standar bawaan router netis yakni Username: admin dan password: admin

Login pada router Netis

4. Setelah halaman pertama muncul, klik atau masuk ke tombol 'Advanced'

5. Nah, halaman konfigurasi router netis sudah terbuka, silahkan klik pada bagian tab 'Network' untuk kita setting sumber data internetnya.

6. Pada bagian 'WAN Type' pilih opsi Wireless (karena kita ingin menggunakannya sebagai repeater)

membuat dan mengatur Repeater di Netis

7. Selanjutnya pada bagian 'WISP Settings' klik pada tombol AP Scan untuk memindai jaringan WiFi yang ada di sekitar kita, Bilas udah pilih nama SSID-nya.

8. Untuk isian Autentication Type, silahkan pilih WPA2-PSK dan bagian bawahnya isi dengan password WiFi dari koneksi Hotspot yang kita tautkan tadi, Bila nantinya sandi yang kita input salah maka Router Netis kita juga akan gagal mendapat sambungan internet, jadi isi dengan benar.

9. Selanjutnya klik pada tombol 'Save' untuk menyimpan konfigurasinya.

10. Cobalah mengakses Wifi Netis dari ponsel atau laptop dan coba untuk browsing, kalau bisa terhubung ke internet berarti settingan sudah benar.
Catatan, karena Netis kita pakai untuk repeater, meskipun mempunyai nama sendiri dan bisa memancarkan WiFi sebagai hotspot, namun saat Router sumber koneksi terputus atau tidak mendapat jaringan internet maka Netis kita juga akan gagal terkoneksi ke internet.

Cara Nama Hotspot WiFi di Netis

Bagi yang belum bisa membuat Nama Jaringan WiFi untuk bisa diakses oleh perangkat lain melalaui router Netis, caranya sangat mudah.

1. Login ke perangkat Netis, kemudian masuk ke menu Advanced

Setting nama hotspot Netis

2. Lalu masuk ke Tab Wireless, dan pada settingan Wireless tersebut Ketik Nama SSID yang anda inginkan

3. Jangan Lupa memasukkan password minimal 8 digit angka/huruf, besar dan kecilnya huruf berpengaruh (bersifat case sensitif)

4. SImpan konfigurasi dengan menekan tombol Save dan coba scan hotspot dengan menggunakan HP atau laptop.

Demikianlah pembahasan singkat tentang cara membuat repeater dari Router Netis dan juga cara buat nama WiFi (SSID) Hotspot-nya, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon