Tips Vivo Y91 Cara Format dan Melepas Kartu MicroSD dengan Aman

Memori kartu SD atau MicroSD menjadi salah satu perangkat penyimpanan data eksternal untuk smartphone, tidak terkecuali pada HP Vivo Y91. Dimana penggunaannya yang tepat dan aman akan membuat memori awet dan tahan lama alias tidak lekas rusak.

tips vivo y91 format uang microSD

bicara masalah format kartu MicroSD di HP Vivo Y91 mudah sekali dilakukan, karena di menu pengaturan sistemnya ada fitur khusus untuk opsi Format. Begitu pula untuk melepas memori dengan aman juga ada opsi khusus didalamnya.

Memformat memori card salah satu fusngsinya untuk menata ulang ruangan atau sector-sector yang ada didalamnya sesuai format yang diinginkan seperti Fat, Fat32, NTFS dan lain sebagainya sesuai kebutuhan sistem. Simak juga info Kelebihan dan kekurangan HP Vivo Y91 yang perlu diketahui!

Selain itu, memformat kartu SD juga akan menghapus seluruh data yang ada didalamnya. Dan bagi anda yang mempunyai problem pada kartu MicroSD, bisa memilih format ulang agar fungsi penyimpanan bisa optimal kembali.

Sedangkan untuk melepas memori card dengan aman di HP Vivo Y91, kita bisa menggunakan fitur khusus safely remove, dimana melepas secara paksa kartu memori saat sistem sedang menyala atau bahkan ketika ada pembacaan file didalamnya akan menyebabkan kerusakan data di kartu SD.

Cara Format MicroSD di Vivo Y91

Sebelum melakukan format ulang, pastikan dulu backup data penting ke penyimpanan lain agar nantinya bisa dikembalikan setelah proses formatting selesai.

menu format kartu SD vivo y91

1. Masuk ke menu pengaturan di HP vivo Y91

2. Selanjutnya menuju ke menu ‘Pengaturan Lainnya’

3. Kemudian pilih opsi ‘RAM dan Ruang Penyimpanan’

4. Silahkan pilih menu ‘Format kartu SD’

proses formatting microSD di vivo

5. Lanjutkan prosesnya sampai selesai dan microSD siap digunakan kembali

Lalu bagaimana caranya agar aman mencabut kartu memori di HP Vivo Y91 sehingga microSD awet ? Caranya mudah sekali yakni:

  1. Masuk ke menu pengaturan, lalu menuju ke opsi Pengaturan Lainnya
  2. Selanjutnya pilih menu RAM dan Ruang Penyimpanan
  3. Kemudian pilih opsi ‘Lepaskan kartu SD’
  4. Setelah ada notifikasi di layar bahwa kartu aman untuk dilepas, maka anda bisa melepasnya.

Kebanyakan kasus kerusakan kartu microSD salah satunya adalah mencabut dengan paksa memori saat sistem masih menyala atau bahkan ketika posisi transfer data berlangsung. Jadi untuk amannya, silahkan gunakan fitur melepas kartu SD secara aman yang sudah disediakan Vivo Y91 untuk meminimalkan kerusakan.

Demikianlah tips singkat yang dapat admin bagikan tentang cara aman mencabut kartu memori dan juga melakukan format di Vivo Y91, semoga bermanfaat.

Leave a Comment