Penyebab Layar HP Realme C1 Berwarna Kuning dan cara mengatasinya!

Problem layar berubah berwarna kekuningan di HP Realme C1 sudah marak ditanyakan di beberapa Forum pengguna smartphone Realme. Menjadi kekhawatiran tersendiri saat screen berubah warna padahal sebelumnya putih normal. Nah, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ?

mengatasi realme C1 screen kekuningan

Smartphone Realme C1 merupakan produk baru yang harganya murah, selain spesifikasi layarnya yang fullsccreen dengan notch diatasnya, juga performanya sangat bagus dengan prosesor Quadcore snapdragon didalamnya.

Masalah layar HP Realme menjadi kuning, banyak diantaranya dirasakan saat pemakaian dalam jangka waktu tertentu dan tiba-tiba layar berubah kekuningan. Bahkan saat ponsel kondisi dingin layar kembali normal, dan saat terasa panas layarnya kembali berubah kekuningan.

Di beberapa forum Realme tidak banyak solusi yang ditawarkan pengguna lainnya. Apalagi di forum-forum tersebut tidak dimoderasi oleh pihak realme sendiri.

Solusi layar menguning di HP Realme C1

Nah, Bagaimana cara mengatasi layar Ponsel Realme yang berubah kuning tersebut ?

Karena tipe C1 REALME ini masuk ke dalam produk baru, admin yakin pembelian masih belum mencapai 1 Tahun dari masa garansi.

Oleh sebab itu, saat mengalami warna layar berubah menjadi kekuningan, silahkan langsung bawa ke Service center Realme terdekat.

Karena saat ini belum banyak pusat perbaikan Realme resmi, maka untuk perbaikan smartphone Realme bisa dilakukan di pusat Service center OPPO.

Karena OPPO merupakan induk dari perusahaan REALME, dan hampir semua produknya menggunakan User Interface ColorOS. Jadi untuk klaim garansi penggantian layar Realme yang bermasalah bisa dilakukan di pusat perbaikan OPPO, tentu saja biayanya Gratis apabila masih dalam masa garansi.

Bilamana rumah anda berada jauh dari pusat service center OPPO, maka bisa langsung dibawa ke tempat penjualan dimana anda membeli ponsel Realme. Nantinya pihak Toko penjual smartphone akan membawa klaim garansi smartphone anda ke pihak service center-nya.

Penyebab Layar HP Realme Berubah warna




1. Realme terlalu Panas

Penggunaan diluar batas kewajaran, seperti bermain game terus-menerus, nonton streaming video terlalu lama, sampai ponsel terasa terlalu panas, maka bisa menyebabkan layar berubah warna, seperti kekuningan atau sebagian berwarna kebiruan.

Mengapa demikian ?, karena layar LCD letaknya bersentuhan langsung dengan hardware didalamnya. Sehingga saat prosesor dan komponen lainnya bekerja ekstra keras dan panas, maka rambatan suhu akan mengenai layar LCD.

2. Komponen GPU bermasalah

GPU atau Graphic Processing Unit merupakan perangkat paling utama untuk proses rendering dan tampilan layar. Apabila GPU bermasalah maka tampilan yang ada di layar juga akan tidak optimal.

3. Suplay Tegangan bermasalah

Tegangan yang mengaliri seluruh komponen yang terkait dengan kinerja display dija bisa menjadi penyebab screen HP Realme berubah warna atau bahkan bisa menyebabkan layar mati.

Untuk masalah ini, tentunya pihak service center yang akan memeriksanya, apakah memang benar-benar layar Realme saja yang error atau ada komponen lain yang rusak dan perlu perbaikan.

4. Layar Rusak

Nah, kebanyakan kasus di smartphone baru seperti Realme ataupun produk OPPO lainnya, layar yang mengalami kerusakan, entah karena kesalahan produksi atau kesalahan penggunanya.

Dari pihak realme sendiri memang belum ada konfirmasi resmi mengapa produk C1 ini banyak yang mengalami layar kuning. Jadi solusinya, langsung bawa ke Service center OPPO untuk klaim garansinya secara gratis.

Semoga ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi layar HP realme C1 berubah warna kuning diatas bisa bermanfaat. Apabila ada sobat yang mempunyai pengalaman lain, silahkan share di kolom komentar ya… Terima kasih

Leave a Comment