Cara Mengatasi HP Android Tidak Mau Menyala dan Sulit di Cas

Mempunyai Hape android yang sulit dicas dan tidak mau menyala saat kehabisan daya baterai menjadi permasalahan sendiri bagi pemiliknya. Bahkan kemana-mana harus bawah power bank supaya ponsel tidak mati dan sulit dinyalakan.

hape sulit hidup dan tidak mau dicas

Sulitnya ponsel android menyala karena kehabisan daya baterai memang sudah bukan rahasia lagi, bahkan tidak hanya android saja, secara umum permasalahan ini bisa dialami hampir semua perangkat elektronik bersistem operasi, seperti iOS di iPhone dan bahkan komputer atau laptop juga bisa mengalami hal yang sama.

Terlebih yang menyulitkan saat mempunyai tipe smartphone dengan baterai tanam alias Non removable, saat terjadi ponsel tidak bisa di cas akan menyulitkan untuk melepas baterai untuk melakukan charging dengan alat desktop cas.

Nah, berikut ini admin bagikan tips bagaimana saat ada kejadian HP Android yang kehabisan daya baterai dan sulit untuk dinyalakan ulang serta saat di cas sulit terisi.

Mengatasi Hape sulit di cas dan tidak mau menyala

1. Pada saat baterai benar-benar habis, coba sambungkan alat charge dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu lepaskan dan tancapkan lagi untuk waktu yang sama.

Biasanya cara ini berhasil dilakukan meski di layar tidak tampil adanya indikator pengisian daya.

2. Bila cara diatas tidak berhasil dan ponsel tetap mati tidak mau diisi ulang, coba pinjam ke teman alat charging yang mempunyai ampere lebih tinggi dari bawaan ponsel. Semisal bawaan HP chargernya 1 ampere maka gunakan charger 2 ampere.

Hal ini bertujuan untuk mendorong daya isi ke dalam baterai lebih kuat dan banyak yang berhasil melakukannya. Apalagi kalau tipe baterai berjenis Non-removable bisa melakukan cara ini.

Dan bilamana baterai bisa dicopot, maka bisa melakukan langkah pengisian menggunakan charger portable atau biasa disebut desktop cas.

3. Bila berhasil melakukan charging baterai dan terlihat di layar ada proses pengisian daya, jangan terburu-buru untuk menyalakannya.

Isi dulu sampai benar-benar penuh dan cabut konektor charging. Jangan dinyalakan dulu, diamkan sampai baterai suhunya normal. Hal ini bisa kita rasakan dari panas yang ada di bodi belakang smartphone. Biarkan sampai dingin lalu cobalah untuk menyalakannya.

4. Bila baterai sudah terisi namun ponsel tetap saja tidak bisa dinyalakan dan sudah memencet tombol power berkali-kali namun tetap saja mati maka ada tips yang sedikit menyulitkan bagi pemilik android dengan baterai Non removable yakni melepas dan memasang ulang konektor baterai.

Cara ini seringkali berhasil dilakukan, hanya dengan melepas konektor baterai yang menempel di Board / PCB ponsel dalam beberapa detik, kemudian memasangnya kembali.

Namun bagi yang belum bisa mebuka penutup belakang ponsel berjenis baterai non-removable, tentu menjadi masalah tersendiri dan harus meminta bantuan teman atau datang langsung ke tempat service untuk meminta bantuan.

Demikianlah tips singkat cara mengatasi ponsel android yang tidak mau menyala dan sulit untuk dicas ulang baterainya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment