Cara Mengatasi Aplikasi Android Agar Tidak Update Otomatis

Bagi beberapa pengguna Smartphone Android Adanya update otomatis sangat mengganggu, apalagi disaat kapasitas memori HP sangat minim, sehingga terkadang update aplikasi gagal dilakukan dan muncul pemberitahuan kapasitas ruang penyimpanan tidak mencukupi.

mematikan update otomatis app di hp android

Pada aplikasi google play store, dalam pengaturan bawaannya mengaktifkan pembaruan semua aplikasi secara otomatis, kecuali app tersebut diunduh diluar market google play. Dan untuk mengatur supaya tidak lagi ada update secara otomatis terjadi maka pemilik HP Android harus melakukan penonaktifan pembaruan di play store yang ada di smartphone miliknya.

Jadi apapun tipe HP Android-nya seperti Samsung OPPO Xiaomi Vivo dan lain sebagainya, yang didalamnya ada aplikasi play store atau Google play, bisa menonaktifkan update otomatis di setelannya.

Cara Nonaktifkan pembaruan otomatis Aplikasi Android

1. Silahkan membuka app Play store di HP anda, kemudian masuk ke opsi menu yang ada di bagian pojok kiri paling atas

2. Setelah itu menuju ke menu ‘Setelan

Menu setelan play store

3. Kemudian masuk ke opsi ‘Update aplikasi secara Otomatis

4. Ada 3 pilihan diantaranya :

pilihan pembaruan app via wifi atau data selular

a. Melalui jaringan apa pun : artinya saat kita mmeilih opsi ini, maka pembaruan aplikasi akan dilakukan otomatis dari jaringan apapun seperti WiFi atau data selular

b. Melalui Wi-Fi saja : Pilihan ini bisa dilakukan saat kita tidak ingin meng-update aplikasi secara otomatis bila menggunakan jaringan data selular kecuali saat berada di jaringan Wi-Fi

c. Jangan update aplikasi secara otomatis : Nah, bila kita tidak ingin ada pembaruan aplikasi otomatis saat online dari jaringan WiFi maupun data kartu selular.

Jadi semisal kapasitas penyimpanan atau memori internal di HP android sudah hampir habis dan takut semakin minim saat ada pembaruan aplikasi maka bisa melakukan setelan seperti yang admin sebutkan diatas.

Demikianlah pembahasan dan tips menonaktifkan update otomatis aplikasi di ponsel android dengan megaturnya dari setelan play store, semoga bermanfaat.

Leave a Comment