Cara Restart Paksa HP Vivo Layar dan tombol Tidak berfungsi

Cara paksa restart HP Vivo saat Layar dan tombol macet – Mungkin sebagian pengguna HP Vivo pernah mengalami error pada sistem ponselnya seperti layar tidak merespon dan tombol fisik juga tidak bisa digunakan, begitu pula saat ingin merestart ulang juga bingung cara melakukannya.

Cara Restart Paksa HP Vivo Layar dan tombol Tidak berfungsi

Apalagi smartphone Vivo yang menggunakan tipe baterai Non-removable akan sangat menyulitkan pemiliknya untuk sekedar memuat ulang sistem ketika terjadi error atau layar tidak merespon sama sekali.

Baca Juga:

Bagi pengguna HP Vivo dengan baterai jenis bukan tanam atau removable, merestart paksa ponsel tidak akan mengalami kesulitan sedikitpun, tinggal lepas baterai dan menancapkan ulang bisa dinyalakan lagi sistemnya.

Sebelum membahas bagaimana cara merestart HP Vivo dengan paksa karena tombol power sudah tidak bisa memunculkan menu reboot saat ditekan dua detik, kita simak dahulu apa saja yang sering menyebabkan Layar HP android sering Hang atau macet.

Penyebab Layar HP Android Macet / Hang

Beban Prosesor dan RAM

Baca Juga :

Seringkali Prosesor dan RAM yang kelebihan beban pemakaian akan menyebabkan layar HP android macet dan tidak merespon saat disentuh.

Apalagi tipe HP Android semisal Vivo yang mempunyai RAM berkapasitas kecil akan lebih cepat mengalami kehabisan space memori RAM dan proses prosesor juga semakin berat kinerjanya.

RAM Smartphone

Disarankan bagi pengguna HP Vivo yang memiliki spesifikasi RAM kecil bisa secara rutin membersihkan RAM dari file sampah yang tidak terpakai lagi dengan menggunakan aplikasi cleaner supaya kapasitasnya tidak overload saat digunakan menjalankan banyak aplikasi.

Proses aplikasi di background

Banyaknya proses aplikasi dan sistem yang berjalan di balik layar sistem akan menyebabkan kinerja CPU juga meningkat, begitu juga space RAM juga akan terpengaruh.

Ketika pengguna HP Android banyak menginstall aplikasi seperti media sosial semisal BBM, WhatsApp, Instagram, facebook, Line dna lain sebagainya bisa mempercepat berkurangnya kapasitas RAM.

Umumnya aplikasi yang bekerja untuk sinkron ke server penyedianya akan selalu berjalan pada background sistem dan menggunakan resource memori RAM tanpa kita sadari.

Oleh sebab itu, bila layar ponsel sering blank atau macet coba kurangi beberapa aplikasi yang jarang anda gunakan agar kinerja RAM dan prosesor menjadi lebih ringan.

Aplikasi dan sistem Rusak



Kerusakan pada aplikasi juga berpotensi membuat smartphone Vivo atau tipe android lain macet saat digunakan, begitu juga saat sistem ada yang hilang sebagian filenya.

Untuk mendeteksi apakah sistem atau aplikasi yang bermasalah menyebabkan layar tidak merespon dan HP seringkali hang, silahkan coba buka aplikasi yang sering anda buka, bila ternyata macet silahkan copot dahulu aplikasi tersebut dan install ulang.

Bila di semua aplikasi yang kia jalankan di ponsel ternyata menyebabkan sistem blank atau layar tidak merespon dalam waktu lama, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada sistem.

Tentunya jalan keluar bagi sistem HP android yang bermasalah bisa diatasi pertama kali dengan melakukan factory reset dan bila sudah parah bisa melakukan flashing ulang.

Cara restart paksa HP Vivo

Nah, bagi anda yang mengalami layar tidak merespon dan tombol fisik di HP juga tidak bisa digunakan untuk memunculkan menu restart maka cara terbaik mematikan dan memuat ulang sistem sebagai berikut:

Silahkan tekan tombol power dalam waktu yang lama, umumnya bisa sampai 30 sampai 1 menit, sampai layar tiba-tiba akan padam dan secara otomatis ponsel akan melakukan reboot ulang sistem.

Namun pada sebagian tipe vivo terbaru jika tombol power ditekan lama akan tampil 2 menu yakni matikan HP dan boot ulang.

Bila layar Vivo belum juga padam, silahkan ulangi lagi menekan tombol power, jangan dilepas sampai benar-benar layar mati sendiri, Admin seringkali menggunakan tips tersebut saat mengatasi tombol power dan layar yang macet gara-gara sistem yang error.

Itulah tips mudah memua ulang sistem di HP VIVO dengan paksa karena layar Hang dan tombol power tidak berfungsi mengeluarkan menu reboo dilayar, semoga bermanfaat.

Leave a Comment