Penyebab Baterai HP Android Lama terisi ketika dicas

Sebab Baterai Android pengisian terlalu lama – Perangkat elektronika seperti smartphone android meskipun canggih namun bisa tidak lepas dari adanya perangkat Baterai sebagai sumber arus dan dayanya.

Penyebab Baterai HP Android Lama terisi ketika dicas

Beberapa permasalahan baterai HP Android bisa terjadi meskipun fungsi sistem tidak bermasalah ketika digunakan, Seperti baterai sering drop, baterai melembung, baterai HP cepat panas atau permasalahan yang akan admin bahas kali ini yaitu pengisian baterai terlalu lama.

Mengisi daya smartphone yag sudah umum digunakan yaitu melalui alat cas (charger) dengan dongle khusus bawaan Ponsel dengan voltase output sekitar 5 volt. Namun opsi pengisian daya dengan alat portable seprti powerbank juga sudah umum digunakan untuk pengisian instan di segala suasana tanpa mencolokkan ke arus listrik PLN.

Mungkin banyak pertanyaan dari pengguna HP Android yang merasakan ponselnya tidak bisa terisi dengan cepat seperti pengecasan normal layaknya ponsel baru beli. Intinya ketika diisi daya terlampau lama dan butuh waktu berjam-jam tidak seperti biasanya.

Baca Juga Artikel terkait berikut :

Penyebab baterai lama terisi saat dicas

Kondisi dan umur baterai

Sebab yang sering terjadi saat mengisi baterai HP anddroid lama tidak terisi penuh diakibatkan usia baterai dan kondisinya yang sudah tidak optimal lagi pada bagian cell penyimpanan dayanya.

Bahkan kejadiannya bisa sebaliknya, baterai ponsel bisa terisi sangat cepat namun akhirnya saat digunakan cepat pula berkurang dayanya atau drop.

Untuk permasalahan umur baterai memang setiap penggunanyalah yang bisa menentukan apakah baterai di ponselnya masih layak pakai atau sudah waktunya diganti.

Untuk mengetahui apakah memang penyebab lamanya pengisian arus di baterai tidak optimal bisa melihat apakah saat sudah terisi penuh bisa digunakan dengan normal ataukah cepat habis. Bilamana cepat habis berarti baterai HP waktunya diganti karena masalah usia dan masa pakainya.

Daya alat Cas HP

Penyebab kedua yakni masalah besarnya daya alat charging. tidak hanya itu terkadang voltase alat cas yang turun ukurannya bisa menyebabkan pengisian baterai tidak optimal dan terlampau lama.

Rata-rata voltase output yang diperkenankan untuk melakukan charging umumnya 5 volt, bila nilainya kurang banyak tentunya tidak akan bisa melakukan suplai tegangan secara maksimal.

Begitu juga untuk dayanya terkadang satu alat dengan alat cas lainnya bisa berbeda. Nilai ampere-nya semakin tinggi maka semakin cepat pula mengisi daya baterai, dan bila ampere lebih rendah dari yang diperkenankan oleh pabrikan ponsel maka pengisian daya baterai juga akan lama.

Jadi cobalah terlebih dahulu mengganti alat cas dengan ampere yang lebih tinggi (bukan nilai voltase, tapi ampere-nya). Bilamana ternyata waktu isi baterai labih cepat maka bisa seterusnya menggunakan alat charge dengan daya yang lebih tinggi tersebut.

Namunjuga perlu diperhatikan, kalau kita menggunakan alat isi baterai HP dengan daya terlampu tinggi untuk tujuan mempercepat charging tentunya juga tidak baik untuk kesehatan cell baterai itu sendiri dan memperpendek umur pakainya.

Kabel Micro USB charger

kabel charging baterai android

Sudah umum juga saat ini alat charge HP menggunakan perangkat pengisi dan kabel yang terpisah karena bisa difungsikan juga USB tersebut untuk proses transfer data (kabel data).

Banyak permasalahan lamanya isi daya baterai smartphone disebabkan kualitas kabel USB yang tidak bagus dan banyak diperjual belikan dengan harga super murah.

Pastikan menggunakan kabel USB untuk koneksi ponsel dengan alat isi baterai menggunakan kabe bawaan pabrikan HP atau setidaknya yang original dan berkualitas bagus.

Perangkat keras HP bermasalah

Penyebab yang terakhir dan juga sering dialami oleh pemilik HP android kala cas baterai lama sekali karena hardware atau komponen yang mengatur keluar masuknya arus di ponsel bermasalah.

Kalau ini kejadiannya tentu harus dilakukan pengecekan kinerja komponen secara menyeluruh yang mengatur input output arus pengisian di tempat service ponsel android yang terpercaya untuk menemukan problem komponen mana yang harus diperbaiki.

Itulah beberapa sebab yang bisa terjadi kala HP Android lama sekali terisi saat dilakukan cas baterai, semoga tips diatas bermanfaat.

Leave a Comment