Cara Mengatasi Tanggal Salah saat Buka WhatsApp

Cara mengatasi WA tidak bisa dibuka karena ada Tulisan Tanggal Salah – Mungkin bukan sobat saja yang mengalami hal demikian, karena banyak sekali inbox masuk ke redaksi yang menanyakan cara mngatasi error WhatsApp tidak bisa terbuka gara-gara ada pesan di layar yang intinya ada kesalahan pengaturan tanggal dan waktu.

mengatasi Tanggal Salah saat Buka WhatsApp

Disaat ada keperluan penting dan mengharuskan berkirim pesan atau video Call melalui WhatsApp tentunya wajar kalau ada perasaan sebal karena aplikasi WA tidak bisa dibuka, hanya karena ada notifikasi di layar yang menyatakan tanggal salah.

Lebih jengkel lagi saat sudah mengatur tanggal dengan waktu yang benar tetap saja aplikasi WA tidak bisa dibuka, tetap muncul halaman kesalahan tanggal.

Sebenarnya apa yang terjadi, mengapa ketika sudah melakukan perubahan settingan waktu dengan benar namun WhatsApp tetap saja tidak bisa masuk ke menu utama seperti biasanya?

Baca Juga:

Penyebab WA error tidak bisa dibuka

Addapun beberapa penyebab yang bisa memicu aplikasi WA tidak bisa masuk ke menu utama dan selalu terhalang halaman kesalahan tanggal dan waktu, diantaranya sebagai berikut:

1. Aplikasi WA kadaluarsa

Umumnya dan sering terjadi WA yang error tidak bisa dibuka karena ada pesan tanggal salah dilayar karena versi WhatsApp sudah lama dan tidak diperbarui oleh pemiliknya.

Baca Juga tips WA berikut :

Melakukan Update aplikasi sangat direkomendasikan karena bisa menambal kesalahan script dan Bug serta menambah proteksi keamanan pengguna aplikasi tersebut.

Jadi Untuk memastikan apakah error aplikasi WA yang tidak bisa dibuka disebabkan kadaluarsa versinya, silahkan update terlebih dahulu dengan versi terbaru melalui google play store di Ponsel anda.

2. Aplikasi WhatsApp Rusak

Dari pengalaman admin, selain dengan cara update, kita juga bisa mengatasi masalah tidak bisa masuk halaman whatsApp dengan mencopot (uninstall) dan memasangnya kembali.

Jadi saran saya, coba copot aplikasi dari ponsel dan unduh ulang WA kemudian coba masuk lagi ke dalamnya. Admin berulangkali melakukan tips ini dan berhasil memperbaiki error tidak bisa masuk WA karena ada notifikasi tanggal salah.

3. Settingan tanggal keliru

tanggal HP kliru WA tidak terbuka

Memang tujuan utama pembuat aplikasi WA memunculkan pesan kesalahan dilayar tersebut untuk memberitahukan kalau ada settingan tanggal yang keliru.

Namun banyak pengguna smartphone android yang sudah menyetting tanggal dengan benar namun tetap saja notifikasi kesalahan tersebut masih saja muncul.

Bila demikian, setelah setting waktu sudah benar maka coba saja uninstall dahulu aplikasi WA kemudian pasang ulang dengan mengunduhnya dari situs resmi atau aplikasi google play store.

4. Restart sistem

Adakalanya saat ada aplikasi error kita bisa dengan mudah memperbaikinya dan menjalankannya dengan lancar hanya berbekal merestart atau reboot HP.

Ketika ada sistem yang crash sehingga aplikasi WhatsApp tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, oleh sebab itu diperlukan restart ulang ponsel agar sistem kembali fresh dan bisa menjalankan WA dengan normal.

5. Versi android tidak support

Versi terbaru WhatsApp saat ini tidak mensupport versi android jadul seperti gingerbread dan yang dibawahnya.

Jadi untuk kelancaran dan menghindari WA tidak bisa dibuka, pastikan menggunakan ponsel android yang versinya diatas gingerbread keatas atau yang terbaru.

Menurut pengalaman admin, dengan tips diatas sebenarnya WhatsApp yang terdeteksi adanya kesalahan tanggal padahal settingan sudah benar bisa dihindari, jadi jangan panik dahulu ya..hehe

Itulah tips mudah mengatasi aplikasi WA yang tidak bisa terbuka gara-gara ada peringatan tanggal salah di layar, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca situs DuniaAndroid.com semuanya.

Leave a Comment