Mengatasi HP restart sendiri ketika buka Facebook

Mungkin banyak pengguna Facebook yang telah melakukan update aplikasi mengalami ponselnya tiba-tiba mati dan restart sendiri ketika baru saja membuka Facebook. Hal tersebut tidak hanya pembaca saja yang mengalami, namun banyak pemilik HP yang mengalami kejadian demikian, Begitu membuka FB tiba-tiba Hape Mati dengan sendirinya padahal tombol power tidak disentuh dan tidak berniat mematikan ponsel. Apa yang terjadi dan bagaimana mengatasi HP yang mendadak restart sendiri ketika buka FB ?

ponsel restart ketika buka aplikasi FB

Di banyak komentar yang ada di beranda aplikasi Facebook di playstore beberapa pertanyaan dai para pengguna android yang mengeluhkan kejadian ponselnya mendadak mati bila akan memulai membuka FB. Namun demikian belum ada tanggapan resmi dari pihak facebook mengapa akhiir-akhir ini versi yang terbaru masih saja belum bisa mengatasi hal tersebut.

Bila dilihat dari seberapa sering pihak developer Facebook memperbarui versi aplikasinya kemungkinan besar ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan terkait ketidak stabilan facebook versi terbaru akhir-akhir ini di android.

Baca : Dampak iklan malware di aplikasi Android

Dari pengalaman admin yang juga mengalami hal demikian dan tidak pada ponsel saya yang lain ternyata ada beberapa kemungkinan sebab yang bisa terjadi kalau tiba-tiba saja ponsel restart ketika membuka facebook. Beberpa kemungkinan tersebut diantaranya sebagai berikut :





1. Memori RAM di ponsel tidak lebih dari 1GB, Dimana kinerja RAM ponsel untuk menjalankan aplikasi FB akan sangat berat disebabkan besarnya keperluan RAM untuk menjalankan Facebook yang dari segi instalasi juga sudah besar ukuran Filenya.

2. Versi android masih dibawah Kitkat, kemungkinan besar adanya crash menjalankan aplikasi FB di android versi jelly Bean bahkan dibawahnya. Namun dari pengalaman admin ada ponsel android yang menggunakan jelly bean dengan RAM diatas 1GB tidak pernah mengalami Ponsel mati sendiri ketika membuka FB.

3. Facebook versi terbaru mulai awal 2017, dimana versi sebelumnya tidak pernah atau jarang sekali terjadi HP pengguna android mati sendiri ketika membuka Facebook.

4. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan menghabiskan asupan RAM.

Dengan beberapa sebab yang bisa terjadi diatas, ada beberpa solusi yang bisa admin berikan tipsnya untuk pembaca (dari pengalaman penulis).

Cara mengatasi HP restart sendiri ketika buka Facebook

1. Untuk tips pertama cobalah ketika ingin memulai membuka aplikasi FB sebisa mungkin membersihkan aplikasi yang masih berjalan yang tidak tertutup dengan semurna alias menutup aplikasi langsung dari tombol Home.

Setelah membersihkan semua aplikasi yang terbuka silahkan buka FB dan tunggu reaksi yang ada, bila ternyata masih menyebabkan restart silahkan simak tips nomor 2.

2. Ada cara kedua yang terbilang agak nyleneh namun bisa mengatasi permasalahan diatas yaitu coba buka aplikasi FB dan jangan tunggu sampai loading, bukalah untuk dua sampai tiga detik dan langsung tutup dengan menekan tombol home, tunggu sebentar karena aplikasi sebenarnya masih berjalan dibalik background.

Anda bisa melihat ternyata masih ada katifitas FB di balik layar dengan adanya tanda koneksi data masih naik turun secara terus menerus yang berarti masih ada sinkronisasi data.

Nah, ketika koneksi data di tanda layar anda sudah terlihat idle atau turun naiknya proses data tidak secepat yang tadi, silahkan buka facebook dan lihat efeknya.

Admin berulangkali mencoba dengan cara ini dan berhasil, namun terkadang sih masih suka restart walau tidak sering..hehe.

3. Bila tidak tahan dengan cara diatas serta tidak ingin lagi melihat ponsel kesayangan melakukan booting ulang yang menghabiskan banyak waktu, ada tips yang cukup jitu yaitu mengubah versi facebook ke versi yang terdahulu yang stabil.

Baca : Cara kembalikan aplikasi ke versi sebelumnya

Untuk cara ini, Karena di playstore tidak ada aplikasi Facebook dalam bentuk APK ayng bisa diunduh apalagi memilih versi yang diinginkan pengguna maka solusinya adalah mengunduh APK Facebook dari market selain Play Store. Dimana koleksi APK dengan berbagai versi sebelumnya biasanya banyak tersedia di market-market yang mendokumentasikan aplikasi dari Playstore.

Nah, salah satu Market aplikasi gratis layaknya palaystore yang bisa anda coba adalah aplikasi 9APPS. Dimana di aplikasi 9APPS nantinya anda bisa mendownload dan memilih versi instalasi APK facebook sesuai versi yagn anda inginkan.

Bagi yang menginginkan APK facebook versi sebelumnya silahkan install dahulu 9APPS dan setelah membuka aplikasi tersebut anda bisa mencari APK facebook versi stabil yang anda inginkan.
Dengan menggunakan cara mengundurkan versi facebook ke versi sebelumnya (Previous Version) maka sobat akan terhindar lagi dari ponsel yang tiba-tiba mati ketika buka aplikasi FB. Semoga tips diatas bermanfaat.

Leave a Comment