Cara mengamankan jaringan Bluetooth di HP android

Mengapa Bluetooth masih ada di perangkat canggih Android ?, jangan anggap remeh Bluetooth, karena Bluetooth saat ini versi dan kecepatannya tidak sama dengan versi jamannya ponsel java sebelum android booming. Selain Koneksi WiFi yang menjadi idola sekarang ini, Bluetooth juga tidak bisa ditinggalkan begitu saja kegunaannya sebagai media transfer file, streaming audio sampai sebagai Modem PC.

mengamankan bluetooth

Bagi yang masih gemar menggunakan Bluetooth sebagai media transfer file maupun sambungan data, terkadang pengguna tidak mengetahui bahwa Bluetooth juga menyimpan masalah dalam sisi keamanan bila pengaturannya tidak tepat guna. Seperti diketahui, dari jaman ponsel ditanam media Bluetooth seakan ada saja celah masuk untuk orang yang ‘jail’ melakukan apa saja yang dikehendakinya terhadap ponsel target. via Bluetooth-pun ponsel kita bisa diserang atau disusupi oleh orang lain tanpa sepengetahuan kita. Proses Baca, tulis dan hapus bisa dilakukan dari perangkat yang tersambung ke media kita via Bluetooth. 




Nah, Untuk mengamankan jaringan Bluetooth di ponsel android, maka lakukan hal di bawah ini agar penyusup atau orang yang tidak berkompeten dengan sambungan data Bluetooth tidak bisa mengontrol penuh ponsel kita termasuh menghapus dan mencuri data ponsel. silahkan disimak caranya di bawah ini.
1. Dalam keadaan Bluetooth menyala silahkan masuk ke pengaturan Bluetooth
2. masuk ke menu ‘ Pengaturan lanjutan Bluetooth’ , lihat contoh di bawah ini.

3. masuk ke opsi ‘Izin’ dan aktifkan opsi ‘hanya baca’ 

Dengan mengaktifkan opsi ‘hanya baca’ dan menonaktifkan ‘kontrol penuh’ maka orang lain yang tersambung ke ponsel kita via Bluetooth tidak akan bisa

melakukan proses delete dan hapus karena hanya diberi izin khusus ‘baca’. Namun opsi ini hanya bisa dilakukan bila anda mengaktifkan opsi Server FTP di pengaturan Bluetooth. Semoga tips diatas bermanfaat.

0 thoughts on “Cara mengamankan jaringan Bluetooth di HP android”

Leave a Comment