2 Cara Menghapus Cache Instagram untuk Android dan iPhone

Aplikasi instagram tentu suatu saat akan mengalami penurunan performa yang bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Adapun salah satu penyebabnya yakni adanya penumpukan cache aplikasi tersebut. Cara menghapus cache instagram ini bisa dilakukan sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Seperti yang telah diketahui bahwa, sebagai salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai berPengguna pengguna lain, tentu akan menjadikan penumpukan sampah cache. Hal ini biasanya terjadi tanpa disadari oleh para pengguna instagram.

Adanya penumpukan cache dalam sebuah aplikasi, tentu akan mempengaruhi performa dari aplikasi tersebut. Sehingga harus dilakukan tindakan pembersihan secara rutin dan juga berkala.

Sebenarnya untuk membersihkan cache tersebut dapat dilakukan dengan mudah baik tanpa aplikasi tambahan maupun dengan aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Cara Menghapus Cache Instagram Tanpa Aplikasi

Sebenarnya untuk menghapus cache instagram tanpa aplikasi ini bisa disesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan. Adapun perangkat tersebut seperti android dan juga iPhone.

Dari kedua perangkat tersebut, cara untuk menghapus cache aplikasi instagram tentu berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diuraikan diantara keduanya dengan urutan langkah yang bisa diikuti:

1. Untuk Hp Android

Adapun bagi pengguna android sebenarnya ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk membersihkan cache dari aplikasi instagram. Langkah yang harus dilakukanpun cukup mudah dan juga simpel.

Penasaran bagaimana langakah yang harus diikuti tersebut? Berikut beberapa langkahnya:

  • Navigasikan ke menu Pengaturan di perangkat Android Pengguna.
  • Pilih opsi Aplikasi atau Aplikasi dan notifikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram dalam daftar aplikasi yang terinstal.
  • Selanjutnya, buka opsi Penyimpanan di dalam menu aplikasi Instagram.
  • Terakhir, ketuk opsi Hapus cache untuk membersihkan cache dari aplikasi tersebut.

2. Untuk iPhone

Selain untuk perangkat android, ternyata untuk pengguna iPhone, langkah penghapusan cache dalam aplikasi instagram ini cukup berbeda. Hal ini dikarenakan sistem operasi yang digunakan  juga berbeda.

Lantas apa saja yang harus dilakukan? Berikut beberapa diantaranya:

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat iPhone yang digunakan dan tahan ikon aplikasi hingga muncul menu konteks.
  • Pilih opsi Hapus Aplikasi dari menu yang muncul.
  • Konfirmasi penghapusan dengan mengetuk opsi Hapus.
  • Selesai dengan mengetuk Hapus Aplikasi untuk menyelesaikan proses.

Dengan mengikuti beberapa langkah yang telah diuraikan, Pengguna dapat menginstal ulang aplikasi Instagram dengan cache yang bersih tanpa harus khawatir tentang masalah yang terkait dengan cache lama.

Cara Menghapus Cache Instagram Menggunakan Aplikasi Tambahan

Pengguna bisa membersihkan cache Instagram dengan metode lain, yaitu menggunakan aplikasi tambahan. Terdapat beragam aplikasi yang tersedia untuk tujuan ini. Penting untuk diingat bahwa tindakan ini hanya akan menghapus file sementara yang tidak diperlukan.

Selain itu, proses ini juga akan menghapus duplikat yang mungkin ada di dalam kontak, foto, dan video yang tidak diperlukan. Untuk mencari aplikasi yang dapat membersihkan cache Instagram, Pengguna dapat menjelajahi Google Play Store atau App Store.

Pastikan untuk memilih aplikasi yang bisa digunakan sebagai Pembersih Cache Instagram yang terbaik dengan memeriksa peringkat dan ulasan pengguna terlebih dahulu.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun aplikasi tersebut dapat membersihkan cache Instagram, tetapi tidak dapat mengatasi masalah seperti kesalahan atau pembekuan aplikasi. Jika Pengguna mengalami masalah semacam itu, langkah yang diperlukan adalah menginstal ulang aplikasi Instagram.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara menghapus cache instagram yang bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yakni baik yang menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan.

Leave a Comment