Ini Cara Mengosongkan Google Drive, Mudah dan Anti Ribet!

Cara mengosongkan Google Drive cara yang dilakukan jika penyimpanan ruang yang ada di Google Drive yang tersedia penuh. Seperti yang diketahui bahwa akses penyimpanan yang ada pada Google Drive akan memiliki sebuah kapasitas penyimpanan tersendiri.

Google Drive merupakan salah satu akses untuk dapat menyimpan berbagai macam file yang ada seperti foto, video, dokumen dan lainnya. Untuk itu Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan yang secara otomatis mengakibatkan file tidak dapat tersimpan.

Cara Mengosongkan Google Drive

Cara ini menjadi suatu cara yang dapat dilakukan jika penyimpanan Google Drive penuh yaitu dengan mengosongkannya. Dengan adanya cara mengosongkan Google Drive ini, maka pengguna dapat menyimpan file-file lain kembali. Berikut caranya.

1. Hapus Data Atau File Yang Tidak Penting

Dengan cara ini tentunya mengurangi penyimpanan file yang ada di Google Drive dengan menghapus selamanya tau di pindahkan ke sampah. Pengguna dapat menyortir file atau data mana yang sekiranya tidak penting atau tidak digunakan.

  • Cara yang pertama yaitu buka pada aplikasi Google Drive yang ada di perangkat.
  • Kemudian yaitu klik opsi file yang ada di bawah kanan.
  • Langkah selanjutnya yaitu tentukan beberapa file yang akan di hapus dari folder.
  • Selanjutnya yaitu klik opsi titik tiga yang ada di bagian bawah file atau folder.
  • Setelah itu hapus file tersebut atau dapat dipindahkan ke opsi sampah yang ada di Google Drive.
  • Jika akan dipindahkan ke sampah maka klik opsi pindahkan ke sampah.
  • Selesai.

2. Upgrade Storage

Cara berikutnya yaitu dengan mengupgrade storage atau menambahkan kapasitas yang ada di Google Drive secara berbayar. Untuk harga pembelian penambahan penyimpanan atau pembelian storage mulai dari Rp.26 ribu per bulan untuk kapasitas penyimpanan 100GB.

3. Buat Akun Google Drive Yang Baru

Cara yang terakhir yaitu dengan mengganti atau membuat akun drive yang baru dari akun Google Drive sebelumnya. Tentunya cara ini terbilang paling efektif jika semua file yang ada di Google Drive sebelumnya sangat penting.

Cara ini digunakan agar dapat menjadikan salah satu email khusus yang digunakan untuk beberapa banyak file yang penting. Pengguna hanya perlu melampirkan alamat email baru kemudian simpan ke Google Drive terbaru.

Cara Mencegah Google Drive Yang Limit

Selain dengan menggunakan cara di atas dapat juga dilakukan dengan mencegah terjadinya Google Drive limit. Dengan mencegah Google Drive yang limit dapat dilakukan dengan tips berikut ini:

  • Sortir file.
  • Bersihkan file yang tidak penting.
  • Hapus lampiran email yang memiliki file besar.

Penyebab Google Drive Penuh

Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan yaitu sebesar 15 GB dengan penyimpanan tersebut maka diperlukan untuk dapat menyimpan file yang penting. Namun sebelum menghapusnya maka sangat diperlukan untuk mengetahui penyebabnya agar tidak terulang kembali seperti berikut:

  • Beberapa file yang disimpan memiliki ukuran besar yang dapat menyebabkan penyimpanan penuh meski file sedikit.
  • Terlalu banyak penyimpanan file yang melebihi kapasitas penyimpanan dari bawaan.
  • Penyebab lainnya yaitu dengan sebuah lampiran yang ada pada email yang terlalu besar sehingga menyebabkan penyimpanan Google Drive penuh.

Dari penyebab terjadinya penyimpanan file yang penuh juga terjadi tidak hanya karena penyimpanan yang ada di perangkat. Namun juga dapat terjadi karena beberapa hal yang mengakibatkan penyimpanan pada Google Drive penuh.

Demikian cara mengosongkan Google Drive yang ada di perangkat dan juga penyebabnya yang dapat dipahami. Cara di atas terbilang cukup efektif yang dapat membantu mengatasi penyimpanan penuh di Google Drive.

Leave a Comment