Cara Menggunakan Google Trends Termudah dan Praktis Untuk Dilakukan

Dalam misi memudahkan pekerjaan manusia dan meraup keuntungan, Google terus membuat tool baru yang canggih. Salah satunya adalah Google Trends. Namun sebelum itu, pengguna wajib tahu cara menggunakan Google Trends, sekaligus kelebihan yang dimilikinya.

Google Trends mungkin belum banyak didengar oleh pengguna Google. Namun sebenarnya tool yang satu ini sangat membantu dan memudahkan pebisnis, utamanya dalam hal copywriting dan marketing.

Pengertian Google Trends

Sebelum mengetahui mengenai cara menggunakan Google Trends, penting untuk terlebih dulu mengetahui apa itu Google Trends. Google Trends adalah salah satu tool yang disediakan oleh Google yang seperti namanya, berfungsi untuk mengetahui tren.

Dalam dunia marketing online, seringkali diperkenalkan istilah keywords atau kata kunci. Kata kunci ini adalah kunci dari pemasaran online suatu produk.

Google Trends dapat memberikan informasi kepada pengguna mengenai berapa sering kata kunci tertentu dicari oleh masyarakat. Dapat juga mengetahui kata kunci apa yang sedang menjadi tren saat ini, kemudian diurutkan sesuai popularitasnya.

Tool ini juga dapat memberikan kata kunci serupa atau setopik bila pengguna memasukkan satu kata kunci. Kemudian juga dapat diketahui secara geografis, daerah mana yang paling banyak membicarakan kata kunci tersebut.

Kemampuan dari tool yang disediakan Google Trends ini tidak perlu diragukan. Karena Google merupakan mesin pencari paling banyak digunakan di dunia. Dengan data pencarian pengguna sebanyak itu, tidak sulit bagi Google menyajikan data yang akurat.

Selain itu, kelebihan yang sangat membantu tentunya adalah Google Trends disediakan secara gratis. Hal ini tentu dapat membantu menghemat pengeluaran atau budgeting dana bisnis. Dana yang dianggarkan untuk deteksi tren dapat dialihkan ke budget keperluan lain.

Cara Menggunakan Google Trends

Setelah mengetahui apa itu Google Trends, perlu diketahui cara menggunakan Google Trends. Berikut beberapa fitur yang dapat digunakan pada Google Trends dan cara menggunakannya:

1. Mencari Kata Kunci

Google Trends dapat membantu menemukan kata kunci yang dibutuhkan untuk promosi bisnis. Akses Google Trends, kemudian masukkan nama produk di kolom search.

Setelah klik enter, data mengenai produk tersebut akan otomatis keluar. Di bagian pertama akan terlihat berapa orang yang mencari kata kunci tersebut dalam range beberapa hari. Kemudian di bagian bawah ada data pencarian secara geografis.

Selanjutnya, di bagian bawah akan ada topik yang berkaitan. Di bagian paling bawah, tersedia analisis kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci pertama yang dimasukkan. Semua data ini diurutkan berdasarkan popularitasnya.

2. Mengetahui Kata Kunci dan Topik yang Sedang Menjadi Tren

Google Trends juga dapat digunakan untuk mengetahui topik dan kata kunci yang paling banyak dibicarakan di internet. Cara menggunakannya adalah masuk ke halaman Google Trends, kemudian klik garis tiga di pojok atas, dan klik “Trending Searches”.

Topik-topik yang sedang banyak dibicarakan akan otomatis muncul dengan urutan sesuai popularitasnya. Tren ini dikategorikan sesuai hari.

3. Mengetahui Tren yang Akan Datang

Dengan mengetahui tren sekarang, baik topik maupun kata kunci, pengguna dapat menganalisis tren yang akan datang. Prediksi tren dapat dilakukan sesuai wilayah geografis maupun sesuai jenis atau kemiripan produk dan fenomena.

Demikian informasi mengenai pengertian dan cara menggunakan Google Trends, sekaligus kelebihan yang disediakan. Apabila dimanfaatkan dengan baik, Google Trends dapat membantu pemasaran produk secara online, terutama dengan metode algoritma SEO.

Leave a Comment