4 Cara Mengatasi Youtube Loading Terus dengan Mudah

Sebagai platform media online, Youtube merupakan salah satu aplikasi yang kini sering digunakan sehingga akan ada kalanya jika Youtube ini loading terus. Namun, sebenarnya, cara mengatasi youtube loading terus cukup mudah dan praktis.

Seperti yang telah diketahui bahwa, Youtube merupakan platform yang menyediakan berbagai jenis informasi. Sehingga, tak heran jika banyak yang memilih untuk menggunakan aplikasi ini.

Namun jika sedang mengalami Youtube yang hanya loading terus, lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut? Untuk itu, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

1. Bersihkan Cache dan History dari Aplikasi Youtube

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan cache dan juga history yang tersimpan di aplikasi youtube. Cara yang perlu dilakukan ini sebenarnya cukup mudah. Berikut beberapa langkah tersebut, diantaranya:

  • Buka menu pengaturan yang ada di smartphone.
  • Kemudian dilanjutkan dengan pilih menu “Aplikasi”.
  • Jika sudah, cari aplikasi youtube.
  • Dilanjutkan dengan pilih “storage”.
  • Pilih opsi “clear cache”.
  • Apabila sudah, buka aplikasi youtube lagi dan pilih opsi “library” yang ada pada menu “opsi library”.
  • Kemudian, pilih opsi “view All”.
  • Yang terakhir, silahkan pilih ikon yang bergambar titik tiga dan pilih opsi clear all watch history.

2. Perbaharui Aplikasi

Cara mengatasi youtube loading terus yang selanjutnya yakni dengan memperbaharui aplikasi tersebut. Adapun untuk memperbaharui aplikasi ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut diantaranya:

  • Buka aplikasi playstore yang ada di smartphone android. Sedangkan untuk iPhone bisa buka pada appstore.
  • Langkah selanjutnya, silahkan ketikkan “youtube” pada kolom pencarian tersebut.
  • Jika sudah, pilih opsi “update” pada tombol yang telah disediakan.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi youtube berhasil diperbaharui.
  • Jika sudah, buka kembali aplikasi youtube dan buka ulang video yang akan dilihat apakah masih loading atau sudah lancar.

3. Bersihkan RAM

RAM merupakan salah satu ruang penyimpanan yang biasanya terdapat dalam sebuah smartphone. Perlu diketahui bahwa, youtube merupakan salah satu aplikasi yang memakan banyak ruang.

Oleh karenanya jika terjadi loading terus pada aplikasi youtube, maka tidak ada salahnya untuk membersihkan RAM ini. Tentu hal ini bisa dilakukan melalui pengaturan smartphone pada ruang penyimpanan smartphone.

Sebaiknya kurangi beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai. Selain itu, usahakan ketika membuka aplikasi youtube tidak sambil membuka aplikasi lain yang dapat memberatkan smartphone untuk bekerja.

4. Perbaiki Jaringan

Hal paling penting yang perlu diperhatikan ketika mengakses sebuah aplikasi adalah terkait dengan jaringan yang digunakan. Jika ketika mengakses youtube tapi video mengalami loading terus, maka hal yang perlu diperbaiki adalah terkait dengan jaringan yang digunakan.

Jaringan yang dimaksud adalah internet yang sedang digunakan. Jika internet tersebut memang sedang dalam kondisi yang kurang stabil, maka sebaiknya cari tempat yang sekiranya bisa mempercepat koneksi internet tersebut.

Selain itu, hal yang bisa dilakukan selanjutnya yakni dengan mematikan data selama beberapa menit kemudian baru dihidupkan kembali. Bisa juga dengan memprioritaskan jaringan ke 4G LTE atau bahkan menggunakan aplikasi VPN untuk bisa mempercepat jaringan.

5. Lakukan Restart Smartphone

Apabila berbagai cara tersebut belum ada yang berhasil, maka cara selanjutnya yakni dengan merestart ponsel. Adapun cara yang perlu dilakukan cukup mudah yakni dengan menahan tombol power hingga muncul pilihan mulai ulang.

Pencet tombol tersebut dan tunggu beberapa saat sampai dengan ponsel kembali nyala. Coba buka ulang video youtube yang tadi mengalami loading.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi youtube loading terus yang dapat dilakukan dengan mudah dan juga praktis. Dalam uraian ini, telah diberikan beberapa opsi cara yang bisa dipilih salah satu untuk mengatasi hal tersebut.

Leave a Comment