5 Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android

Cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Jadi ketika menemui notifikasi tersebut tidak perlu terlalu khawatir.

Pada penggunaan browser chrome di hp android terkadang ada saja masalah yang terjadi. Salah satunya yang paling sering adalah muncul peringatan “situs ini tidak dapat dijangkau”. Ini terjadi karena beberapa penyebab.

Chrome memang menjadi aplikasi default yang biasanya sudah ada dalam perangkat android. Nah jika pada saat menggunakannya muncul pemberitahuan situs ini tidak dapat dijangkau, maka pengguna bisa coba cara-cara berikut ini untuk mengatasinya:

1. Reload atau Muat Ulang Halaman

Cara pertama yang paling umum jika pada chrome di android menampilkan notifikasi situs ini tidak dapat dijangkau adalah dengan reload atau muat ulang halaman tersebut.

Biasanya ketika membuka sebuah situs di chrome dan tertampil pemberitahuan situs ini tidak dapat dijangkau, disitu juga sudah muncul tombol reload / muat ulang. Pengguna bisa langsung saja klik atau tap tombol tersebut.

2. Periksa Koneksi Jaringan Internet

Untuk membuka situs tentunya membutuhkan koneksi jaringan internet. Jadi saat situs tidak bisa terbuka, ada kemungkinan terjadi gangguan pada koneksi internet yang sekarang sedang digunakan. Oleh karena itu coba cek koneksi jaringan yang sedang digunakan.

Bisa coba dengan membuka youtube atau yang lain. Jika sama-sama tidak bisa itu berarti memang ada masalah pada jaringan internet tersebut. Cobalah beralih misalnya dari koneksi seluler ke koneksi wifi atau sebaliknya.

3. Hapus Cache

Penumpukan cache dan download history biasanya juga akan mengakibatkan Chrome jadi susah untuk membuka situs. Jadi cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android selanjutnya adalah coba hapus cache dan history download pada browser chrome di perangkat android tersebut.

Caranya sangat mudah yaitu pada sebelah kanan atas tap ikon titik tiga, pilih Clear browsing data. Jika ingin menghapus semua tinggal klik saja Clear data. Pengguna bisa juga melakukan kustomisasi penghapusan dengan men-tap More options.

4. Beralih ke Mode Samaran

Chrome mempunyai fitur mode samaran atau incognito yang bisa digunakan untuk membuka situs secara anonim. Nah fitur ini bisa coba dilakukan sebagai cara untuk mengatasi jika pada laman chrome menampilkan notifikasi situs ini tidak dapat dijangkau.

Caranya sangat mudah yaitu tinggal tap titik tiga di kanan atas dan pilih New incognito tab. Browser chrome akan membuka tab baru dengan mode incognito dan tinggal masukkan lagi alamat situs yang tidak terjangkau tadi.

5. Cek Jumlah Tab dan Aplikasi yang Terbuka

Terlalu banyak tab yang terbuka juga bisa menyebabkan chrome terhambat untuk membuka situs lain. Jadi jika pada saat membuka sebuah situs muncul pemberitahuan situs ini tidak dapat dijangkau, coba cek jumlah tab yang terbuka dan tutup satu per satu tab tersebut.

Selain itu, terlalu banyak aplikasi yang terbuka juga akan membebani RAM hp untuk memproses perintah termasuk dalam mengeksekusi perintah chrome untuk membuka situs baru. Oleh sebab itu, cek jumlah aplikasi yang belum ditutup dan bersihkan semuanya kemudian coba lagi membuka situs di chrome.

Nah itulah tadi cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android yang sudah dijelaskan. Cara-cara tersebut bisa dicoba satu per satu jika satu cara yang dilakukan belum berhasil. Jika belum berhasil juga, bisa lakukan restart saja pada perangkat android tersebut.

Leave a Comment