Kenapa Google Map Tidak Jalan Saat Digunakan? Ini Alasan dan Solusinya

Ada beberapa alasan kenapa google map tidak jalan saat digunakan. Google Maps merupakan aplikasi yang sudah tidak asing untuk para pengguna smartphone, apalagi pengguna tersebut sering bepergian ke tempat asing.

Nah, aplikasi ini sangatlah berguna untuk menavigasi sebuah tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Dengan hanya mengirimkan koordinat titik sebuah lokasi yang akan dikunjungi, aplikasi ini dapat mengarahkan pengguna menuju tempat tersebut.

Namun, ada juga catatan yang harus diingat saat menggunakan google maps ini. Untuk menggunakan aplikasi google maps tentu harus mengetahui titik secara tepat agar tidak tersesat.

Walaupun hanya gambaran lokasi terdekatnya saja, hal tersebut tidak menjadi masalah. Aplikasi ini memang sangat membantu, akan tetapi semua yang terdapat kelebihan tidak menjadikan aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang sempurna.

Ada beberapa kendala yang mungkin terjadi saat menggunakan google Maps. Nah, mari kita ulas apa yang menjadi alasan kenapa google map tidak jalan saat digunakan beserta solusinya.

1. Koneksi Internet Bermasalah

Hal pertama yang sangat mungkin menjadi alasan google maps tidak bisa digunakan dengan semestinya adalah koneksi internet mungkin sedang bermasalah.

Coba periksa jaringan internet, apabila memang jaringan sedang buruk maka cobalah cari jaringan di tempat lain yang memiliki jaringan lebih baik.

Atau coba restart perangkat, karena bisa jadi perangkat sedang terkendala untuk mendeteksi jaringan. Dan bisa juga dicoba dengan menghidupkan mode pesawat lalu mengaktifkannya kembali.

2. Google Maps Membutuhkan Izin Lokasi

Aplikasi google maps ini membutuhkan kerja sama perangkat dan pengguna untuk mengaktifkan fitur GPS. Dan biasanya saat awal membuka aplikasi google maps ini, aplikasi tersebut membutuhkan izin untuk mengakses lokasi.

Ada kemungkinan mengapa google maps tidak bisa digunakan adalah karena perangkat tersebut belum mengaktifkan perizinan lokasi.

Untuk mengaktifkan izin lokasi ini, pengguna dapat mengaktifkannya melalui setting atau pengaturan lalu pilih menu aplikasi. Setelah itu klik kelola aplikasi dimana akan muncul beberapa aplikasi yang sudah terinstal di perangkat.

Cari aplikasi google maps dan klik perizinan aplikasi. Selanjutnya pilih lokasi lalu izinkan sepanjang waktu. Nah, coba sekali lagi untuk menjalankan google maps karena kemungkinan sudah bisa dijalankan lagi.

3. Mengalami Crash Karena Penyimpanan Penuh

Penyimpanan perangkat yang penuh bisa menjadi kemungkinan aplikasi google maps tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Aplikasi google maps ini merupakan salah satu aplikasi yang membutuhkan penyimpanan yang lumayan untuk mengakses geografis suatu wilayah.

Maka dari itu, jika penyimpanan pada perangkat sudah penuh bisa menyebabkan crash karena perangkat tidak memiliki storage untuk menyimpan data aplikasi.

Solusi dari masalah ini adalah bisa dengan mencoba menghapus cache dan data dari aplikasi google maps tersebut.

Atau bisa juga dengan menghapus beberapa data yang menyita banyak penyimpanan di perangkat. Mungkin ada beberapa file yang sudah tidak lagi berguna dan bisa dihapus.

Dan ada satu lagi cara untuk meringankan penyimpanan perangkat yaitu dengan menggunakan penyimpanan awan. Cobalah untuk mencadangkan data ke penyimpanan awan jika memang data data tersebut tidak rela untuk dihapus.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa google map tidak jalan saat digunakan beserta dengan solusinya. Terkadang sebuah perangkat baik smartphone maupun komputer seringkali kurang mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Namun, beberapa alasan dan solusi di atas bisa menjadi referensi jika mengalami beberapa kendala untuk menggunakan google maps. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment