Cara Menonton Youtube di Televisi yang Bisa Dicoba dengan Mudah

Ternyata ada cara menonton youtube di televisi agar dapat melihat dengan layar yang lebih lebar. Sekarang ini sudah banyak produk smart TV yang memudahkan penggunanya untuk mengakses televisi tersebut layaknya smartphone.

Biasanya smart TV sudah terdapat fitur aplikasi untuk menonton video atau musik secara online menggunakan koneksi wifi. Fitur fitur aplikasi tersebut salah satunya adalah youtube.

Bahkan untuk smart TV tidak hanya bisa menonton youtube dengan layar yang lebih lebar lagi. Ada juga aplikasi untuk menonton film seperti netflix, viu, weTV dan masih banyak lagi.

Namun, jangan khawatir jika masih belum memiliki smart TV. Karena ada juga cara lainnya untuk menonton video youtube melalui televisi ini. Nah simak caranya berikut ini.

1. Melalui Smart TV

Untuk menggunakan cara ini, pastikan untuk memiliki smart TV terlebih dahulu. Namun, ada lagi yang perlu dipastikan yaitu koneksi internet. Untuk menonton youtube di smart TV ini diperlukan koneksi internet yang tersambung ke smart TV tersebut.

Sebagian besar smart TV pasti sudah terdapat fitur aplikasi youtube ini tanpa harus mengunduhnya lagi. Maka dari itu langsung saja buka aplikasi youtube di smart TV tersebut.

Setelah berhasil membuka aplikasi youtube di smart TV, lanjut untuk login ke akun youtube. Masuk ke akun youtube bisa dilakukan secara manual melalui televisi dan bisa juga menggunakan smartphone masing-masing untuk lebih mudahnya.

Nah, setelah berhasil masuk ke akun youtube tersebut, pengguna sudah bisa langsung menonton video youtube melalui smart TV masing-masing.

2. Menggunakan Set Top Box

Sekarang ini pasti sudah banyak yang memiliki set top box di rumah. Pasalnya, untuk masyarakat yang belum memiliki televisi digital harus menggunakan set top box untuk bisa menonton TV lagi. Bahkan pemerintah pun juga sempat membagikan set top box kepada masyarakat yang kurang mampu.

Nah, cara menonton youtube di televisi menggunakan set top box ini bisa dilakukan dengan menghubungkan set top box ke televisi terlebih dahulu. Setelah itu sambungkan smartphone ke set top box menggunakan kabel USB.

Buka smartphone lalu masuk ke pengaturan, dan klik menu connectivity yang selanjutnya dapat dipilih menu hotspot and tethering. Setelah itu klik tethering USB dan aktifkan.

Pindah ke perangkat set top box, klik menu dan dan pilih sistem lalu lanjutkan untuk menuju ke pengaturan jaringan. Pastikan untuk perangkat sudah terhubung.

Kembali ke menu awal set top box dan pilih menu USB. Setelah itu klik internet dan lanjutkan untuk memilih youtube. Nah, sekarang televisi sudah bisa digunakan untuk menonton youtube melalui set top box.

3. Menggunakan Chromecast

Bagi yang belum mengetahui apa itu chromecast, chromecast merupakan adapter atau bisa juga disebut dongle HDMI. Biasanya chromecast ini sering digunakan pada HDTV.

Pastikan TV yang dimiliki memiliki port HDMI terlebih dahulu untuk menggunakan cara ini. Cukup memasangkan chromecast ini ke TV, youtube bisa ditonton melalui TV tersebut dengan dihubungkan pada perangkat.

Caranya adalah pasangkan chromecast pada port HDMI televisi dan sumber daya. Sumber daya bisa menggunakan adaptor ataupun port usb yang terdapat pada televisi.

Pada televisi tersebut, ganti input source ke dalam mode HDMI chromecast. Lalu instal chromecast melalui smartphone ataupun PC dan setting chromecast tersebut.

Buka aplikasi youtube pada perangkat yang digunakan, lalu pastikan untuk menyambungkan kedua perangkat dengan koneksi internet yang sama.

Dan pada aplikasi youtube klik icon cast dan pilih perangkat chromecast yang ingin disambungkan. Perangkat televisi sudah siap digunakan untuk menonton youtube.

Cara menonton youtube di televisi di atas bisa digunakan untuk menikmati video dengan layar yang besar. Semoga dapat bermanfaat ya.

Leave a Comment