Cara Mengetahui Nomor Rumah Lewat Google Maps dengan 2 Metode

Cara mengetahui nomor rumah lewat google maps di dunia yang sudah terdapat perkembangan teknologi yang serba canggih ini tidak sulit untuk dilakukan. Google maps menjadi aplikasi yang memang wajib dimiliki untuk beberapa masyarakat yang bekerja sebagai ojol, kurir, dan pekerjaan sejenisnya.

Tidak hanya untuk pekerjaan tersebut saja, namun banyak orang yang terbantu untuk mengunjungi dan menjelajah daerah-daerah yang baru saja dikunjungi. Karena google maps ini memang aplikasi yang dapat menampilkan segala informasi mengenai letak geografis dari seluruh dunia.

Dan untuk mencari alamat seseorang untuk pertama kalinya pun dapat dengan mudah dilakukan menggunakan aplikasi ini. Simak cara cara berikut untuk melakukan pencarian alamat menggunakan google maps berikut ini.

1. Melalui Informasi Ringkasan Alamat

Pertama, cara mengetahui nomor rumah lewat google maps ini bisa dilakukan dengan cara melihat alamat yang tertera pada google maps tersebut.

Pasalnya, nomor rumah ini sangatlah penting untuk mengetahui alamat seseorang dengan tepat dan sesuai agar cepat ditemukan. Untuk mengetahui nomor rumah tersebut, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi google maps yang sudah pasti ada pada smartphone karena termasuk salah satu aplikasi bawaan.
  • Masukkan alamat yang rumah yang ingin dituju tersebut ke mesin pencari.
  • Akan muncul beberapa alamat yang mungkin menjadi lokasi tujuan jika tidak memasukkan alamat yang spesifik, maka dari itu cari alamat yang sekiranya sesuai dengan lokasi tersebut dengan memperbesar ukuran layar google maps agar terlihat jelas.
  • Setelah muncul halaman lokasi yang ingin dituju tersebut, klik informasi alamat tersebut pada menu ringkasan.
  • Biasanya pop up detail informasi dari alamat rumah tersebut akan muncul secara otomatis.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui jika tidak menemukan nomor alamat yang ingin dituju tersebut.

Pertama, bisa jadi alamat yang sedang ingin dituju memang tidak memiliki nomor rumah, karena terkadang di daerah pedesaan tidak menggunakan nomor rumah namun menggunakan RT dan RW.

Yang kedua, google maps ini tidak selalu akurat dalam memberikan informasi lokasi sebuah rumah karena yang memasukkan alamat tersebut juga adalah manusia yang bisa salah dalam memasukkan informasi alamat.

Maka dari itu, jika tidak menemukan nomor rumah tersebut bisa langsung mengunjungi rumah yang ingin dituju tersebut agar mengetahuinya secara pasti.

2. Melalui Google Street View

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor rumah dari alamat yang ingin dituju ini adalah menggunakan google street view. Google maps sudah agak lama memberikan fitur street view ini.

Untuk yang belum tahu mengenai apa itu google street view, fitur google maps yang satu ini adalah fitur yang dapat menampilkan tampilan dari suatu alamat secara jelas seperti aslinya.

Bahkan penggunanya bisa merasakan sensasi seperti sedang berjalan jalan walaupun tidak menuju ke tempat aslinya, karena memang google street view ini memudahkan penggunanya untuk bisa melihat secara real penampakan dari tempat tersebut.

Agar tidak penasaran lagi bagaimana cara menggunakan google street view ini, simak cara berikut ini dengan seksama.

  • Buka aplikasi google maps pada smartphone.
  • Masukkan lokasi atau alamat yang sedang ingin dituju pada search engine google maps.
  • Akan otomatis muncul halaman dari alamat yang dituju setelah melakukan pencarian alamat.
  • Klik alamat yang sekiranya ingin dituju lalu pilih gambar yang terdapat pada informasi alamat tersebut.
  • Setelah gambar dipilih, terdapat beberapa baris menu yang salah satunya terdapat menu Street View 360°, pilih menu tersebut.
  • Selanjutnya akan diarahkan ke fitur google street view yang sesuai namanya, menggunakan fitur ini pengguna dapat melihat lingkungan melalui gambar yang dapat diputar 360°.
  • Cari tempat yang ingin diketahui nomor rumah tersebut, biasanya nomor rumah akan terlihat di depan rumah tersebut.

Sebagai catatan, saat ini ada beberapa tempat yang memang masih belum dapat diakses menggunakan google street view seperti pedesaan. Selain itu, ada juga rumah yang memang tidak memiliki nomor alamat.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memudahkan untuk memahami cara mengetahui nomor rumah lewat google maps dan menemukan alamat yang sedang dicari.

Leave a Comment