Cermati Penyebab Handphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Handphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya. Handphone menjadi benda yang wajib dimiliki saat ini. Keberadaannya sangat penting dan jika terjadi masalah pada handphone, banyak kegiatan yang terhambat. 

Masalah yang sangat sering dihadapi adalah handphone cepat panas saat digunakan. Apa penyebab handphone cepat panas dan bagaimana mengatasinya? Simak dalam uraian di bawah ini.

Hp android yang cepat panas bisa dikatakan sebagai masalah klasik, karena sudah muncul sejak dahulu. Masalah ini biasa dialami oleh pemilik hp dengan spek pas-pasan. 

Kendati demikian, hp android spek bagus bukan berarti bebas panas. Tergantung bagaimana pemakaian sehari-hari. 

Penyebab Handphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Handphone cepat panas dan cara mengatasinya

Penyebab handphone cepat panas dan cara mengatasinya bisa disimak berikut. 

Mengapa Handphone Cepat Panas ?

Bagaimanapun canggihnya sebuah teknologi handphone, tetap ada saja kekurangan yang mungkin menyertainya. Salah satunya adalah handphone cepat panas saat digunakan. Apa penyebabnya? Berikut beberapa penyebab handphone cepat panas: 

1. Bermain Game Terus Menerus

Saat handphone digunakan bermain game terus menerus tanpa jeda, maka bisa memicu mesin yang cepat panas. Selain cepat panas, perilaku ini juga akan menyebabkan handphone cepat rusak. Sebab, game-game berat akan membebani handphone sehingga cepat panas. 

2. Streaming Dalam Waktu Lama

Menonton video atau drama secara streaming memang mengasyikan. Tetapi, jika kegiatan ini dilakukan tanpa henti maka bisa menjadi penyebab handphone cepat panas. Dengan streaming terus menerus, maka handphone dipaksa untuk memuat data video dalam waktu lama sehingga bebannya sangat berat.

3. Pengaturan Handphone Yang Tidak Maksimal

Pengaturan handphone juga bisa menyebabkan mesin cepat panas. Contohnya pengaturan kecerahan layar. Jika diatur dengan pencahayaan maksimal otomatis akan menyerap daya sekaligus membebani kinerja CPU pada handphone. 

4. Keadaan Lingkungan

Selain faktor perilaku manusia, handphone juga bisa cepat panas akibat pengaruh cuaca dan suhu disekitarnya. Di musim panas dimana suhu udara cenderung tinggi, jangan letakkan handphone di dekat jendela atau di dalam mobil tanpa menyalakan AC. Suhu yang panas akan langsung mempengaruhi handphone menjadi ikut panas.

5. Aplikasi Jadul

Jika pemilik handphone menggunakan banyak aplikasi tetapi tidak pernah melakukan pembaharuan, hal ini akan membebani kinerja CPU. Dengan demikian handphone jadi cepat panas. Aplikasi yang tidak pernah diperbaharui akan menimbun bug sehingga kinerja prosesor handphone semakin berat.

6. Software Tidak Pernah Diperbaharui

Bukan hanya aplikasi yang butuh pembaruan, software pun membutuhkan pembaharuan agar selalu mendapatkan penyegaran. Dalam OS yang tidak pernah diperbaharui terdapat banyak cache dan bug yang akhirnya akan merongrong kinerja CPU. Hal inilah yang menjadi penyebab handphone panas bahkan rusak.

7. Menggunakan Handphone Sambil Di Charge

Ini adalah perilaku berbahaya yang dapat memicu kerusakan pada Handphone. Menggunakan handphone dengan kondisi kabel daya tersambung akan meningkatkan suhu pada CPU. Hal ini sekaligus akan merusak baterai sehingga baterai handphone akan menjadi boros. 

Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas

Setelah mengetahui apa saja penyebab handphone menjadi cepat panas, maka pengguna dapat mengambil langkah antisipasi atau pencegahan. Apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi handphone agar tidak cepat panas? Lakukan langkah berikut ini:

  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan, selain menurunkan suhu handphone hal ini juga dapat menurunkan penggunaan daya sehingga baterai lebih awet.
  • Jangan bermain game terus menerus dalam jangka waktu lama. Hentikan kebiasaan bermain game tanpa jeda jika ingin handphone tetap terjaga dan tidak cepat rusak.
  • Selalu perbarui aplikasi dan software, hal ini untuk menghilangkan bug di dalam aplikasi dan software yang akan mengganggu kinerja CPU.
  • Jangan menaruh handphone dalam suhu yang panas seperti dalam mobil, dekat jendela, atau diatas peralatan elektronik.
  • Hentikan kebiasaan menggunakan handphone sambil di charge.
  • Jangan menonton video dalam waktu yang lama tanpa jeda, jika ingin menggunakan handphone untuk streaming jedalah dalam waktu tertentu dan istirahatkan handphone sejenak.

Demikian ulasan mengenai penyebab handphone cepat panas berikut cara mengatasinya. Mulai sekarang, hentikan kebiasaan buruk yang dapat memicu handphone jadi cepat rusak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment