Begini Cara Cek Kuota Internet Smartfren Paling Gampang

Cara cek kuota internet smartfren. Berbicara tentang internet, paket kuota selalu dibutuhkan oleh kebanyakan orang zaman sekarang. Pasalnya, hampir semua kegiatan dilakukan dengan cara online yang membutuhkan internet. 

Perdana Smartfren adalah salah satu pilihan masyarakat karena terjangkau.Sebagai pengguna, mungkin ada yang belum mengetahui cara cek kuota internet Smartfren.

Dibanding provider lain, Smartfren terbilang paling murah dalam menawarkan kuota internet. Tak ayal banyak pengguna memilihnya. 

Selain murah, Provider satu ini mempunyai jaringan 4G yang kuat. Hanya saja masih belum mencapai wilayah pelosok, sehingga hanya beberapa kota besar yang dapat menikmati layanannya.

cara cek kuota internet smartfren

Cara cek kuota internet smartfren

Mengapa Harus Cek Kuota Internet?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, cara cek kuota internet Smartfren, mungkin pengguna ada yang belum mengetahui kenapa hal tersebut perlu dilakukan. Bagi pengguna yang membeli kuota dengan batasan. Misal 12GB yang dapat dipakai selama sebulan, maka harus rutin mengecek.

Pernah kehabisan pulsa secara tiba-tiba padahal tidak digunakan? Kemungkinan besar hal itu terjadi karena kehabisan kuota, tetapi tetap berselancar di internet. Karena paket data yang sering dipakai akan cepat habis. 

Walaupun bisa juga karena kesalahan teknis. Namun kejadian demikian jarang sekali terjadi pada provider Smartfren.

Mengecek kuota internet berguna juga untuk mengetahui seberapa lama masa pemakaian. Sebab setiap pengguna mempunyai aktivitas yang berbeda, sehingga menghindari kehabisan kuota. Serta mempersiapkan dana khusus internet tiap bulan.

Simak Cara Cek Kuota Internet Smartfren

Mengecek kuota internet smartfren tidaklah sulit. Pengguna bisa memilih berbagai cara tanpa perlu kesusahan. Sekalipun tidak mempunyai penyimpanan untuk mengunduh aplikasi, provider Smartfren menawarkan pengecekan melalui cara di bawah ini:

1. Lewat SMS

Metode pertama dilakukan dengan mengirim pesan ke 995 dengan kode ‘CEK’ di kolom tulisan. Setelah itu, pengguna akan langsung mendapatkan sms balasan dengan sangat cepat. Pesan tersebut akan menjelaskan secara rinci sisa kuota pengguna dan masa berlaku. Cara ini juga tidak dipungut biaya.

2. Dial UP

Ingin mengecek kuota sekaligus mencari penawaran paket internet lain, pengguna bisa melakukan panggilan ke *955#. Ikuti petunjuk yang diminta untuk cek sisa kuota. Karena biasanya terdapat beberapa pilihan menu lain, seperti paket kuota, cek pulsa, dan lainnya.

3. Aplikasi

Layanan provider juga tersedia di Google Play Store. Pengguna tinggal mencari MySmartfren di kolom pencarian, kemudian di download. Selanjutnya, masuk ke aplikasi dan masukkan nomor yang digunakan untuk mendaftar.

Jika sudah, pada menu ‘paket saya’, pengguna akan menemukan semua informasi secara detail. Misal nomor, masa aktif kartu, jenis kuota, dan banyak lainnya. Bahkan jumlah poin serta hadiah yang bisa ditukar.

Cara cek kuota smartfren lewat aplikasi adalah yang paling mudah dan simpel dibandingkan lainnya. Anda hanya perlu membuka aplikasi, maka informasi yang dibutuhkan langsung ditampilkan. 

4. Website

Cara lain yaitu dengan mengunjungi situs provider di my.smartfren.com. Cukup masukkan alamat email serta password untuk melihat detail sisa kuota. Kalau belum mempunyai akun, sebaiknya daftar lebih dulu dengan mengisi seluruh data yang diminta.

5. Telepon Seluler

Tahukah pengguna bahwa mengecek kuota internet Smartfren juga bisa dilakukan dengan menelpon seluler di 999? Ternyata cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Tinggal menekan nomor tersebut, lalu panggil. Tunggu sebentar kemudian tekan angka 1 pada keyboard perangkat. Operator akan menjelaskan dengan detail sisa kuota pengguna.

Demikian informasi beberapa pilihan cara cek kuota internet Smartfren. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah. 

Hanya saja mungkin bagi pengguna yang tidak mempunyai cukup ruang penyimpanan akan memilih cara lain selain menggunakan aplikasi. Semoga dengan banyaknya pengguna, provider bisa menambah jangkauan layanan.

Leave a Comment