Cara Melihat Kapasitas dan Sisa Memori di Realme 3 / Pro

Kapasitas memori internal smartphone Realme yang besar bisa dipakai untuk berbagai keperluan penyimpanan, seperti dapat menginstall banyak aplikasi, Leluasa merekam banyak Video dan berfoto selfie tanpa memerlukan Ruang penyimpanan tambahan seperti Kartu MicroSD atau Flashdisk dari koneksi OTG.

Melihat sisa dan kapasitas memori Realme

Meskipun pemilik HP Realme kala pertama membeli sudah membaca spesifikasi kapasitas internal memorinya, Baik itu Seri Realme 3 dengan 32 GB / 64 GB dan Seri 3 Pro kapasitas 64 GB dan 128 GB, namun pada masa pemakaiannya tentu berkurang kapasitasnya seperti untuk data aplikasi, Foto, video, File Download dan lain sebagainya.

Di setiap tipe smartphone, seperti halnya HP Realme 3 dan seri 3 Pro pasti memiliki fitur dan opsi untuk melihat kapasitas ruang penyimpanan, baik itu Total dan sisa Memori di internal dan Eksternal (kartu MicroSD). Simak tips : Cara menghilangkan Pemberitahuan HP Realme saat Layar terkunci.

Cara Melihat Sisa Memori di HP Realme 3 / Pro

  1. Langkah pertama Buka menu Pengaturan
  2. Kemudian buka “Pengaturan Tambahan
  3. Masuk ke opsi “Penyimpanan” yang letaknya di bagian atas sendiri
  4. Di halaman menu penyimpanan, akan terlihat Total memori, kapasitas yang terpakai dan yang masih tersedia untuk digunakan

Menu penyimpanan di HP Realme 3 dan 3 Pro

Di bawah informasi kapasitas memori penyimpanan yang ada di HP Reale 3 dan 3 Pro tersebut di bagian bawahnya ada deretan aplikasi yang terinstall di ponsel.

Dimana bila anda coba masuk ke salah satunama aplikasi tersebut, maka akan tertera informasi besarnya ukuran File dan datanya. Bahkan anda juga dapat langsung membersihkan cache memori serta melakukan pencopotan aplikasi dari menu tersebut.

Kesimpulannya, meskipun sudah dibekali dengan slot memori Eksternal untuk letak kartu MicroSD dan dukungan USB OTG namun urusan besarnya memori yang sudah tergolong besar di ponsel Realme 3 / Pro bisa kita pending dahulu untuk memasang kartu SD di kemudian hari bila diperlukan.

Dan yang perlu diingat, semakin banyak file yang tersimpan, entah itu aplikasi maupun file lainnya, akan semakin memperlambat kinerja sistem di smartphone.

Baca Juga: Cara Setting Internet APN di HP Realme dan bagi anda yang suka selfie coba simak tips pengaturan kamera Depan Realme 3 / Pro dengan fitur Selfie Flip.

Usahakan internal memori (ROM) tidak terlalu penuh terisi berbagai file foto, video dan aplikasi. Biasakan memindah beberapa file ke penyimpanan eksternal supaya performa smartphone tetap terjaga dan tidak lemot.

Semoga pembahasan singkat tentang cara melihat sisa dan kapasitas total penyimpanan di HP Realme 3 dan 3 Pro diatas bermanfaat untuk pembaca DuniaAndroid.com semua, terima kasih.

Leave a Comment