2 Cara Screenshot di Redmi Note 7 dan Seri 7 Pro

Bagi pemilik HP Adroid tipe Redmi Note 7 yang masih awam tentunya ingin mengetahui berbagai fitur didalamnya, salah satunya adalah memotret gambar yang sedang tampil di layar atau istilah kerennya Screenshot. Meskipun Mudah, namun bagi yang baru saja mengenal smartphone Xiaomi pastinya juga bingung bagaimana caranya.

Screenshot Redmi Note 7 dan 7 Pro
Redmi Note 7

Seperti diketahui bahwa Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 yang jadi pesaing berat ponsel Realme 3 Pro memiliki spesifikasi apik dan yang mirip level flagship meskipun harganya sangat ramah dikantong. Baca: Cara memasukkan akun Email Google di HP Redmi Note 7 / Pro

Untuk seri Redmi Note 7 dengan RAM 3 GB serta kapasitas memori 32 GB dibanderol hanya 2,3 Jutaan Rupiah di Beberapa toko gadget, meskipun pada situs resmi Xiaomi Indonesia HP ini dilabeli seharga Rp 1.999 Ribu saja. Sedangkan harga Note 7 RAM 4 GB- ROM 64 GB di kisaran Rp 2,8 Jutaan.

Adapun fitur tangkapan layar atau screenshot sudah ada sejak lama di setiap Ponsel android, Namun pada setiap tipe dan user interface yang dibawanya memiliki perbedaan melakukan jepretan gambar di tampilan layar.

Ada 2 cara paling mudah untuk screenshot di HP Redmi Note 7 dan tipe Note-7 Pro yaitu mode manual dari tombol kombinasi dan juga menggunakan fitur gesture atau usapan tiga jari di layar.

Cara Screnshot HP Redmi Note 7 dengan Tombol

Adapun cara screen capture atau memotret gambar di layar HP adalah dengan metode paling klasik menggunakan kombinasi tombol power dan Volume. Hampir semua merek HP Android apapun tipenya bisa melakukannya.

  1. Pertama pilih area tampilan yang ingin di potret
  2. Lalu secara bersamaan tekan tombol Power dan volume bawah, tahan sekitar 2 detik.
  3. Bila ada suara jepretan kamera atau shutter, maka screenshot berhasil dilakukan.
  4. Anda bisa melihat hasilnya langsung sesaat setelah tangkapan layar berupa gambar kecil (Thumbnail) yang ada di pojok kanan atas layar.
  5. Namun bila ingin melihat semua hasil tangkapan gambar, maka masuk ke menu Galeri persisnya berada di folder ‘Screenshot’
folder screenshot redmi note 7

Cara Screenshot Redmi Note 7 / Pro dengan Tiga jari

Cara ini termasuk paling mudah menurut saya, karena tingkat kegagalannya minim. Kita hanya mengandalkan usapan tiga jari di layar dan seketika itu pula foto akan tersimpan di folder screenshot. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

screen capture 3 jari

  1. Pertama tentu pilih area mana yang ingin di captur
  2. Lalu usap layar dari posisi atas ke bawah menggunakan 3 jari tangan anda
  3. Untuk posisi usapan jangan terlalu paling atas karena itu tempat Notifikasi dan menu Opsi berupa drop-down. Posisikan agak ke bawah sedikit tampilan atas lalu usap ke bawah.
  4. Untuk melihat hasilnya sama seperti pada metode tangkapan layar menggunakan tombo fisik diatas.

Tampilan thumbnail hasil tangkapan layar

Semoga pembahasan tentang cara memotret tampilan layar di HP Xiaomi Redmi Note 7 dan Redmi 7 Pro diatas bermanfaat bagi pembaca semua. (Simak juga cara menjalankan 2 aplikasi dalam 1 layar di HP Redmi Note 7 atau biasa disebut dengan Split Screen)

Leave a Comment