Bagaimana Ciri-Ciri Facebook Dibajak Orang dan Cara Mengamankannya

Sebagai media sosial terpopuler untuk pengguna Smartphone dan PC Facebook memang tidak lepas dari aktifitas keseharian penggunanya. Bahkan bisa dikatakan kalau tidak membuka FB seakan kurang lengkap dan terkadang tidak kenal waktu saat membuka aplikasinya.

Terlepas dari itu semua, banyak penggunanya yang merasa was-was akan keamanan akun miliknya, seperti khawatir Facebook dibajak orang lain atau dijalankan di perangkat berbeda tanpa sepengetahuan si pemilik akun. Dan pastinya kita semua tidak ingin privasi di dalam aplikasi FB dilihat orang lain seperti kotak inbox messenger dan juga update status yang kita miliki.

Ciri-Ciri FB dibajak Orang Lain

Adapun tanda-tanda akun anda sedang dijalankan diperangkat lain salah satunya adalah sebagai berikut:

  • Akun Messenger terlihat aktif saat dilihat di FB teman anda
  • Ada aktifitas update status bukan dari anda sendiri
  • Balon Notifikasi selalu berubah saat anda tidak membukanya
  • Notifikasi Inbox hilang padahal belum kita buka dan baca

Namun jangan khawatir, ternyata ada tool khusus yang sudah disediakan oleh pihak facebook dan include didalam aplikasi untuk mengetahui siapa saja yang login dengan akun FB kita dan sedang menjalankannya dari perangkat lain. Untuk lebih detailnya, silahkan Langkah melihat dan mengamankan Facebook dari pembobol akun berikut ini:

Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat ingin mengetahui apakah ada orang lain yang sedang menjalankan akun FB kita yakni dengan melihat status aktifnya.

Seperti diketahui, bahwasanya setiap kali kita menjalankan dan login Facebook, entah itu dari smartphone ataupun Komputer, maka akan tampak aktif saat dilihat di messenger Facebook Teman kita, dengan ditandai Titik warna Hijau dan tulisan aktif dibawahnya.

Jadi, coba tanyakan ke teman terdekat anda, yang terhubung dengan akun anda, apakah posisi akun kita sedang aktif atau setidaknya ada tulisan aktif beberapa menit atau Jam yang lampau.

Baca Juga : Cara mengatasi Gagal membuka Komentar di FB dan tips Mengunduh Video di Facebook tanpa aplikasi tambahan dengan mudah dan cepat.

Bila anda merasa tidak sedikitpun membuka FB di saat tertentu dan posisi saat teman anda melihat anda aktif, bisa dipastikan ada yang menggunakan dan menjalankan (membajak) akun FB sobat.

Adapun Cara untuk melihat siapa yang sedang mengakses facebook kita, adalah sebagai berikut:

a. Buka aplikasi FB, setelah itu masuk ke opsi menu yang ada di bagian kanan atas

b. Pada Menu Keamanan, masuk ke opsi “Keamanan dan Login

Pengaturan keamanan login FB

c. Di sana ada beberapa opsi, Lihat ke menu “Tempat anda Login“, Disana akan terlihat perangkat yang sedang aktif dan juga jejak Sistem apa saja yang baru saja aktif menggunakan nama akun anda.

mengeluarkan pembajak akun FB

d. Untuk mengeluarkan orang yang membajak Facebook kita, klik pada tanda titik tiga di bagian kanan, lalu tekan tombol keluar.

e. Setelah mengeluarkan orang yang menjalankan FB anda tanpa permisi, selanjutnya untuk keamanan silahkan ganti kata sandi dengan yang baru agar si pembajak tidak dapat login lagi ke akun anda.

Simak juga: Tips Agar terlihat Offline saat aktif di Facebook Lite 


Cara Mengubah Password Facebook

Adapun langkah yang paling disarankan sesaat setelah anda mengeluarkan pembobol akun anda yakni mengganti kata sandi, Caranya sebagai berikut:

a. Tetap pada menu Keamanan di Facebook, masuk ke opsi “Ubah Kata sandi

b. Masukkan sandi anda yang lama, lalu buat sandi yang baru dan jangan lupa klik simpan.

b. Bila ada pemberitahuan apakah ingin keluar dari semua perangkat ?, klik saja keluar atau setujui, agar semua perangkat yang sedang login dan aktif saat itu akan logout secara otomatis

c. Untuk masuk lagi di aplikasi, login dengan password yang baru anda buat.

Cara Mendapat Peringatan Login

Ada cara lain untuk mengamankan Facebook supaya tidak dibobol orang lain, yakni dengan mengaktifkan peringatan saat ada Smartphone atau perangkat lain yang berhasil masuk ke akun kita, Langkahnya sebagai berikut:

a. Pada opsi Keamanan dan Login, tepatnya di bagian Penyiapan Keamanan Ekstra, masuk ke opsi “Dapatkan peringatan tentang login tidak dikenal

peringatan login FB dari SMS Email dan Messenger

b. Selanjutnya anda bisa memilih apakah ingin memperoleh notifikasi dari SMS, Messenger atau notifikasi FB.

c. Bila ingin mendapat peringatan Login FB dari Email atau SMS, masukkan alamat email dengan mengakses opsi “Tambahkan Email atau Nomor Selular lainnya

d. Setelah langkah diatas, kita akan merasa aman saat ada seseorang yang ingin mengakses FB kita karena langsung ada pemberitahuan dari pihak facebook.

Demikianlah ciri-ciri dan cara mengatasi pembobol / pembajak akun facebook, semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan dengan mudah, terima kasih.

Leave a Comment