Cara Menemukan dan Lacak HP Samsung Hilang, Tutorial Lengkap!

Tips Lengkap, Cara Melacak dan Menemukan Lokasi HP samsung Hilang. Bagi pengguna HP Samsung Galaxy yang mengalami kejadian kehilangan, Ponsel dicuri, HP terjatuh di jalan dan lain sebabnya bisa menyimak tips yang akan admin Dunia Android bagikan kali ini. Tentunya tips ini nanti akan membahas secara rinci bagaimana langkah antisipasi, ketika ponsel sudah hilang dan apa yang harus dilakukan pertama kali untuk menemukan / Tracking kembali HP kesayangan tersebut.
Cara Menemukan Android Samsung Hilang
Teknologi Android yang canggih tidak hanya berfungsi mempermudah aktifitas keseharian, tapi ketika ponsel hilang pun tetap bisa dicari dan dilacak posisinya dan harapannya tentu ponsel bisa kembali ke tangan pemiliknya.

Jadi ada dua cara mudah tracking Ponsel Hilang dan menemukan posisinya yakni dengan Google Find Device yang dulunya disebut ADM (Android Device manager) dan juga memanfaatkan pelacak dari pabrikan Samsung.

Untuk Pemilik smartphone android Samsung Galaxy seperti Seri J, seri S, M Series, A series dan selainnya sudah sangat lengkap menu yang ada di sistem untuk menemukan ponsel ketika hilang. Begitu juga untuk seri yang lain juga masih bisa menggunakan sistem pelacakan HP yang hilang tersebut dengan mudah karena memang secara default sistem android sudah menyediakan opsi-opsi untuk proses pelacakan dan melakukan remote jarak jauh terhadap ponsel terhadap smartphone yang hilang.
Langkah Antisipasi sebelum Kehilangan Ponsel
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pengguna smartphone Android Samsung dan apapun itu merek ponselnya untuk menjamin keberhasilan proses pelacakan posisi HP yang hilang, seperti mengaktifkan ijin lokasi dan tentu saja minimal harus sudah mempunyai akun Google (GMAIL) dan juga Akun Samsung sebagai akses masuk ke dalam server dan sistem pelacakan.
Bagi anda pemilik smartphone Samsung Galaxy J maupun S dan sejenisnya, tentu saja sudah mempunyai akun Google yang terdaftar di ponsel sebagai akses masuk ke berbagai produk google seperti Play store, Email, Maps, dan aplikasi lainnya.
Cara Membuat Akun Samsung
Anda pengguna HP samsung admin rekomendasikan untuk mempunyai akun Samsung karena kedepannya bisa digunakan untuk melacak smartphone android Samsung yang hilang. Bila belum tahu cara daftarnya simak tipsnya di bawah ini :

Baca Juga

1. disini admin memberikan tips daftar akun samsung via browser di android, jadi anda bisa membuka browser kesukaan seperti Chrome, Opera, firefox atau bahkan browser bawaan Samsung sendiri.
2. Masuk ke alamat pendaftaran akun samsung di : https://account.samsung.com
cara mendaftar dan buat akun samsung
3. Setelah masuk, di antarmuka halaman pertama klik tombol ‘SIGN UP’
4. Di halaman selanjutnya silahkan centang beberapa opsi persetujuan, kemudian klik tombol Setuju, maka akan dialihkan ke halaman pembuatan akun samsung.
5. isi dengan alamat email yang anda punya, paling mudah adalah alamat akun GMAIL yang sama dengan email yang anda gunakan di ponsel android saat ini. Tulis juga password setelah itu klik tombol ‘berikutnya’ sampai akun anda siap untuk digunakan.
Untuk Melakukan pelacakan HP Android secara umum berbagai tipe dan merek dengan menggunakan akun Google dan Tool ADM (Android device manager) bisa sobat baca di artikel : Cara Melacak HP Android Hilang, Semua Tipe!
Cara Setting Kendali jarak jauh HP Samsung
Setelah anda mempunyai akun samsung, sekarang saatnya melakukan setting Remote access ponsel yang fungsinya untuk memberi ijin kepada sistem agar nantinya bila ponsel hilang bisa dilacak dari perangkat lain seperti komputer (Laptop) atau ponsel android yang lainnya.
Simak tips mengaktifkan kendali jarak jauh untuk ponsel Samsung Galaxy berikut ini:
1. Masuk ke menu ‘pengaturan‘ HP samsung kemudian masuk ke opsi ‘Layar Kunci dan keamanan
Cara Setting Kendali jarak jauh HP Samsung
2. di halaman berikutnya masuk ke opsi ‘temukan ponsel saya’
3. Nah, disini anda harus masuk dahulu ke akun Samsung yang anda punya, silahkan masukkan username dan password samsung account yang tadinya anda buat kemudian klik tombol ‘konfirmasi
4. Bila proses masuk benar maka anda akan melihat opsi yang nantinya harus diaktifkan, yaitu ‘Kendali jarak jauh’ dan juga ‘Layanan Lokasi Google‘, silahkan geser slider keduanya sampai berwarna biru yang berarti aktif.
aktifkan kendali jarak jauh samsung
5. Untuk opsi ‘layanan lokasi google‘ bisa saja anda nonaktifkan namun admin merekomendasikan untuk mengaktifkannya juga karena nantinya anda mempunyai 2 opsi yang bisa digunakan untuk melacak ponsel samsung yang hilang yaitu layanan milik google dan juga milik pihak Samsung.
Cara melacak Posisi HP Samsung yang Hilang
Nah sekarang saatnya membahas tentang topik utama yaitu bagaimana cara melacak posisi ponsel yang hilang, terjatuh atau bahkan dicuri oleh orang lain. Catatan: Sebaiknya ketika anda keluar rumah dan membawa serta ponsel, selalu aktifkan koneksi data internet dan juga akses lokasi GPS, hal ini untuk berjaga-jaga bila suatu saat tanpa anda sadari ponsel dicuri atau terjatuh agar proses pencarian ponsel hilang bisa dilakukan seccara akurat letak serta posisinya sebelum si penemu melakukan proses reset maupun flashhing ulang sistem.
Simak tips di bawah ini cara melihat dan menemukan posisi HP Samsung yang hilang:
1. Silahkan Buka Aplikasi Browser di ponsel anda, karena HP telah hilang admin asumsikan anda pinjam ke teman atau bisa juga menggunakan Laptop (PC) dan mengaksesnya dari Browser.
2. Silahkan masuk ke alamat situs pelacakan HP samsung di : https://findmymobile.samsung.com/
melacak ponsel samsung galaxy hilang
3. di layar utama situs pencari ponsel hilang milik samsung tersebut, masuk ke opsi ‘Mencari‘, klik tombol masuk
4. Masukkan ID atau username akun samsung dari ponsel yang hilang dan juga kata sandinya kemudian klik tombol masuk
5. Akan ada halaman persetujuan, bisa nada baca atau tidak terserah, kemudian lanjut
6. Bila berhasil masuk, pilih nama ponsel yang ingin anda lacak. Di gambar contoh saya mempunyai 2 ponsel Samsung dengan tipe berbeda namun menggunakan akun samsung yang sama, walau salah satunya sudah tidak digunakan tetap ada di list yang tertera, jadi pilih ponsel aktif yang ingin dilacak kemudian tekan ‘ok’
melacak hp samsung hilang
7. Untuk melihat letak posisi HP yang hilang silahkan pilih tombol ‘mencari’ yang nantinya akan ditampilkan di peta (Maps) letak HP. Catatan : bila ponsel yang hilang masih aktif dan menyala sambungan internetnya maka tampak dilayar bila ponsel bergerak dari posisinya juga akan terlihat, jadi anda bisa langsung mencarinya. Namun bila data internet atau ponsel mati saat dilakukan pelacakan maka akan tampil keterangan waktu terakhir kali posisi ponsel terlacak.
opsi kendali jarak jauh samsung
8. Untuk mengendalikan dengan metode remote maka pilih opsi ‘Kendali Jarak Jauh’, dimana nantinya pemilik HP Samsung bisa melakukan kendali dari perangkat lain terhadap ponsel yang hilang seperti :

Baca Juga

  • Deringkan Perangkat Saya, Fungsinya untuk membuat ponsel yang hilang tersebut berdering dengan nada keras dengan level maksimal walau dalam kondisi settingan ‘senyap’ sekalipun masih bisa berdering.
  • Kunci Perangkat Saya, untuk opsi ini anda bisa melakukan penguncian sistem android jarak jauh dan tidak akan bisa dibuka oleh orang lain selain anda yang membukanya nanti.
  • Hapus Perangkat Saya, fungsinya untuk menghapus seluruh data yang ada di HP yang hilang termasuk kontak, galeri, dokumen dan lain sebagainya bisa hilang bila anda lakukan perintah penghapusan jarak jauh.
  • Memperpanjang masa pakai Baterai, opsi ini sangat berguna bila anda ingin daya baterai di ponsel yang hilang tidak lekas habis dan masih bisa memperpanjang waktu pelacakan.
Selain fungsi diatas, ada juga fungsi Ambil Log, Atur Wali, dan juga opsi membuka kunci perangkat.
Pertanyaannya, Bagaimana bila HP Android Samsung saya waktu terjatuh tidak aktif koneksi internetnya apakah masih bisa terlacak?, jawabannya masih bisa, nantinya ketika ponsel dinyalakan dan diaktifkan kembali datanya oleh si penemu akan langsung bisa dilacak kembali.
Pertanyaan kedua, apakah bila si pencuri ponsel (misalnya) melakukan reset dan menghapus akun yang ada di ponsel samsung saya, apakah bisa ditemukan kembali?, jawabannya tidak dan sanbat sulit menemukan HP yang akun didalamnya sudah terhapus dan seluruh settingan kembali direset karena pengaturan sistem akan kembali ke defaultnya dan akses lokasi juga masih belum menyala.
Sekian dulu tips yang bisa admin DuniaAndroid.com berikan kali ini, semoga tips cara melacak HP Android Samsung yang hilang diatas bisa bermanfaat dan untuk pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.

Leave a Comment