Cara Ubah Sandi WiFi Router Tenda dari HP Android

Ada dua tipe akses sandi atau password di Router Tenda pada umumnya, yaitu merubah sandi Login ke dasboard utama dan juga mengganti password wireless (WiFi) Hotspot. Dimana bila keduanya rutin diubah, maka akan meminimalisir pembobol dan penyusup jaringan WiFi.

tips setting password Tenda dari android

Merubah password hotspot di router merek Tenda sepsrti tipe N300, Tenda N301, F3 dan beberapa yang lainnya sangat mudah dilakukan apabila kita sudah dapat mengakses IP Router untuk menampilkan halaman antarmukanya.

Di halaman Router Tenda tersebut ada menu setelan WiFi, Setting IP, Fitur keamanan Wireless, Melihat daftar klien yang terhubung ke hotspot WiFi, Mereset Router dan beberapa fungsi lainnya.

Bila anda memiliki router merk Tenda N300 atau N301 dan semisalnya bisa mengamankan sandi hotspot WiFi dengan rutin mengubahnya. Begitu juga untuk akses IP Router juga harus diubah agar saat ada orang yang sudah terhubung ke jaringan WiFi tidak bisa login ke IP routernya.

Baca Juga:

Cara Ubah Sandi Hotspot Tenda dari Android

Bilamana sobat tidak mempunyai Laptop atau Komputer untuk mengakses Router Tenda, maka bisa menggunakan smartphone iPhone atau Android. Mari simak tipsnya:

  • Sambungkan posel Android ke jaringan WiFi tenda
  • Setelah itu, bukalah aplikasi browser bawaan HP, atau bisa menggunakan browser lain semisal Opera, Chrome, Safari dan lainnya.
  • Kemudian ketik alamat IP Router yaitu 192.168.0.1 (Default), Bila gagal Coba dengan IP 192.168.1.1
login IP ROUTER TENDA
  • Bila browser sudah terbuka, ketik pada kolom address / alamat dengan Alamat default IP Router Tenda yakitu Nama pengguna: admin, dan Sandi: admin (dengan huruf kecil)
  • Bila berhasil masuk, maka akan terbuka halaman utama router. Lihat bagian bawah ada menu Wireles Security Setup. Silahkan ubah sandi hotspot di kolom security dan sesudah itu klik tombol OK
Anda bisa juga masuk ke Opsi Advanced untuk mengubah password Wifi, kemudian mauk ke Tab “Wireless” > Wireless Security. Disana sobat dapat mengganti sandi hotspot dan jangan lupa menekan tombol OK untuk menyimpan settingan.
Ubah sandi tenda wifi

Setelah mengubah password hotspot, nantinya koneksi WiFi di ponsel android juga akan terputus. Untuk menyambungkan ulang, masukkan sandi baru yang anda buat tadi.

Cara Ubah Sandi Login Router Tenda

Bila ingin mengamankan router dari ulah pembobol yang coba-coba mereset ulang atau mengubah pengaturan jaringan tanpa anda ketahui, silahkan ganti password login tenda.

  • Sama seperti tips diatas, Buka Browser di smartphone
  • Masukkan alamat IP bawaan Tenda 192.168.0.1
  • Username: admin , Password:admin (user dan sandi asli bawaan router)
ubah sandi login tenda
  • Setelah berhasil masuk, klik pada opsi Advanced (tulisan warna merah)
  • Kemudian klik pada tab “Tool“, lalu masuk ke opsi “Change Password
  • Pada tulisan Old password, masukkan sandi login yang lama yakni admin
  • Kemudian di bawahnya New Password isi dengan sandi baru, ulangi penulisannya pada confirm New password
  • Setelah itu Klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan

Bagaimana Bila Lupa password Login di Router Tenda ?

Kalau memang problemnya lupa akses masuk ke IP Router yakni lupa kata sandinya, maka cara paling disarankan adalah dengan Reset ulang router.

Untuk mereset ulang router bisa dilakukan dari tobol Reset yang ada di belakang bodi. Tekan selama lebih kurang 10-20 detik, Bila semua lampu indikator menyala bersamaan maka reset sedang berlangsung.

Setelah proses reset, router Tenda akan kembali ke settingan bawaan pabrik dan siap untuk disetting lagi pengaturan jaringannya.

Leave a Comment