Cara Lihat Jumlah Pengguna WiFi di Router Tenda Via HP Android

Di kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana caranya melihat jumlah pengguna WiFi yang terhubung di hotspot kita dari router merk Tenda. Dimana mengetahui jumlah client yang numpang di jaringan WiFi bisa untuk monitoring apabila suatu saat kecepatan internet menurun atau lemot gara-gara banyaknya pengguna.

melihat jumlah pengguna wifi dari android

Melihat jumlah perangkat yang terhubung ke Router Tenda bisa dilakukan melalui Komputer atau smartphone semisal iPhone maupun Android. Jadi bila anda punya jaringan WiFi di rumah dengan router merk Tenda N300, N301 atau tipe lainnya bisa langsung memonitor jumlah klien yang terhubung ke router hanya via HP Android saja, Mudah dan cepat.

HP Android mempunyai kemampuan sama untuk manajemen jaringan Router layaknya di Laptop atau Komputer. Bahkan saat ini banyak penyedia jaringan WiFi sudah memanfaatkan smartphone untuk setting Router kelas rumahan. Kalau router sekelas mikrotik tentunya harus memakai aplikasi khusus yang dijalankan dari komputer.

Cara melihat jumlah Pemakai WiFi di Router Tenda

Sebelum masuk ke sesi tutorial, sobat bisa membaca tips bagaimana merubah sandi Hotspot Router Tenda dari HP Android, atau bagi yang memiliki Router Netis bisa menyimak juga cara Ganti Password WiFi di Router Netis.

Berikut ini adalah cara melihat jumlah klien atau perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi pada router merk Tenda, silahkan disimak:

  1. Silahkan sambungkan dulu HP Android anda ke jaringan WiFi
  2. Selanjutnya bukalah aplikasi peramban (Browser), bisa bawaan HP atau aplikasi browser semisal Opera, Google Chrome dan selainnya
  3. Langkah selanjutnya ketik alamat IP router Tenda. Bila masih kondisi default bawaan pabrikan, maka IP Address Router adalah 192.168.0.1.
  4. login tenda router via android
    1. Login menggunakan user :admin dan password: admin (memakai huruf kecil)
    2. Setelah masuk ke dasboard utama Tenda, klik pada menu Advanced
    3. lihat client DHCP tenda
      1. Di halaman advanced itu klik pada Tab Advanced >> DHCP Client List
      2. Disana akan tampil daftar perangkat yang saat ini terhubung ke router lengkap dengan informasi Host Name, IP Address, MAC Address dan Lease Time.

      Dengan melakukan langkah seperti diatas, anda bisa melihat jumlah pemakai hotspot di jaringan WiFi router Tenda anda. Bila perlu ganti sandi Hotspot secara berkala agar tidak ada pembobol WiFi yang akhirnya akan memperberat koneksi internet anda.

      Itulah tips singkat melihat berapa jumlah Client WiFi di Router Tenda N301 N300 dan sejenisnya dari HP Android / iPhone, semoga bermanfaat.

      Leave a Comment