Cara Mematikan Suara Kamera OPPO saat Tombol Shutter Ditekan

Bagi pengguna HP OPPO yang tidak ingin ketahuan saat memotret tentunya harus mematikan suara tombol rana (shutter). Yang mana kita bisa diam-diam memotret objek tanpa ketahuan orang lain.

mematikan suara tobol kamera OPPO

Ingin sembunyi-sembunyi memotret objek dengan kamera smartphone OPPO mudah dilakukan dengan mengatur settingan bagian shutter. Dimana arti shutter atau sering disebut tombol Rana adalah interface di layar yang saat kita sentuh atau tekan akan memproses image saat pemotretan.

Settingan kamera HP OPPO bisa dibilang sama dengan kamera HP Realme. Dimana kedua smartphone ini menggunakan sistem UI ColorOS untuk launcher menu dan tampilannya.

Nah, bila anda memang ingin menonaktifkan suara jepretan kamera HP OPPO dan semisal tidak ingin ada orang lain yang tahu saat anda memotret, silahkan simak tipsnya di bawah ini.

Cara Mematikan Suara Kamera OPPO

  1. Masuk dahulu ke menu Settings di OPPO
  2. Kemudian masuk ke menu System Apps (Aplikasi sistem)
  3. Di halaman tersebut masuk ke opsi Kamera
  4. Lalu aktifkan fitur Shutter sound (Suara Rana)
  5. Setelah itu tutup pengaturan dan coba melakukan pemoretan.

Settingan suara kamera OPPO ini dapat digunakan pada aplikasi kamera bawaan OPPO, bukan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di google play store.

Baca Juga info OPPO berikut:

Pengaturan kamera diatas bisa dipraktekkan pada tipe OPPO A3S dan tipe lainnya yang menggunakan OS Android Oreo dengan minimal ColorOS 5.1.

Meskipun ColorOS 6 OPPO sudah diperkenalkan beberapa waktu lalau namun peluncuran dan pengaplikasiannya di smartphone OPPO masih menunggu di tahun 2019, jadi tunggu dulu apa saja perubahan yang ada di colorOS versi 6 nanti.

Semoga tips pengaturan kamera OPPO Agar tidak bersuara saat memotret diatas bermanfaat dan bisa dipraktekkan dengan mudah, terima kasih.

Leave a Comment