Cara Melihat Pengguna Hotspot yang Konek ke WiFi Netis

Kalau anda mempunyai Router WiFi Netis untuk jaringan Hotspot dan ingin melihat berapa jumlah perangkat HP atau Komputer yang sudah login, bisa dilakukan dari dasboard router dengan terlebih dahulu masuk ke alamat IP Netis. Dan dikesempatan kali ini admin khusus membahas bagaimana caranya melihat perangkat apa saja yang login ke jaringan hotspot kita dari smartphone android / iPhone.

Melihat jumlah pengunjung wifi netis

Meskipun tidak memiliki laptop (PC) masih ada smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses IP Address Router Wi-Fi. Selain mudah, menggunakan ponsel semisal HP Android fungsinya sama dengan sebuah komputer bila hanya ingin setting jaringan hotspot, melihat klien yang tersambung, mengganti password WiFi sampai mereboot ulang router tanpa menyentuh tombol fisiknya.

Di artikel sebelumnya admin juga sudah membahas Cara merubah sandi WiFi Hotspot Netis WF2411E WF2419E WF2409E serta tipe lainnya dari smartphone Android, dimana mengganti password hotspot secara berkala supaya tidak mudah dibobol orang lain. Begitu pula merubah sandi login admin router bisa mengamankan orang lain merubah setelan jaringan saat sudah berhasil masuk ke jaringan hotspot.

Client atau pengunjung WiFi di hotspot bisa dideteksi, Tujuannya salah satunya saat kita merasa ada koneksi internet yang lemot dan menurunnya kecepatan. Dimana banyaknya klien yang berhasil login ke router dan menggunakan koneksi internet bersamaan, sehingga bandwidth dan kecepatan koneksi akan terbagi menurut jumlah klien.

Simak juga tutorial berikut:

Melihat Perangkat yang Login ke Router Netis

Untuk memonitor jaringan hotspot di router Netis dari banyaknya perangkat yang terkoneksi, silahkan simak tipsnya di bawah ini:

  1. Hubungkan dulu smartphone ke jaringan WiFi, Kemudian Buka aplikasi Browser
  2. Selanjutnya login ke alamat IP Netis yaitu 192.168.1.1 atau ketik saja netis.cc
  3. Masukkan Nama pengguna: admin, Sandi:password. Itu adalah sandi dan user bawaan (default) router Netis.
  4. Bila berhasil login, Klik pada tombol ‘Advanced
  5. Selanjutnya menuju ke opsi Wireless >> Wireless Client List
  6. Disana akan tampil Host atau perangkat yang sudah tersambung ke router.

Lalu bagaimana kalau ada kasus tidak bisa masuk ke alamat IP Netis, sudah memasukkan username: Admin dan Password: password, sesuai setingan defaultnya tapi gagal juga ?

Bila terjadi kegagalan akses ke alamat IP karena sandi atau user yang salah, disebabkan login akses sudah diganti. Bila anda tidak merasa menggantinya, silahkan hubungi siapa petugas atau teknisi WiFi yang melakukan setting Router pertama kali di rumah anda. Mintalah username dan password, lalu coba masuk kembali ke IP Address Netis router.

Dan apabila anda atau teknisi WiFi tidak merasa mengganti password WiFi untuk akses IP Netis, maka langkah paling tepat adalah dengan mereset ulang Router Netis.

Tombol reset router ada di bagian belakang perangkat, tekan untuk beberapa detik sampai semua lampu indikator menyala dan berkedip bersamaan, tunggu sampai proses reset berhasil dan anda akan mendapati router kembali ke settingan pabrikan serta siap untuk diatur ulang jaringannya.

Leave a Comment