2 Cara Ganti Password WiFi Netis dari HP Android Mudah dan Cepat

Bagi Anda yang punya hotspot Wi-Fi sendiri dengan Router merek NETIS pastinya mengganti password harus dilakukan secara berkala, tujuannya tidak lain agar terhindar dari pembobol wifi dan mengamankan jaringan dari ulah iseng klien yang tidak kita ijinkan.

ubah password wifi netis

Merubah sandi atau password untuk masuk di Router Wifi Netis mudah dilakukan bila kita sudah dapat login ke dasboard-nya. Namun masih banyak pemilik hotspot dengan router merk Netis tidak mengetahui bagaimana urutan merubah sandi wifi miliknya. Apalagi baru saja pasang jaringan internet dan tidak pernah diberitahu oleh teknisinya bagaimana cara ganti password.

Banyak sekali tipe router keluaran Netis di pasaran untuk pengguna hotsopt rumahan dengan harga murah, seperti tipe Netis WF2419E WF2409E WF2411E dan tipe lainnya. dan hampir semuanya menggunakan settingan default bawaan pabrikan untuk mengakses dasboard atau tampilan utamanya.

Cara Ganti Sandi WiFi Router Netis

Nah, bagi anda yang tidak punya laptop atau komputer untuk ganti password WiFi di router Netis WF2409E WF2419E WF2411E dan tipe yang lain bisa menggunakan antarmuka browser di HP Android. Dan hampir semua smartphone android bisa untuk setting router WiFi seperti Samsung Vivo OPPO Lenovo Xiaomi dan sebagainya, silahkan simak urutannya sebagai berikut:

  • Pastikan di HP android anda sudah terhubung ke jaringan WiFi
  • Selanjutnya Buka aplikasi Browser bawaan Android, bisa juga menggunakan Chrome, Opera dan lainnya
  • Setelah Browser terbuka, masukkan (ketik) alamat default router Netis yaitu netis.cc atau bisa langsung mengetik IP-nya 192.168.1.1, kemudian masuk.
setting password netis hotspot di android
  • Selanjutnya untuk akses masuk router ketik nama pengguna : admin dan sandi: password (user dan sandi tersebut adalah settingan bawaan netis apabila belum pernah diubah oleh teknisi WiFi rumah sobat)
  • Bila username dan sandi benar, maka akan tampil dasboard Netis router. Tampilan akan terlihat kecil di layar, silahkan zoom dengan ‘mencubit’ layar agar tampilan membesar dan terlihat.
  • Di halaman utama tersebut pada bagian bawah ada settingan cepat untuk ganti password, silahkan diubah sandinya (minimal 8 huruf atau angka) dan jangan lupa klik tombol Save.
Baca Juga:

Cara kedua ganti sandi WiFi Netis

  • Masih sama seperti cara diatas, buka browser di Android dan masukkan alamat router
  • Masukkan nama pengguna dan juga sandinya, setelah itu tampilan utama terlihat
  • Klik pada tombol Advanced, letaknya di pojok kanan atas
  • Kemudian Klik pada opsi Wireless, dan dibagian AP Security settings ada kolom password yang siap anda isi dengan sandi WiFi baru.
ganti sandi hotspot netis

Tips Agar Hotspot WiFi tidak mudah Dibobol

Adapun salah satu penyebab koneksi internet melambat atau lemot adalah banyaknya klien yang terhubung ke router dan menggunakan WiFi anda secara gratisan tanpa anda ketahui.

Dan solusi untuk menjaga kualitas jaringan hotspot Wi-Fi di rumah anda adalah dengan secara berkala merubah password.

Selain membuat password WiFi agar tidak mudah ditembus orang lain yang iseng, disarankan menggunakan kombinasi huruf dan angka.

Karena sifat kata sandi WiFi adalah case-sensitif maka huruf besar dan kecil juga berbeda. Bila anda senang membuat sandi hotspot dengan huruf saja, usahakan menyisipkan huruf besar diantara deretan abjad agar tidak mudah dibobol.

Selain itu rubah juga sandi akses dasboard Netis agar bila ada orang lain yang sudah berhasil terhubung ke hotspot anda maka dia tidak akan bisa mengakses IP router dengan password bawaan pabrik.

Itulah tips merubah sandi Wifi Netis Router dari HP Android dan cara mengamankan Hotspot dari pembobol WI-FI, semoga bermanfaat.

Leave a Comment