Cara Split Screen HP Realme dengan 3 Metode Berbeda

Split Screen atau menjalankan dua aplikasi bersamaan di HP Realme sangatlah mudah. Baik itu multi window di Realme 1, 2 atau realme 2 Pro sekalipun. Dimana dengan fitur ini kita bisa membuka 2 app sekaligus dan menjalankannya bersamaan dalam satu layar tanpa menutup yang lainnya. Jadi kita bisa chatting WhatsApp sambil nonton youtube atau aktifitas lainnya.

2 aplikasi dalam 1 layar realme

Sebagai produk dari anak perusahaan OPPO, HP Produk Realme saat ini makin dikenal masyarakat Indonesia karena selain harganya yang murah juga mengandalkan fitur yang istimewa di bagian Chipset dan juga spesifikasi kameranya. Begitu juga sistem navigasi yang masih menggunakan ColorOS khas OPPO semakin menambah kesan user friendly saat penggunanya menyusuri berbagai fitur dan menu yang ada di HP Realme.

Disini admin akan membagikan tips bagi anda yang belum bisa membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar di HP Realme 1, Realme 2 atau versi 2 pro. Namun bagi yang sudah terbiasa dengan ponsel OPPO pastinya sudah tahu dan semudah itulah melakukan multi windows di Realme. Baca juga Cara Mengunci aplikasi di HP Realme serta tips menyembunyikan ikon app dari layar.

3 Metode Split Screen di HP Realme

Di tutorial Realme ini, admin mencontohkan menggunakan versi android Realme 2, jadi untuk versi 1 atau 2 pro caranya sama saja. Yuk, simak langsung tips berikut ini:

1. Split Screen dengan 3 jari

Cara ini termasuk paling mudah dilakukan saat ingin membuka dua aplikasi bersamaan sekaligus dalam satu layar HP Realme.

split screen realme dengan 3 jari

Caranya, buka terlebih dahulu aplikasi yang diinginkan, semisal kita ingin browsing, lalu nantinya ingin membuka Youtube di bawahnya, maka buka terlebih dahulu browser.

Baca juga Cara Screenshot di HP Realme dengan 3 usapan jari

Setelah aplikasi pertama terbuka penuh satu halaman, usap layar dengan 3 jari dari arah bawah ke tengah layar. Nantinya app pertama akan menempati separo tampilan, dan anda siap untuk membuka aplikasi kedua semisal youtube, whatsApp, facebook dan lain sebagainya.

2. Multi Window Realme dengan Recent App

Kita bisa menggunakan tombol Recent App yang berupa ikon kotak di bagian navigasi layar. Sentuh tombol tersebut, lalu ada beberapa aplikasi yang sudah kita buka sebelumnya.

Tombol recent app di realme untuk split screen

Geser ke bawah sedikit app yang kita inginkan, lalu klik pada opsi ‘Split screen’. Seketika itu pula aplikasi akan terbuka di bagian paro atas layar dan di bagian bawahnya siap kita gunakan untuk membuka app lain. Simak tips Menyembunyikan Tombol Menu Navigasi di HP Realme agar tampilan layar lebih luas

3. Menekan 2 Detik Recent App

Sebenarnya hampir sama dengan opsi yang kedua, dimana bedanya saat ada aplikasi yang sudah terbuka (app pertama) kita klik dan tahan sebentar (sekitar 2 detikkan) tombol navigasi kotak (recent app) di HP realme.

Selanjutnya aplikasi tersebut akan menempati posisi separo layar atas, dan seperti biasanya, dibawah paro layar kita bisa menjalankan aplikasi kedua.

Fitur dan spesifikasi HP Realme 2

Sedikit informasi tentang spesifikasi dan fitur yang dibawah HP Buatan anak perusahaan OPPO yakni Realme. Dengan harga dibawah 2 jutaan, pengguna realme 2 akan merasa menggunakan ponsel OPPO F7 yang harganya lebih diatasnya.

Spesifikasi RAM dan kapasitas memori Realme 2 sangat bagus dan menggoda, dimana sudah dibekali RAM 3 GB dengan memori internal berkapasitas 32 GB untk yang harga dibawah 2 jutaan. Sedangkan varian lainnya juga disediakan realme RAM 4 GB dengan ROM sebesar 64 GB untuk banderol sekitar 2,4 Jutaan.

Realme 2 mempunyai ukuran layar 6,2 Inch berteknologi IPS LCD dengan 16 M warna, meskipun digunakan untuk meonton video di bawah terik matahari sekalipun masih terlihat jelas dan jernih.

Fitur dan hasil kamera HP Realme 2 juga tidak mengecewakan, dimana kamera utamanya sudah dibekali dual sensor yang masing-masing 13 MP dan 2 MP berfitur HDR, Depth sensor LED Flash dan lain sebagainya. Untuk urusan hasil efek bokeh di realme 2 juga sangat bagus.

Untuk berpose selfie, HP Realme 2 juga tidak mengecewakan karena dibekali resolusi kamera 8 MP lengkap dengan fitur AI atau kecerdasan buatan, yang akan menjadikan hasil selfie semakin tampak cantik dan terlihat natural.

Berteknologi fabrikasi 14 nm, Chipset HP Realme 2 sudah dibekali Snapdragon 450 Octa-core dengan speed 1.8 GHz. Sehingga selain hemat asupan daya baterai, juga sangat powerfull untuk menjalankan berbagai game HD seta proses multitasking aplikasi.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel spesifikasi HP Realme 2 di bawah ini:

Spesifikasi & Harga Realme 2
HARGA
Harga Baru 1.999.000,00
LAYAR
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 6.2 inches, 95.9 cm2 (~81.2% screen-to-body ratio)
GENERAL
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 / HSDPA 850 / 900 / 2100 / LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500) / HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps
DIMENSI
Tipe 156.2 x 75.6 x 8.2 mm (6.15 x 2.98 x 0.32 in) / 168 g (5.93 oz)
DATA
3G HSPA 42.2/5.76 Mbps
EDGE Ya
GPRS Ya
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
Infrared
USB/Port microUSB 2.0, USB On-The-Go
AUDIO
Fitur Vibration; MP3, WAV ringtones
Jack Ya
Speakerphone Ya
MEMORY
Internal 32 GB, 3 GB RAM
Eksternal microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
KAMERA
Primer 13 MP, f/2.2, AF 2 MP, f/2.4, depth sensor LED flash, HDR, panorama
Sekunder 8 MP, f/2.2, 1/4″, 1.12µm HDR
Video Record 1080p@30fps
FITUR
OS Android 8.1 (Oreo)
CPU Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm) / Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 / Adreno 506
Browser HTML5
GPS Yes, with A-GPS
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Java Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, Document viewer – Photo viewer/editor
FITUR LAIN
Multiple SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Video Player MP4/H.264/FLAC player
MP3 Player MP3/eAAC+/WAV player
Audio Record Ya
TV
BATERAI
Tipe Non-removable Li-Ion 4230 mAh battery
Stanby
Talk Time

Meskipun tidak dibekali fitur fast charging, namun HP Realme 2 sudah diuntungkan dengan daya baterai sebesar 4230 mAh bertipe Non removable. Bahkan dari beberapa Test yang dilakukan, ponsel ini bisa digunakan secara terus menerus 12 jam non stop tanpa mengisi ulang baterai dalam pemakaian normal.

Demikianlah sekilas tutorial tentang cara membuka dua aplikasi bersamaan di HP Realme, silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment