Apa Pebedaan MiFi dan Router WiFi yang Wajib Diketahui!

Bagi anda yang belum tahu apa itu beda antara Router dan MiFi bisa menyimak penjelasan yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini. Dimana kedua perangkat Wireless ini sampai saat ini masih menjadi primadona untuk menghubungkan Smartphone dan komputer ke jaringan internet maupun ingin transfer data antar perangkat.

Beda Router dan Modem WiFi

Sekilas tidak ada perbedaan khusus antara MiFi dan Router WiFi. Dimana MiFi atau kepanjangan dari Modem WiFi umumnya bersifat Portable dengan catu daya berupa baterai yang bisa diisi ulang layaknya ponsel. Di mifi juga dilengkapi tombol WPS, Tombol power, Lampu indikator jaringan sinyal dan juga tombol Reset, bahkan di beberapa tipe modem WiFi ada yang disertai port RJ untuk peperluan LAN data ke Laptop / PC.

Sedangkan Router, meskipun pada dasarnya MIfi juga termasuk router, merupakan perangkat yang lebih kompleks fiturnya dengan interface port yang juga lebih lengkap, seperti Port LAN untuk menghubungkan ke Port HUB atau Ke laptop/komputer, Port LAN RJ untuk sambungan data antar jaringan, tombol WPS, Power, tombol reset dan yang paling mencirikan khas sebuah router adalah adanya antena di bagian bodinya. Baca juga : Cara membuat Repeater dan Hotspot dari Router Netis

Perbedaan Kinerja Router dan Mifi

Setelah tahu beda bentuk fisik antara Router WiFi dan MIFI, kini lanjut ke perbedaan umum sistem sharing IP-nya. Dimana untuk MIFI bisa share koneksi ke smartphone atau komputer sampai lebih dari 10 klien dan maksimal 32 koneksi.

macam-macam MiFi

Namun untuk Router WiFi, batasan klien bisa lebih banyak sampai ratusan dengan rentang IP (Internet protocol) 1-254. Tentunya semakin banyak sharing internet dari router ke Laptop atau ponsel maka beban bandwidth dan sistem juga semakin besar pula, begitu juga dengan MiFi.

Adapun cara mengakses IP admininstrator router dan MiFi juga hampir sama, dan rata-rata menggunakan alamat 192.168.0.1, 192.168.1.1 atau 192.168.0.254. Baca juga tips : Mengatasi masalah kesalahan Otentifikasi WiFi

Meski demikian, ada juga beberapa router yang bisa diakses langsung dengan mengetikkan alamat berupa homepage-nya seperti misal Router Netis bisa diakses melalui http://netis.cc, dan untuk MiFi andromax semisal tipe M3Y bisa diakses via http://andromax.m3y dan lain sebagainya, yang sebenarnya kalau diterjemahkan juga berupa deretan angka.

Lalu bagaimana kekuatan MIFI vs Router WiFi ?

Pastinya Router akan lebih tahan dan kuat untuk pemakain dengan bandwidth besar dan klien yang banyak. Selain itu juga Daya yang besar dengan voltase minimal 9 Volt akan membuat jangkauan dan kekuatan sinyal router lebih baik daripada alat Modem WiFi Portable yang hanya menggunakan daya baterai rata-rata 3,7 Volt layaknya smartphone.

macam-macam router wifi internet

Dari jangkauan tangkapan sinyal yang bisa dipancarkan kedua perangkat ini, Router WiFi-lah yang paling kuat karena sudah disertai antena sebagai penguat sinyal WiFi.

Di bagian perbedaan sumber data internetnya juga berbeda, Mifi menggunakan Sim Card selular untuk mendapat akses data dari provider selular, seperti Mifi Kartu Smartfren, XL, Mifi Tri, MiFi kartu Telkomsel dan lain sebagainya. Dan kita harus mengisi data dengan berlangganan kuota internet harian, mingguan atau bulanan sesuai tarif yang disediakan masing-masing provider.

Sedangkan untuk Router WiFi yang berfungsi sebagai Hotspot sumber data internetnya bisa berasal dari kabel telepon atau kabel LAN yang sudah terhubung langsung dengan jaringan internet seperti Speedy indihome atau penyedia WiFi via antena Outdoor untuk berlangganan bandwidth data.

Ada juga Router yang bisa berfungsi sebagai repeater, yakni bisa menangkap sinyal WiFi dari router atau MiFi lain kemudian memancarkannya kembali dengan nama SSID yang berbeda.

Kesimpulannya, banyak kelebihan Router dibanding MiFi. Namun untuk mobilitasnya, Modem WiFi portable lebih efisien saat dibawa kemana-mana semisal ingin berkemah sama teman, di perjalanan sambil berbagi internet dengan teman dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan singkat tentang apa saja perbedaan perangkat MiFi dan Router WiFi yang dapat admin bahas kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment