Cara Mengaktifkan OTG Flashdisk di HP OPPO A3s

Cara Mengaktifkan OTG Flashdisk di HP OPPO A3s – Di era sekarang ini dibilang tidak canggih apabila smartphone android tidak mendukung koneksi On the Go (OTG). Dimana mengkoneksikan perangkat seperti Flashdisk, Mouse komputer, keyboard dan tipe lainnya ke HP android bisa dilakukan dengan udah berkat fitur OTG.

Flashdisk di HP OPPO

Perangkat OPPO yang support OTG sudah banyak varian dan tipenya, salah satunya OPPO A3s. Dimana dalam pembahasan ini kita akan mempelajari bagaimana agar flashdisk dapat terdeteksi di android A3s.

Perlu diketahui, bahwasanya ada tipe OPPO yang sudah secara otomatis mendeteksi adanya perangkat seperti flashdisk, mouse, joystick game, keyboard dan sebagainya dengan interface konektor USB. Setiap kali flashdisk dikoneksikan via OTG OPPO maka langsung otomatis sudah terdeteksi keberadaan perangkat penyimpanan eksternal.

Namun Untuk HP OPPO A3s lain lagi, ada fitur khusus yang harus diaktifkan agar flashdisk bisa terbaca di koneksi OTG saat ditancapkan. Jadi anda tidak perlu takut HP OPPO rusak karena tidak terbacanya flashdisk karena memang belum kita aktifkan fitur OTG-nya.

Simak Tips OTG Android berikut :

Cara Koneksi Flashdisk OTG ke HP OPPO A3s

Nah, daripada bingung karena perangkat flashdisk didak terdeteksi di HP OPPO A3s, silahkan simak tipsnya di bawah ini:

1. Pertama masuk dulu ke menu Settings (Pengaturan) di HP OPPO, tancapkan pula Flashdisk ke A3s menggunakan kabel OTG

setting OTG flashdisk USB oppo

2. Selanjutnya buka menu ‘Aditional Settings‘ atau ‘Setelan lainnya’

3. Di halaman pengaturan lainnya tersebut pada bagian tengah ada opsi ‘OTG Connection‘, silahkan aktifkan fiturnya.

4. Tuggu beberapa saat, maka sistem akan mengenali adanya perangkat USB Flashdisk

OTG Flashdisk terdeteksi di HP A3S OPPO

5. Coba masuk ke Aplikasi Files untuk melihat apakah sudah terdeteksi atau belum memori eksternal flashdisk-nya

Cara melepas Flashdisk OTG OPPO A3s dengan Aman

Baca juga tips A3S berikut:

Nah, untuk melepas flashdisk OTG dengan aman agar tidak cepat rusak, maka jangan sekali-kali melepasnya saat digunakan untuk membaca, menulis atau menghapus file. Atau semisal bisa juga saat kita sedang memainkan video dari flashdisk lalu kita cabut paksa, maka bisa merusak komponen didalam flashdisk tersebut.

Anda juga dapat melepas koneksi flashdisk dengan aman di HP OPPO A3s hanya dengan menonaktifkan fitur ‘OTG Connection‘ seperti cara diatas.

Mengapa Flashdisk tidak terbaca di HP Android ?

Pada artikel terdahulu admin sudah menjelaskan mengapa sebabnya memori eksternal seperti flashdisk tidak terbaca di HP android, salah satunya sebagai berikut:

1. Format file system flashdisk (FD) tidak disupport oleh OTG android. Jadi pastikan memformat FD dengan system FAT atau FAT32, jangan menggunakan NTFS atau EXT2

2. Beberapa tipe dan merek flashdisk tidak mensupport OTG di android. Namun untk beberapa merek populer seperti Kingstone, AData, Toshiba, Sony dan beberapa lainnya sudah mensupport fitur OntheGo

3. File system corrupt atau rusak pada flashdisk dan menyebabkan tidak terbaca oleh android

4. Ukuran kapasitas FD terlalu besar dan melebihi limit yang diperkenankan oleh OTG android

5. Konektor kabel OTG, konektor Micro USB di ponsel ataupun konektor USB Flashdisk bermasalah

6. Sistem Android Sibuk sehingga terjadi kegagalan pembacaan memori eksternal dari OTG Flashdisk. Bila ini terjadi, coba restart atau muat ulang saja sistem android dan coba hubungkan kembali.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengkoneksikan OTG USB Flashdisk di HP OPPO A3s, semoga bermanfaat.

Leave a Comment