Cara Menghilangkan Embun pada Kamera dan Layar HP

Cara Menghilangkan Embun pada Kamera dan Layar HP – Karena suatu hal entah karena guyuran Air atau ponsel baru kecebur air tiba-tiba layar ataupun Lensa kamera HP menjadi buram seperti mengembun, meskipun tidak terjadi kerusakan pada sistem dan perangkat namun hal tersebut sangatlah mengganggu.

layar dan kamera Hp berembun

Kamera HP berembun bisa disebabkan karena adanya air yang masuk ke sela-sela bodi ponsel dan terperangkap didalamnya, sehingga saat ada udara hangat dari proses kerja CPU menjadikan air menjadi menguap dan menempel di layar maupun pada bagian kaca kamera HP.

Sebenarnya dari beberapa kasus, untuk kamera HP yang mengembun ataupun layar depan yang berair bisa hilang dengan sendirinya karena adanya panas yang terus menerus dari komponen.

Namun, sebagian pengguna smartphone tentu ada kekhawatiran tersendiri ada efek negatif ketika kamera HP berembun, takut merusak komponen lain atau saat melakukan bidikan kamera menjadi tidak jelas dan buram.

Simak juga: Beberapa kesalahan saat HP baru saja Terkena Air

Cara mudah Hilangkan Embun di kamera dan layar HP

Nah, daripada bingung dan harus ke tukang servis HP, lebih baik kita atasi sendiri dengan cara mudah. Simak beberapa tips menghilangkan kelembaban atau embun yang menmpel di HP dengan salah satu cara berikut ini.

1. Silica Gel

menghilangkan embun di HP dengan silica gel

Sudah banyak yang tahu kalau fungsi silica gel untuk menyerap kelembaban. Dan biasanya gel berbentuk butiran bening padat ini banyak ditemui pada saat kita membeli Sepatu baru, kapsul obat di dalam botol dan lain sebagainya yang fungsinya sebagai pengering.

Nah, kalau dirumah ada silica Gel silahkan gunakan untuk mengeringkan embun yang ada di kamera atau layar HP anda.

Caranya, tebarkan silica Gel atau bisa langsung dengan bungkusnya di dalam wadah dan letakkan ponsel didalamnya serta tutup. Biarkan selama semalaman dan keesokan harinya embun yang menempel di layar HP ataupun di kamera akan hilang dengan sendirinya.

Tips : Cara Mengatasi Ponsel android Kecebur Air

2. Beras

memasukkan HP dalam beras menghilangkan kelembaban

Sudah banyak yang mengetahui kalau beras menjadi sarana ampuh untuk mengikat kelembaban dan anda bisa mencobanya untuk ponsel yang mengalami masalah menempelnya air di lensa kamera HP.

Caranya, masukkan ponsel ke dalam beras (dibenamkan) dan tutup tempat penampung beras tersebut, biarkan semalaman dan keesokan hari bisa kita lihat embun yang menempel di layar kaca kamera akan hilang.

3. Hair dryer

Cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan untuk dilakukan, karena kalau uap panas yang dihembuskan dari moncong hair dryer terlalu berlebih panasnya dalam satu titik saja bisa menyebabkan layar malah buram.

Jadi kalau ingin menggunakan hair dryer untuk menghilangkan embun di kamera HP, cobalah tidak terlalu mendekatkan pucuk alat dan coba selalu goyang-goyangkan hair dryer agar panas yang dihembuskan tidak membahayakan kondisi layar.

4. Terik matahari

Nah, cara murah dan mudah juga bisa kita dapatkan dari bantuan sinar Matahari untuk sekedar menguapkan air yang menempel di layar ataupun lensa kamera HP.

Tapi ingat, jangan dijemur terlalu lama, jemur beberapa saat dan angin-anginkan dahulu. Kemudian ulangi lagi langkahnya agar paparan panas matahari tidak merusak layar HP menjadi buram.

Bilaman kondisi air didalam smartphone terlampau banyak dan tidak juga kunjung hilang dengan tips diatas, tentunya membongkar bodi smartphone untuk membersihkan air didalamnya menjadi solusi terakhir.

Demikianlah tips mudah menghilangkan uap air atau embun yang menempel di lensa kamera HP maupun Layar tanpa pergi ke tukang servis, semoga bermanfaat.

Leave a Comment