Cara mengatasi Facebook Lite Error dan sering Berhenti

DuniaAndroid.com – Cara mudah mengatasi Aplikasi FB lite terhenti atau error. Ada beberapa tanda ketika aplikasi populer social media versi ringan yaitu Facebook Lite terjadi Error, diantaranya keluar notifikasi ‘Sayangnya, Aplikasi Facebook Telah berhenti’ atau terkadang tiba-tiba aplikasi FB menutup dengan sendirinya dan bahkan tidak bisa dibuka walau sudah disentuh ikonnya berulangkali. Nah, bagaimana cara mengatasinya ?
Cara mengatasi Facebook Lite Error dan sering Berhenti
Ada beberapa sebab yang bisa menjadi pemicu aplikasi error dan tidak bisa berjalan secara Normal, salah satu contoh penyebabnya Minimnya Space RAM ketika menjalankan aplikasi FB sehingga gagal dalam menjalankan script. Bisa juga karena banyaknya memori sampah, cache memori dan penuhnya ruang memori sehingga sistem gagal bekerja secara normal.
Dari beberapa permasalahan error di aplikasi FB bila hanya satu atau dua kali saja dalam rentang waktu yang lama tentu tidak menjadi masalah. Namun bila kejadiannya sering dan bahkan setiap membuka Facebook selalu trouble namun aplikasi lainnya normal-normal saja tentunya perlu penanganan lebih lanjut agar bisa secepatnya beraktifitas sosial media lagi dengan teman anda via FB.

Cara mengatasi Aplikasi FB tiba-tiba berhenti

Di bawah ini admin akan memberikan tips dan solusi mengatasi masalah Facebook Lite yang muncul notifikasi error seperti ‘Sayangnya, Facebook Telah berhenti‘, yuk disimak tipsnya berikut ini.
1. Menghapus Cache
Cara hapus cache aplikasi facebook
Seperti pada aplikasi lain di Android, ketika terjadi error maka langkah pengeccekan pertama adalah dengan melakukan penghapusan file cache, dimana cache walaupun berguna namun kebanyakan menyimpan file-file usang dan sampah sehingga perlu untuk dibersihkan.
Cara membersihkan file cache aplikasi Facebook Lite yaitu silahkan masuk ke menu pengaturan > Aplikasi (atau management aplikasi) > kemudian cari nama aplikasi Facebook Lite kemudian tap (sentuh), Langkah selanjutnya pilih tombol ‘Hapus cache‘. Untuk setiap versi android tentu letak menu aplikasi bisa beda tempat ddan penamaan, jadi harap menyesuaikan.
Namun bila anda tidak suka langkah diatas bisa menggunakan aplikasi pembersih cache seperti halnya Aplikasi Clean Master.
2. Paksa berhenti dan Hapus Data

Baca Juga

Langkah kedua setelah cara hapus cache tidak berhasil mengatasi facebook lite error, bisa dengan menghentikan proses aplikasi FB yang berjalan di background.
Cara penghentian paksa atau force close FB lite urutannya sama seperti cara diatas yaitu masuk ke Menu Pengaturan > Aplikasi > Facebook Lite kemudian tekan tombol ‘Paksa Berhenti‘.
Setelah memaksa aplikasi berhenti lanjutkan dengan penghapusan Data aplikasi, silahkan sentuh tombol ‘Hapus Data’, bila ada konfirmasi tekan saja Oke.
Dengan melakukan penghapusan Data aplikasi maka nantinya ketika FB Lite pertama kali anda buka mengharuskan anda masuk ke akun terlebih dahulu seperti input Username dan kata sandinya.
Sebenarnya dengan langkah nomor 2 ini kebanyakan berhasil mengatasi masalah Facebook Lite yang sering berhenti mendadak.
3. Uninstall aplikasi
Cara ketiga yang bisa anda lakukan ketika hanya aplikasi FB lite saja yang bermasalah dan sudha mencoba hapus cache dan hapus data namun tidak berhasil, maka mau tidak mau harus mencopot dahulu aplikasinya kemudian mengunduh dan memasangnya ulang.
Sebelum memasang aplikasi FB lite sebaiknya lakukan reboot atau restart ulang Android anda agar sistem fresh kembali, lalu segera install aplikasinya sebelum menjalankan aplikasi yang lainnya.
Itulah Tips singkat cara mengatasi aplikasi FB lite yang berhenti mendadak atau trouble tidak bisa dibuka kembali yang bisa admin sajikan kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment