Cara Aktifkan Fitur Pesan SOS di HP Samsung Galaxy

DuniaAndroid.com – Cara mengaktifkan Fitur SOS Message di Samsung Galaxy Seri J dan S. Bagi anda pemilik Android Samsung tipe J series seperti Galaxy J2, J2 Prime, J3, J5, J7 atau mungkin mempunyai smartphone Galaxy S series seperti Samsung Galaxy S2, Galaxy S5, S6, S7 dan juga S8 bisa memanfaatkan fitur canggih berupa mengirim Pesan Darurat (SOS) hanya dengan menekan tombol fisik di ponsel tanpa aktifitas mengetik atau membuka smartphone terlebih dahulu.
mengaktifkan SOS message di samsung J dan S series
Apa sih Fitur Kirim Pesan SOS itu dan apa fungsinya ?, Fitur SOS Message (Kirim pesan SOS) ciri khas samsung ini sangat berguna bila suatu saat anda memutuhkan pertolongan keadaan darurat yang tidak memungkinkan seseorang untuk menyentuh ponsel miliknya.
Fitur Kirim Pesan SOS di Android Samsung ini bisa sangat berguna misalnya ketika di suatu daerah tertentu anda dalam keadaan terpojok karena ada pemeras yang menghadang anda di suatu tempat, dan anda tidak memungkinkan untuk melakukan panggilan karena takut ponsel di rampas maka bisa memanfaatkan Fitur berkirim SOS message hanya dengan menyentuh tombol di ponsel tanpa mengetik terlebih dahulu.
Masih bingung cara kerja Kirim Pesan SOS ?, Begini penjelasannya, dalam keaddaan darurat anda hanya membutuhkan memegang ponsel walau tanpa melihatnya dan menekan tombol Power 3 kali berturut-turut maka hasilnya nomor penerima yang sudah anda setting sebelumnya (sewaktu mengaktifkan fitur SOS) akan mengirim format Multimedia Messages ke nomor HP penerima, lengkap dangan nomor ponsel anda, Lokasi anda, melampirkan gambar foto area sekitar anda dan juga bisa mengirim suara saat kejadian berdurasi 5 detik.

Baca Juga

Cara mengaktifkan Fitur Pesan SOS di Samsung Galaxy
Admin anggap para pembaca sudah faham sistem kerja fitur SOS message ini, dan untuk bisa melakukannya harus disetting dan diaktifkan dahulu pengaturannya seperti Nomor telepon penerima, pengaturan Gambar apakah diaktifkan atau tidak, dan pengaturan lainnya. Hal tersebut harus dilakukan hanya untuk berjaga-jaga bila suatu saat anda membutuhkan fitur ini tanpa disadari sebelumnya.
Silahkan simak cara mengaktifkan fitur Kirim SOS darurat di HP Samsung di bawah ini, admin ambil contoh Samsung Galaxy J2 Prime, untuk tipe J series dan S series lain sama cara melakukannya, silahkan disimak.
1. Buka pengaturan dan cari menu ‘Fitur Lanjutan’, dimana dalam fitur lanjutan HP samsung tersebut nantinya anda akan menemui beberapa fitur canggih seperti fitur ‘peringatan pintar‘, ‘ Peluncur kamera cepat’, Hening dengan mudah’, Operasi satu tangan dan juga ‘Kirim Pesan SOS

2. Silahkan pilih opsi ‘Kirim Pesan SOS‘, silahkan geser slider paling atas untuk mengaktifkan fitur ini.
3. Nantinya akan muncul popup di layar yang mengharuskan pemilik Smartphone menginput Nomor telepon tujuan, anda bisa menginput sampai 4 Nomor berbeda. Perlu diingat, Nomor yang anda input harus dalam kondisi aktif dan pastinya teman atau kerabat terdekat yang anda percayai.
pengaturan opsi lanjutan di hp samsung
4. Selanjutnya, aktifkan pula opsi ‘Lampirkan Gambar‘ dan ‘lampirkan rekaman audio‘ dimana fungsinya ketika anda melakukan aksi kirim Pesan SOS maka kamera depan dan belakang akan melakukan jepretan secara otomatis tanpa suara dan juga tanpa lampu flash sehingga tidak diketahui orang lain.

Baca Juga

pengaturan kirim pesan SOS di samsung
Begitu pula ketika anda mengaktifkan Lampirkan rekaman audio, si penerima akan bisa melihat hasil rekaman video berdurasi 5 detik yang diambil dari ponsel yang melakukan Kirim Pesan SOS.
5. Setelah melakukan settingan diatas, anda bisa mencobanya apakah fitur berfungsi atau tidak. Cara melakukan SOS darurat adalah dengan menekan tombol Power 3 kali berturut-turut, nantinya ponsel akan secara otomatis melakukan pengiriman pesan MMS ke nomor ponsel yang sudah anda masukkan sebelumnya dan bisa melihat isi pesan berupa link Maps posisi anda, Gambar dan juga video yang sudah terekam secara otomatis.
Syarat menggunakan fitur SOS message di Android Samsung ini yaitu ponsel harus dalam kondisi aktif GPS dan sambungan data atau bila tidak harus mempunyai sisa pulsa untuk berkirim MMS. Begitu pula si penerima harus dalam kondisi punya sisa pulsa untuk menerima notifikasi MMS (Multimedia Message Service).
Dengan melakukan langkah demi langkah diatas maka anda akan lebih nyaman dan aman ketika bepergian karena fitur Kirim pesan SOS yang ada di Ponsel Galaxy Samsung. Semoga tips Dunia android diatas bermanfaat untuk pembaca semua.

Leave a Comment