Tips Mengatasi Koneksi Internet android Putus Nyambung

Masalah Koneksi Internet android terputus di dalam HP android sudah bukan barang dan masalah baru di dalam teknologi gadget. dari jaman OS sebelumnya seperti java dan symbian juga terkadang menimbulkan masalah koneksi terputus. jadi perlu sedikit trik dan tahu seluk beluk HP kesayangan kita sebelum menyalahkan gadget kita dan ‘ngedumel’ nggak karuan karena problem ‘putus – nyambung’.

Banyak sebab yang menyebabkan koneksi Data / koneksi internet dari HP android itu terputus. bisa karena setingan yang tidak pas sampai karena penyebab lainnya. di bawah ini ada beberapa solusi bila HP android kita ‘putus-nyambung’ tidak stabil dalam melakukan koneksi data.

Cara mengatasi Koneksi Internet Terputus di Android

  • Pastikan setingan Data di HP kita sudah tepat, apabila memakai operator ‘A’ maka setingan harus sesuai dengan semua petunjuk si operator ‘A’ . mulai dari setingan APN, Dial number ( bila dipakai modem ), setingan kata sandi dan password, setingan Port dan lain sebagainya. semua itu biasanya akan terseting otomatis pertama kali setelah kita memasukkan kartu sim card di HP kita. bila tidak pernah tahu setingan masih ada cara lain yaitu registrasi Over Air alias lewat sms yang disupport setiap jaringan / operator selular.
  • Bila koneksi data di dalam setingan sudah benar dan koneksi kadang putus kadang nyambung maka periksa dulu sinyal ponsel sobat. terkadang sinyal ponsel yang tidak stabil dapat memutus sementara koneksi data.
  • Bila koneksi sinyal baik dan selalu putus nyambung coba restart ponsel. terkadang hal tersebut dikarenakan ada sistem yang crash.
  • Bila tanda koneksi data di ponsel sobat menyala ( biasanya tanda koneksi ada di atas sendiri layar hp ) dan tidak ada gerakan upload/download di icon-nya maka matikan koneksi data untuk beberapa detik dan nyalakan lagi koneksi data. biasanya akan menyelesaikan masalah.
  • Bila teman anda umpamanya tidak mengalami problem jaringan Internet padahal dengan menggunakan operator selular yang sama, serta cara diatas tidak mengatasi masalah coba lakukan Reset terhadap pengaturan sistem. Bisa juga melalui hard reset via mode recovery agar sistem yang error kembali pulih.
  • Bila sesudah recovery reset dan bahkan sudah dilakuka flashing firmware juga tidak mengatasi masalah sering putus nyambung-nya koneksi internet bisa dipastikan ada hardware ponsel yang bermasalah dan harus dilakukan repair di tempat service untuk dilakukan pengecekan.
  • dan yang terakhir dan terpenting adalah cek masih adakah kuota internet yang sobat beli ? kalau habis ya beli lagi dong…hehe
Semoga tips dan trik diatas dapat memberi sedikit solusi bagi yang kebingungan dengan koneksi hp androidnya. dan semoga bermanfaat. wassalam.

0 thoughts on “Tips Mengatasi Koneksi Internet android Putus Nyambung”

  1. Ente dalam blok sok tahu, udah ane coba semuanya gak ada yang bener, ini blog ngasal alias sok tahu banyak belajar sono dech, jangan baru tahu dikit aja langsung dipublish ke we

    Reply
  2. Mas ega …. yang benar gimna mas ?,,,,coba mas kasih tahu saya ya…bir seklian saya belajar … o iya tulisan mas ega nulis 'blok' di komen apa maksudnya 'blog'? atau mas belum pernah nge'blok' ??? 🙂 …

    Reply

Leave a Comment