Apa saja Jenis Alat sensor yang ada di Android ?

DuniaAndroid.com – Jenis Alat sensor di HP Android. Berbagai aplikasi di android tentu sangat menggoda pengguna untuk mencoba dan menginstall-nya. salah satunya jenis aplikasi Android alat sensor. berbagai jenis aplikasi sensor bisa pengguna android coba cari di play store , Berbagai jenis aplikasi yang memanfaatkan sensor android tentu sangat menggoda untuk anda unduh seperti aplikasi kesehatan, aplikasi olahraga, aplikasi game dengan fitur Virtual reality, aplikasi utuk berkendara dan sebagainya.

Untuk keperluan sensor kesehatan misalnya, aplikasi android juga banyak tersedia seperti aplikasi penghitung detak jantung, penghitung jumlah dan jarak tempuh gerakan ketika kita berjalan dan lain sebagainya.

Begitu pula anda yang suka berkendara, banyak aplikasi android yang bisa mendeteksi kecepatan laju kendaraan layaknya speedometer, dan itu juga memanfaatkan teknologi sensor yang ada di Android.

Bagi anda yang suka main game Virtual Reality dengan fitur augmented reality akan membuat jalannya permainan jadi mengasikkan dan itu juga berkat adanya fitur sensor yang disematkan di Ponsel android.

Jenis Alat Sensor di HP Android

Accelerometer

Accelerometer ini adalah aplikasi sensor untuk mendeteksi apakah arah dari sebuah ponsel itu tepat atau tidak, caranya hanya dengan menggerakkan ponsel dan lihat apakah gambir bola pada layar ponsel itu juga mengikuti gerakan ponsel atau tidak, dan jika arah geraknnya sesuai dengan gerakan ponsel berarti sensor Accelerometernya oke.

aplikasi alat sensor

Baca Juga

Orientation Sensor.

Aplikasi sensor orientation Ini juga untuk mengecek pergerakan dari orientasi ponsel, bisakah menyesuaikan dengan pergerakan ponsel dari moda portrait ke moda landscape, gerakkan ponsel sobat dari posisi portrait ke landscape apakah bola diponsel mengikuti gerakkan ponsel, jika iya berarti Sensor Orientasi aman.

Gyroscope Sensor.

Gyro Sensor adalah aplikasi sensor untuk menetukan ketepatan dalam mengukur sudut yang berguna dalam hal navigasi. Caranya gerakkan ponsel dan lihat jika gambar kubus dalam ponsel ikut bergerak maka bias dikatakan Gyro Sensor bias bekerja dengan baik.

  • Proximitry Sensor.

Yang berikut ini adalah aplikasi Sensor yang sangat penting pada perangkat layar sentuh karena sensor ini mendeteksi keberadaan benda atau objek dalam suatu jarak aman. disisni Maksudnya ketika ponsel digunakan menelepon dan ditempelkan ketelinga maka sensor ini akan me-nonaktifkan layar sentuh tersebut supaya tidak membuka aplikasi yang belum dibutuhkan. Caranya penggunaannya, buka aplikasi sensornya dan dekatkan benda atau tangan anda ke bagian speaker untuk telinga atau earpiece dan jika gambar bunga yang ada diponsel layu berarti Proximitry Sensor dalam kondisi baik.

  • Magnetic Sensor.

aplikasi Sensor ini akan mengukur keberadaan medan magnet yang ada disekitar ponsel, jika diaktifkan maka akan tampak nilai intensitas medan magnet dalam satuan Tesla.

  • Temperatur Sensor.

Aplikasi Sensor yang satu ini dapat mengukur temperature suhu ponsel supaya kita dapat mengantisipasi overheat yang dapat merusak ponsel.

  • Pressure Sensor.

aplikasi ini Berguna mengetahui tekanan udara bias didapat dengan sensor yang satu ini, dapat dipadukan dengan sensor lainnya maka akan sangat berguna misal dengan temperature untuk cuaca dan navigasi untuk arah kompas.

  • Sound Sensor.

aplikasi ini Untuk mengukur kadar bunyi disekitar ponsel berguna ketika sedang menelepon atau menerima panggilan sensor akan mengukur tingkat bunyi atau kebisingan disekitarnya hingga dapat menyesuaikan volume dari speaker atau mic serta profile yang cocok dengan keadaan saat itu.

Itulah beberapa jenis sensor yang ada di sistem android semoga bermanfaat untuk pembaca Dunia Android semua, terima kasih

Leave a Comment