7 Cara menghemat Baterai Ketika Main Game Berat di Smartphone

DuniaAndroid.comTips Hemat Baterai Android ketika Main game Berat. Banyaknya aplikasi Game smartphone saat ini memang menggoda bagi para penggemar aplikasi permainan untuk selalu memainkannya, bahkan waktu terasa kurang walau sudah main game di depan smartphone berjam-jam. Di balik asiknya memainkan game di smartphone tentunya akan berimbas pada sisi kinerja hardware yang paling vital yaitu Baterai.
trik menghemat baterai android ketika main game
Walaupun saat ini banyak pabrikan smartphone telah menggunakan chipset berteknologi canggih yang irit daya namun yang namnya pengguna tenetu tidak lekas puas dengan kinerja gadgetnya. Inginnya baterai super hemat daya dan sebisa mungkin bisa bermain game berjam-jam tanpa isi ulang daya.
Diantara salah satu penyebab borosnya daya baterai di smartphone, entah itu bersistem android, iOS maupun sistem yang lain disebabkan salah satunya permainan game yang membutuhkan resource tinggi terhadap kinerja chipset, GPU, RAM, sensor dan perangkat yang berkaitan dengan Jenis game yang dimainkan.
Game smartphone saat ini sudah menggeser dominasi dari game PC, Bahkan untuk produsen smartphone yang ingin cepat laku keras penjualannya selalu memberikan embel-embel di balik iklan smartphone dengan kalimat Support game 3D maupun Game berkualitas HD.

Baca Juga

Game yang saat ini banyak digemari dan lagi booming diantaranya Grand Theft, Pokemon Go, Clash of Clans (COC), Candy crush saga, Temple Run, Mobile Legends dan lain sebagainya. Dimana jenis game petualangan maupun MMOPRG sudah diakui sebagai permainan di smartphone yang membutuhkan resource hardware tinggi, baik itu bagi kinerja prosesor, besarnya RAM, kartu grafis yang tinggi spek-nya dan paling penting juga besarnya Ampere Baterai yang digunakan oleh smartphone.
menhemat baterai waktu main game
Semakin besar nilai Ampere Baterai maka logikanya semakin lama pula durasi waktu bermain game yang bisa andda nikmati nantinya. Nah, bagi anda yang masih tidak ;uas dengan kinerja baterai dan ingin lebih menghemat daya ketika digunakan untuk bermain game silahkan simak tips di bawah ini.
1. Sesuaikan Kecerahan Layar
Cara paling mudah untuk menghemat pemakaian daya baterai saat main game berat yaitu dengan menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel.
Jadi sebelum memulai permainan lakukan pengaturan pada tampilan khususnya pada settingan kecerahan layar. Menurunkan kecerahan layar disini bukan bermaksud membuat permainan anda merasa tidak enjoy, minimalkan saja kecerahan layar dari sisi Brighness dan contras ponsel anda seminimal mungkin asal anda masih senang dengan tampilan yang ada.

2. Minimalkan Volume Game
Bermain game di smartphone dengan suara yang keras mungkin bagi anda merupakan suatu kesenangan tersendiri, namun alangkah baiknya bila tujuan lainnya untuk menghemat daya baterai ketika melakukan permainan silahkan minimalkan suara agar pemakaian daya baterai.
3. Aktifkan Mode Hemat daya
Pada OS android versi terbaru saat ini sudah ada fitur penghemat daya alias mode power saving. aktifkan fitur penghemat daya ketika main game berat bekualitas HD atau Petualangan yang membutuhkan durasi permainan yang lama agar baterai tidak lekas habis.

4. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth
Opsi mematikan WiFi tidak tepat bagi anda yang bermain game Online dengan menunpang jaringan Hotspot atau WiFi. Namun bila anda menggunakan mode jaringan dari kartu selular maka jangan lupa mematikan bluetooth dan WiFi yang masih menyala.
Keadaan Jaringan WiFi serta Bluetooth yang terus menerus menyala tanpa digunakan akan semakin menguras isi baterai karena proses searching atau pencarian jaringan di sekitar ponsel anda terus menerus dilakukan oleh gadget dan membutuhkan banyak daya.
5. Matikan semua aplikasi berjalan
Jangan lupa sebelum memulai permainan game di ponsel untuk mematikan semua aplikasi yang berjalan di background.
Umumnya para pengguna smartphone android ketika ingin keluar dari suatu aplikasi terbiasa hanya menyentuh tombol Home sehingga padda dasarnya aplikati masih berjalan di balik Layer tanpa disadari dan terus bekerja sehingga menguras daya baterai.
Anda bisa memanfaatkan fitur cleaner atau langsung membersihkannya melalui layar utama dengan menekan tombol Home atau menu beberapa detik dan tutup seluruh aplikasi yang berjalan sebelum memulai game.

6. Aktifkan Mode Terbang
Untuk opsi ini bisa anda gunakan untuk game bertipe Offline alias tanpa sambungan data internet. Dengan mengaktifkan Mode terbang maka seluruh koneksi jaringan yang ada akan dimatikan oleh sistem sehingga akan semakin menghemat penggunaan asupan daya baterai ketika bermain game di smartphone.
7. Siapkan Power Bank
Nah, kalau opsi yang satu ini sebenarnya hanya opsional namun jangan sering dilakukan, mengapa ? karena walaupun durasi anda bermain game semakin lama dengan bantuan power bank yang bisa dibawa kemana-mana tentu tidak akan baik untuk kesehatan baterai anda.
Penggunaan power Bank secara terus menerus ketika anda seddang bermain game bisa merusak cell dan memperpendek umur baterai, bahkan baterai di ponsel lama kelamaan akan melembung dan semakin menurun kinerjanya.
Mungkin beberapa tips diatas bisa anda lakukan bila ingin menghemat pemakaian daya baterai ketika bermain game-game berat yang menguras isi baterai anda, Semoga bermanfaat.

Leave a Comment